Mengenal Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung - Unissula

Posted by Online Consultant on Wednesday, December 31, 2014

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) yang berlokasi di Semarang didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H, bertepatan dengan 20 Mei 1962 M, Tiga fakultas telah dibuka yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti Alam. Pada tahun berikutnya didirikan Fakultas Kedokteran (10 Oktober 1963).

Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, dan Fakultas Teknik kemudian menggantikan FIPIA dibuka pada tahun berikutnya, bersama dengan semangat untuk meningkatkan pengetahuan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Fakultas Kedokteran Unissula sejak tahun 2005 telah menyelenggarakan pendidikan kedokteran sesuai dengan buku standar KKI tersebut. Bentuk implementasinya adalah menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada seluruh tingkat pendidikan baik preklinik maupun klinik. Tentu pelaksanaan KBK-PBL di FK Unissula tidak ditetapkan secara sefihak oleh FK Unissula sendiri, melainkan sudah mendapatkan persetujuan dari Health Works Services (HWS) Dikti.

Penetapan HWS Dikti dilakukan setelah tim dari FK Unissula melakukan presentasi tentang kesiapan pelaksanaan KBK-PBL di depan HWS Dikti pada tahun 2005 di Jakarta, yang kemudian ditindaklanjuti dengan visitasi langsung tim dari HWS Dikti ke FK Unissula sehingga tahun akademik 2005/2006 KBK-PBL di FK Unissula secara resmi dimulai.

Tahun 2012 Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) mengeluarkan Standart Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) yang merevisi SKDI tahun 2005. Dan di tahun 2013 telah dikeluarkannya UUN, 20/Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, yang tentunya Fakultas Kedokteran Unissula telah menyesuaikan dalam pengelolaan Pendidikan Profesi Dokter.

Sesuai dengan buku Pedoman Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Perguruan Tinggi yang dikeluarkan oleh Dikti Departemen Pendidikan Nasional dan Surat Keputusan Rektor Unissula nomor : 1748/A.3/ SA/IV/2007 tentang Penetapan dan Pemberlakuan Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Unissula, maka perlu diterbitkan buku Pedoman Pendidikan tahun 2013/2014 pada Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Unissula.

Penerbitan buku Pedoman Pendidikan ini selain dimaksudkan untuk kepentingan pengendalian mutu, memberikan kepastian dan pelayanan standar dalam pembelajaran, juga dapat dipakai sebagai referensi dan memberi kemudahan kepada pimpinan, dosen, mahasiswa, dan stake holders lain dalam mengikuti proses pembelajaran dengan standar KBK-PBL. Untuk itu sebagai Dekan FK Unissula saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua fihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku Pedoman Pendidikan th. 2013/2014 ini.


Program Studi yang dibuka di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang


Prodi Kedokteran


Penjelasan tentang Prodi Kedokteran di bagian bawah artikel ini.


Prodi Farmasi Unissula


Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Unissula meskipun tergolong masih baru namun sangat diminati karena mempunyai berbagai keunggulan spesifik seperti memiliki Teaching Hospital (Rumah Sakit Islam Sultan Agung) yang menjadi pusat penelitian, pendidikan, pelatihan dan pelayanan di bidang kesehatan dan diintegrasikan dengan fakultas-fakultas yang bergerak dibidang kesehatan, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Prodi Kebidanan serta Fakultas Psikologi.

Memiliki kurikulum berbasis kompetensi baik di bidang kesehatan maupun bidang lainnya. Prodi Farmasi mempunyai misi untuk menjadi terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mampu mengembangkan dan mengimplementasikan IPTEK bidang farmasi, dan kesehatan atas dasar nilai-nilai Islam dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sehat dan sejahtera dalam kerangka rahmatan lil’alamin.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Unissula



Visi Prodi Kedokteran


Be Islamic World Class Cyber Medical Study Program


Misi Prodi Kedokteran


Menjadikan Program Studi Pendidikan Dokter terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan iptek bidang kedokteran dan kesehatan atas dasar nilai-nilai Islam, dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil'alamin.

a. Melaksanakan pendidikan kedokteran dan kesehatan dalam rangka menghasilkan generasi khaira ummah;

b. Melaksanakan penelitian di bidang ilmu kedokteran dan kesehatan atas dasar nilai-nilai Islam, moral, etika dan kearifan lokal;

c. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam membangun peradaban Islam menuju masyarakat madani yang sejahtera yang di rahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil’alamin;

d. Melakukan pengembangan gagasan dan kegiatan melalui tata kelola yang baik (good governance) secara dinamik.


Tujuan Pendidikan Dokter


Tujuan pendidikan dokter di Indonesia ialah mendidik mahasiswa melalui serangkaian pengalaman belajar menyelesaikan suatu kurikulum, sehingga mempunyai cukup pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam bidang keprofesionalannya, untuk :

1. Melakukan profesi kedokteran dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, mencakup:

a. Mengenal, merumuskan dan menyususn prioritas masalah kesehatan masyarakat sekarang dan yang akan datang, serta berusaha dan bekerja untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut melalui perencanaan, implementasi dan evaluasi program-program yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

b. Memecahkan masalah kesehatan penderita dengan menggunakan pengetahuan, ketrampilan klinik dan laboratorium serta observasi dan pencatatan yang baik untuk mengidentifikasikan, mendiagnosa, melakukan tindakan medik, melakukan usaha pencegahan, meminta konsultasi, mengerjakan usaha rehabilitasi etika kedokteran, dan mengingat aspek jasmani, rohani dan sosial budaya.

c. Memanfaatkan sebaik-baiknya sumber dan tenaga lainnya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat

d. Bekerja selaku unsur pimpinan dalam suatu tim kesehatan.

e. Menyadari bahwa sistem pelayanan kesehatan yang baik adalah suatu faktor penting dalam ekosistem yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

f. Mendidik dan mengikutsertakan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatannya.

2. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam segi ilmu kedokteran sesuai dengan bakatnya, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.

a. Menilai kegiatan profesinya secara berkala, menyadari keperluan untuk menambah pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, serta menilai kemajuan yang telah dicapai secara kritis.

b. Mengembangkan ilmu kesehatan, khususnya ilmu kedokteran dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian serta mencari penyelesaian masalah kesehatan penderita, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan dan asupan medis.

c. Memelihara dan mengembangkan kepribadian dan sikap yang diperlukan untuk kelangsungan profesinya seperti intregritas, rasa tanggung jawab, dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan terhadap sesama manusia, sesuai dengan etika kedokteran.

d. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif dan bersikap terbuka, dapat menerima perubahan dan berorientasi kemasa depan serta mendidik dan mengajak masyarakat kearah sikap yang sama.

e. Sebagai dokter lulusan Unissula dalam menjalankan tugasnya seperti tersebut diatas senantiasa berorientasi pada wawasan lingkungan dan dijiwai dakwah islamiyah.


Kerjasama Institusi


Kerjasama Institusi dibangun dalam rangka pemenuhan wahana pendidikan baik pendidikan pre klinik maupun pendidikan klinik. Oleh karena itu kerjasama Institusi Fakultas kedokteran Unissula dengan beberapa Pemerintah daerah Kabupaten/Kota dan Departemen Kesehatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan Rumah Sakit Pendidikan.

Berdasarkan hal tersebut maka Unissula menyusun standar RS Pendidikan menjadi :

1. Standar RS Pendidikan Utama yaitu RS Jejaring Institusi Pendidikan Kedokteran yang digunakan sebagai wahana pembelajaran klinik peserta didik untuk memenuhi seluruh atau sebagian besar modul pendidikan dalam rangka mencapai kompetensi berdasarkan Standar Pendidikan Profesi Kedokteran.

2. Standar RS Pendidikan Afiliasi yaitu RS Khusus atau RS Umum dengan unggulan tertentu yang menjadi pusat rujukan pelayanan medik tertentu.

3. Standar RS Pendidikan Satelit yaitu RS jejaring Institusi Pendidikan Kedokteran dan jejaring RS Pendidikan Utama yang digunakan sebagai wahana pembelajaran klinik.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai A (sangat baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 010 Tahun 2011 yang berlaku s.d. tahun 2016.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Akreditasi BAN-PT Kemdikbud Jurusan-jurusan di Fakultas Kedokteran Unissula


No.WIL.StrataPerguruan TinggiProgram StudiNo.SKThn.SKPeringkatTgl. DaluwarsaStatus Daluwarsa
1 06 S1 Universitas Islam Sultan Agung, Semarang Farmasi 377/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014 2014 C 26-09-2019 masih berlaku
2 06 S1 Universitas Islam Sultan Agung, Semarang Pendidikan Dokter 010 2011 A 08-07-2016 masih berlaku


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Unissula, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unissula.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment