Mengenal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai Ujung Tombak Riset Kedokteran

Posted by Online Consultant on Saturday, December 13, 2014

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merupakan fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. FKUI memiliki komitmen kuat untuk menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional yang berbasis kompetensi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Rencana strategis secara terarah dan sistematis memandu FKUI untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memperbaiki sistem manajemen pendidikan.

Kurikulum Fakultas yang saat ini diterapkan adalah Kurikulum Fakultas 2012 yang merupakan perbaikan dari Kurikulum Fakultas 2005. Kurikulum FKUI merupakan kurikulum pendidikan dokter modern yang menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered), berbasis masalah (problem based), terintegrasi horisontal dan vertikal (integrated), berbasis komunitas (community based), memungkinkan paparan terhadap setting klinik lebih awal (early clinical exposure), memberikan pilihan luas kepada mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu yang diinginkan (elective), dan pelaksanaan yang sistematis (systematic).

Tujuan pendidikan dokter di FKUI adalah menghasilkan dokter layanan primer yang mawas diri dan terampil dalam pendekatan holistik, komprehensif, kolaboratif, bersinambung berbasis pencegahan dengan kemampuan pengolahan informasi serta aplikasinya dalam manajemen kesehatan dan berperan sebagai agen perubahan.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran UI



Visi Prodi Kedokteran


Pada tahun 2014, FKUI menjadi fakultas kedokteran riset terkemuka di Asia Pasifik
dan 80 terbaik di dunia.


Misi Prodi Kedokteran


1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran bertaraf internasional yang berbasis kompetensi dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
2. Melaksanakan penelitian kedokteran yang berkualitas internasional dalam upaya pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran.
3. Melaksanakan clinical governance dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di RSCM dan RS Pendidikan lainnya
4. Berperan aktif dalam penentuan kebijakan di bidang pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan untuk peningkatan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.


Pencapaian Prodi Kedokteran UI


Pada tahun 2009, UI berhasil menduduki peringkat 201 dunia. Di wilayah Asia, UI berada di urutan 50, sementara di Asia Tenggara, UI menempati peringkat ke 5. Untuk mendulang kesuksesan yang lebih lagi sekaligus untuk mewujudkan visinya menjadi universitas berkelas dunia, FKUI konsisten untuk terus meningkatkan prestasi dalam kancah nasional, regional, dan internasional.

Baik staf pengajar maupun mahasiswa, keduanya ditempa untuk selalu bersemangat, kreatif, dan pantang menyerah. Di mana pun berada, sivitas akademika FKUI terbiasa untuk selalu menyuguhkan karya dan membawa dinamika, tidak hanya dalam bidang akademis, tetapi juga non-akademis, riset terkemuka, seni, dan juga olahraga.

Semenjak berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pada tahun 1950, FKUI sudah menjadi andalan Indonesia dan sebagai pelopor Rumah Sakit (RS) salah satu Universitas dibidang kedokteran.

Disamping itu Kedokteran UI juga mencatat suksesnya FKUI sebagai Universitas yang mengedepankan Pendidikan dan Riset Kedokteran telah menorehkan penemuan-penemuan dibidang kedokteran diantaranya, penemuan teknik pemeriksaan kuman penyakit TBC oleh Dr Tan Thiam Hok, penemuan jenis parasit penyebab penyakit kaki gajah yang khas hanya di Indonesia oleh Prof Dr Sri Oemijati.

Sedangkan Prof. Poorwosoedarmo yang menemukan menu 4 sehat - 5 sempurna, pemisahan bayi kembar dengan selamat oleh Prof Padmosantjojo, penggunaan stem cell untuk pengobatan penyakit jantung oleh prof T.Santoso, dan masih banyak lainnya yang sangat banyak untuk disebut satu persatu.

Dari hasil penemuan / inovasi ini, FKUI sudah melakukan hak paten dan HAKI dalam bentuk obat, alat kesehatan, software dan guideline tata laksana penanggulangan penyakit. Semua hasil penemuan ini sudah diperkenalkan dari dalam negeri dan luar negeri sudah mengakui ini.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran UI


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Indonesia adalah A, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 032 tahun 2011 yang berlaku s.d. tanggal 21 Oktober Tahun 2016.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengenal secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Indonesia, Passing Grade Program Studi Kedokteran, Sekilas Profil, Jenis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami berikan bisa mempermudah para calon peserta seleksi kedokteran Universitas Indonesia tahun akademik 2015/2016, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- ui.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment