Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah, Misinya Mencetak Dokter Bermoral Pancasila

Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah merupakan salah satu fakultas yang berada pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilayah Indonesia bagian Tengah, membuka berbagai jurusan atau program studi yang diantaranya adalah pendidikan dokter atau jurusan kedokteran.

UHT beralamat di Jl. Gadung no. 1 Surabaya Jawa Timur dengan Telefon No. (031) 8433626, 8438750. Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Hang Tuah, yang diselenggarakan oleh Yayasan Nala, suatu Badan Hukum yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Soedjono no. 5 tanggal 4 Maret 1987 di Surabaya dan dibina oleh TNI Angkatan Lau (AL).

Peresmian berdirinya Universitas Hang Tuah adalah berdasarkan Surat Keputusan Kasal no.: Skep/1482/1987 tanggal 11 Mei 1987. Upacara peresmiannya oleh Kasal Laksamana TNI Rudolph Kasenda dengan penandatanganan prasasti nama Universitas Hang Tuah di Kampus Universitas Hang Tuah di jalan Teluk Bayur no. 6 Surabaya, pada tanggal 12 Mei 1987.

Untuk mengenal profil, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Hang Tuah, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujian pada calon mahasiswa dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang bersumber pada informasi yang kredibel. Semoga membantu!



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran



Visi Prodi Kedokteran


Mengembangkan ilmu kedokteran melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan.


Misi Prodi Kedokteran


Menghasilkan DOKTER yang mampu menguasai dan mengembangkan ilmu kedokteran dengan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan, bermoral Pancasila, mentaati Undang-Undang Dasar 1945 dalam bersikap, berpengetahuan dan berketrampilan.

Sedangkan Aksi dalah dengan melaksanakan secara tuntas, proses pembelajaran-pengajaran sesuai kurikulum yang berlaku sehingga menghasilkan dokter berkemampuan sesuai dengan standart kompetensi dokter dalam tatanan sistem pelayanan kesehatan yang berlaku di Indonesia

Melaksanakan evaluasi secara berkesinambungan terhadap sistim pembelajaran-pengajaran untuk mengikuti perkembangan ilmu pendidikan kedokteran.


Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Hang Tuah, suatu Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Nala, suatu Badan Hukum yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Soedjono no. 5 tanggal 4 Maret 1987 di Surabaya dan dibina oleh TNI AL.

Peresmian berdirinya Universitas Hang Tuah adalah berdasarkan Surat Keputusan Kasal no.: Skep/1482/1987 tanggal 11 Mei 1987. Upacara peresmiannya oleh Kasal Laksamana TNI Rudolph Kasenda dengan penandatanganan prasasti nama Universitas Hang Tuah di Kampus Universitas Hang Tuah di jalan Teluk Bayur no. 6 Surabaya, pada tanggal 12 Mei 1987.

Para pejabat Universitas Hang Tuah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kasal no.: Skep/1320/IV/1987 tanggal 20 April 1987 dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah yang pertama adalah Kolonel dr.Harijanto Mahdi, SpTHT.

Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud R.I. no.: 0828/0/1987 tanggal 28 Desember 1987, diberikan Status Terdaftar kepada Fakultas/ Jurusan/ Program Studi/Program Kekhususan di lingkungan Universitas Hang Tuah, terkecuali Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah.

Pada tahun akademik 1987-1988 semua kegiatan perkuliahan dilaksanakan di kampus Universitas Hang Tuah, jalan Teluk Bayur no. 6 Surabaya sedangkan kegiatan praktikum sebagian dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut Morokrembangan dan sebagian lagi di laboratorium di FMIPA Universitas Airlangga.

Pada bulan Juli 1988, Fakultas Kedokteran UHT mendapatkan tambahan ruangan sebagai Kampus Barat FK-UHT di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya, sehingga pada tahun akademik 1988-1989 semua kegiatan perkuliahan semester 3 dan 4 serta praktikum Anatomi dan Histologi dapat dilaksanakan di tempat tersebut, sementara semua perkuliahan mahasiswa FK-UHT angkatan tahun 1988 masih tetap dilaksanakan di kampus Teluk Bayur dan kegiatan praktikumnya di Akademi Angkatan Laut Morokrembangan Surabaya.

Pada tahun 1989, kampus UHT tahap I di jalan Arief Rachman Hakim no.150 Sukolilo Surabaya selesai dibangun, yang memungkinkan sebagian besar kegiatan akademik Universitas Hang Tuah dilaksanakan di kampus tersebut. Sedangkan untuk FK-UHT telah selesai juga dibangun 1 ruang praktikum, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang penunjang yang keseluruhannya seluas 440 m2 di bagian Timur Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Berdirinya kampus FK-UHT di tempat ini adalah atas persetujuan Kepala Rumkital Dr. Ramelan, Kolonel dr.Syamsul Anwar yang kemudian disetujui oleh Dirkesal, Laksamana Pertama dr.H.A. Prayitno, SpKJ., berdasarkan Surat no. B/083/I /89/Ditkes, tanggal 27 Januari 1989 dan juga oleh Dirfaslanal, Laksamana Pertama TNI Soetedjo, berdasarkan surat no.: B/185/II/89/Faslan tanggal 9 Februari 1989.

Pada tahun 1989 Rumkital Dr. Ramelan Surabaya ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran UHT, berdasarkan Surat Keputusan Kasal Laksamana R, Kasenda no.: Skep/1496/III/1989 tanggal 4 Maret 1989.
Sejak tahun 1989, kegiatan perkuliahan semester 1 dan 2 serta kegiatan praktikum Biologi, Kimia, Fisika dan Biokimia dilaksanakan di kampus UHT Sukolilo Surabaya, sedangkan kegiatan perkuliahan semester 3 dan kegiatan praktikum Anatomi, Histologi, Ilmu Faal, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Farmakologi, Parasitologi, Mikrobiologi dan Kepaniteraan Muda dilaksanakan di kampus FK-UHT di Rumkital Dr. Ramelan, jalan Gadung no. 1 Surabaya.

Pada awal tahun 1990, Fakultas Kedokteran UHT mendapatkan Status Terdaftar dari Mendikbud R.I. dengan Skep. no.: 035/0/1990 tertanggal 17 Januari 1990. Pada bulan Februari/Maret 1990 mahasiswa FK UHT untuk pertama kalinya mengikuti ujian negara NB/CHS.

Selanjutnya pada awal tahun 1996, Laksamana Pertama TNI dr.H. Subagyo, SpBO., menjadi dekan FK-UHT menggantikan Laksamana Pertama TNI dr.H.Harijanto Mahdi, SpTHT. yang telah habis masa jabatannya.
Pada tanggal 18 Oktober 1996 jabatan Dekan FK-UHT diserah-terimakan dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI dr.H.Subagyo, SpB, SpBO. kepada pejabat baru Kolonel dr.Tito Sulaksito, SpB, SpBO.

Pada tanggal 19 September 2003 dilaksanakan serah terima jabatan Dekan FK UHT dari Laksamana Pertama TNI dr.Imam Soewono, SpPD kepada Laksamana Pertama TNI dr.Sartono, SpPD.

Pada tanggal 30 September 2004 oleh Rektor UHT dilaksanakan pengukuhan jabatan Dekan FK UHT atas nama Laksamana Pertama TNI dr.Sartono, SpPD. Sebagai Dekan FK UHT yang keenam.

Bagi UHT, Januari 2005 merupakan titik awal proses perubahan kurikulum pendidikan di FK UHT dari KIPDI II ke KIPDI III berdasarkan SK.Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum pendidikan Berbasis Kompetensi dan pernyataan Dirjen Dikti bahwa Program Studi Kedokteran Dasar dengan Paradigma Baru ditetapkan resmi dimulai penerapannya pada Tahun Akademik 2005-2006. Berbagai workshop di bidang pendidikan serta studi banding ke fakultas kedokteran negeri maupun swasta lain, dikerjakan untuk persiapan pelaksanaan kurikulum baru ini. Laboratorium Ketrampilan Klinik (Skills Laboratorium) FK UHT juga sudah selesai dibangun dan siap digunakan.

Dekan FK UHT memutuskan Wakil Dekan 1 bidang pendidikan merangkap sebagai Ketua MEU (Medical Education Unit) yang baru. Keanggotaan MEU yang baru dan lebih lengkap ditetapkan dengan SKep. Rektor UHT nomor SKep/40/IX/2005 tanggal 23 September 2005. MEU FK UHT, yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan, bertugas untuk mengerjakan program-program persiapan ujicoba pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi di FK UHT.

Hasil visitasi oleh Ketua HWS-Project-P4KN-Dirjen Dikti Jakarta dan anggotanya menyatakan kepercayaan dan optimismenya bagi FK UHT untuk memulai Kurikulum Berbasis Kompetensi di Tahun Ajaran 2006 – 2007, tidak menunggu sampai Tahun Ajaran 2007 – 2008 seperti yang direncanakan.

Setelah MEU FK UHT melakukan paparan di depan P4KN-DirJenDikti RI di Jakarta maupun di depan Yayasan Nala, Rektorat dan Senat FK UHT maka pada Tahun Ajaran 2006-2007 dilaksanakanlah ujicoba Kurikulum Berbasis Kompetensi di FK UHT pada seluruh mahasiswa Angkatan 2006 baru dan beberapa mahasiswa angkatan sebelumnya yang diwajibkan mengulang pendidikan dari awal. Kurikulum pendidikan yang lama secara bertahap dihapus- kan sesuai tahapan perubahan kurikulum yang baru.

Pada tanggal 28 Februari 2008 dilaksanakan serah terima jabatan Dekan FK UHT dari Laksamana Pertama TNI dr.Sartono, SpPD. kepada Kolonel Laut dr.Janto Poernomo Hadi, SpP. sebagai Dekan FK UHT yang ketujuh dengan pengukuhan oleh Rektor UHT.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah B, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 024 tahun 2009 yang berlaku s.d. 21 Agustus tahun 2014.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Hang Tuah, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan mengenai FK Universitas Hang Tuah bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- hangtuah.ac.id

Post a Comment

0 Comments