10 Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 2015

Posted by Online Consultant on Tuesday, November 25, 2014

Artikel kami tentang 10 Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 2014 dan 2015 ini, bukan hanya terbatas pada perangkingan yang dibuat di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja namun juga di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.

Penempatan urutan kami buat sedemikian rupa dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti jumlah peminat, kualitas lulusan, kualitas SDM akademik, akreditasi BAN-PT, serta aspek lainnya.

Jurusan Kedokteran atau prodi pendidikan dokter telah lama menjadi jurusan favorit bagi calon mahasiswa dalam Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, apa pun nama seleksinya. Mereka rela belajar keras demi menembus peluang masuk yang sangat kecil pada program studi (prodi) tersebut.

Potensi karier yang cerah untuk lulusan Fakultas Kedokteran tampaknya menjadi alasan utama jurusan ini terus menjadi primadona para pelajar SMA ketika akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Apalagi biaya perkuliahan yang sangat mahal bisa diatasi dengan adanya berbagai program beasiswa.

Berikut kami sampaikan rinciannya, semoga berkenan!

  1. Universitas Indonesia (UI)

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia terakreditasi A dengan No. SK 032.

    Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 di UI berjumlah 3.057 orang. Sementara daya tampung yang tersedia sebanyak 54 kursi.
  2. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Padjadjaran ini terakreditasi A dengan No. SK 032 yang berlaku sampa dengan 18 Oktober 2017.

    Jurusan Kedokteran Unpad memiliki kursi sebanyak 100. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 mencapai angka 4.069 orang.
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Gadjah Mada ini terakreditasi A dengan No. SK 024.

    Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 sebanyak 3.719 pada 2013. Mereka memperebutkan 60 kursi yang disediakan oleh pihak kampus.
  4. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Diponegoro ini terakreditasi A dengan No. SK 032.

    Kampus yang berlokasi di Semarang itu menyediakan 66 kursi untuk diperebutkan melalui SBMPTN 2014. Peminat jurusan Kedokteran pada Sbmptn 2014 ke jurusan Kedokteran Undip tahun lalu sebanyak 3.585 orang.
  5. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Airlangga ini terakreditasi A dengan No. SK 024 yang berlaku s.d. 10 Agustus tahun 2017.

    Tercatat sebanyak 2.570 peserta yang menjatuhkan pilihan jurusan Kedokteran Unair pada tahun 2014. Padahal kursi yang tersedia hanya 63.
  6. Universitas Brawijaya (UB) Malang

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Brawijaya ini terakreditasi A dengan No. SK 003.

    UB hanya menyediakan 30 kursi untuk prodi Kedokteran. Padahal tahun lalu jumlah peminatnya mencapai angka 3.046 orang.
  7. Universitas Udayana (Unud) Bali

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Udaya ini terakreditasi A dengan No. SK 049.

    Tahun lalu, kampus asal Pulau Dewata itu kebanjiran 2.584 peminat dengan daya tampung sejumlah 60 kursi.
  8. Universitas Islam Sultan Agung Semarang

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Islam Sultan Agung ini terakreditasi A dengan No. SK 010.
  9. Universitas Yarsi, Jakarta

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Yarsi ini terakreditasi A dengan No. SK 031.
  10. Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang

    Menurut ketetapan Badan AKreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Sriwijaya ini terakreditasi A dengan No. SK 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013.

    Sebanyak 2.391 peserta memilih prodi Kedokteran Unsri pada tahun lalu. Mereka harus bertarung memperebutkan 54 kursi yang tersedia.


Kami berharap informasi mengenai Pendidikan Kedokteran Favorit Tahun 2015 ini dapat bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- Diolah dari berbagai sumber

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment