Pendidikan Kedokteran Untan Terapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Posted by Online Consultant on Monday, December 15, 2014

Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) merupakan salah satu fakultas yang berada pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang termasuk di wilayah I Seleksi Sbmptn dan Snmptn, membuka berbagai jurusan atau program studi yang diantaranya adalah pendidikan dokter atau jurusan kedokteran.

Upaya internasionalisasi dalam pendidikan kedokteran ditandai dengan penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mengacu pada World Federation for Medical Education (WFME) sejak tahun 2005. Program Kelas Khusus Internasional didirikan melalui kolaborasi dengan University of Melbourne (Australia), Monash University (Australia), dan University of Newcastle Upon Tyne (UK). Strategi pembelajaran e-learning dan akses terhadap lebih dari 6.000 jurnal ilmiah internasional terkini dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

Dampak perubahan paradigma pendidikan di dunia internasional menyebabkan kurikulum Pendidikan Dokter di Indonesia mengalami perubahan. Perubahan kurikulum ini untuk mencapai kompetensi dokter yang memberikan strata primer. Perubahan paradigma Pendidikan Dokter ini juga diperlukan dalam upaya mencapai Indonesia sehat 2010 sesuai SK Menteri Kesehatan no. 1457/MOH/SK/2003.

Program Studi Pendidikan Dokter UNTAN telah menyelenggarakan kurikulum yang dikembangkan dari kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia III (KIPDI III) yaitu Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi (KBK) untuk Pendidikan Kedokteran Dasar, Dokter yang memberikan pelayanan strata primer dengan pendekatan konsep kedokteran keluarga. Penyusun KIPDI III ini difasilitasi oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang disepakati bersama kalangan perguruan tinggi, masyarakat profesi dan pengguna lulusan (SK Menteri No. 045 tahun 2000 tentang kurikulum Berbasis Kompetensi)

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 1366/D/T/2005 tanggal 10 Mei 2005 tentang Izin Penyelenggaraan Pembelajaran Program Studi Pendidikan Dokter di Universitas Tanjungpura, dan pada tahun akademik 2005/2006 prodi Pendidikan Dokter menerima mahasiswa baru melalui seleksi jalur Ikatan Dinas dan SPMB. Perpanjangan kedua penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No. 2176/D/T/K-N/2009 tertanggal 11 Mei 2009.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Tanjungpura


PSPD Untan merupakan program studi yang akan mencetak dokter berkualitas, kompeten, dan mampu bersaing di tingkat nasional. Terdapat dua fase dalam pendidikan, yaitu fase pre klinik yang sebagian besar dilakukan di kampus dan fase klinik yang dilakukan di rumah-sakit dan puskesmas. Calon dokter juga dibekali dengan keterampilan klinik dasar dan bioetika. Program Studi Pendidikan Dokter FK UNTAN dapat ditempuh dalam waktu 5 tahun, 3 tahun pre klinik dan 2 tahun klinik. Setelah lulus, dokter baru hasrus menjalani program magang selama 1 tahun baru mendapatkan ijin praktek pribadi.


Visi Prodi Kedokteran Universitas Tanjungpura


Menghasilkan sarjana dan profesional kedokteran yang berkualitas tinggi dan kompetitif di tingkat regional, nasional dan internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat sehat pada tahun 2020


Misi Prodi Kedokteran Universitas Tanjungpura


1. Membekali mahasiswa baru Prodi Kedokteran dasar-dasar metode dan kiat pembelajaran serta pergaulan di Prodi Kedokteran secara khusus dan perguruan tinggi secara umum agar segera dapat menyesuaikan diri dengan proses pembelajaran dan kondisi lingkungan kampus serta menyadari tugas dan tanggung jawabnya sebagai insan kampus.
2. Memberikan bekal dasar-dasar ilmu kedokteran dan bioetika yang kuat dan penerapanya kepada mahasiswa melalui pendidikan dan pengajaran menggunakan kurikulum berbasis kompetensi agar mahasiswa mampu menyelesaikan masalah-masalah kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.
3. mengembangkan keterampilan dan kesadaran profesional kedokteran bioetika untuk meningkatkan kinerja dan dedikasi lulusan dalam bekerja di masyarakat.
4. Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu-ilmu dasar kedokteran bioetika secara mandiri ataupun terintegerasi untuk meningkatkan peran serta institusi dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kalimantan Barat.
5. Meningkatkan kualitas staf pengajar melalui pengembangan kedokteran, kesehatan dan bioetika yang berorientasi pada optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam hayati daerah tropis agar dapat memicu dan memacu proses pembelajaran yang menunjang kepentingan masyarakat Kalimantan Barat.
6. Memantau lulusan Prodi Kedokteran FKIK UNTAN guna menilai pemanfaatan tenaganyadi masyarakat serta kinerja mereka menjadikanya umpan balik untuk memperbaiki dan mengembangkan kurikulum.
7. menyelenggarakan program Penyegaran dan Peningkatan Profesionalisme Bersinambung secara periodik untuk para alumni Prodi Kedokteran FK UNTAN.


Pencapaian Prodi Kedokteran Universitas Tanjungpura



Status Akreditasi Prodi Kedokteran Universitas Tanjungpura


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No.047/BAN-PT/Ak-XV/S1/XII/2012 Tahun 2012 yang berlaku s.d. tahun 2017.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Tanjungpura, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- untan.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment