Mengenal Jurusan Kedokteran Universitas Alkhairaat

Posted by Online Consultant on Saturday, December 13, 2014

Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berdiri pada tahun 1964 dan telah berperan dalam pengembangan sumber daya manusia serta telah memberikan sumbangan nyata dalam mendukung perkembangan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Sulawesi Tengah pada khususnya.

Sejak berdirinya Universitas Alkhairaat merupakan kilas balik penelusuran eksistensi pendidikan Alkhairaat itu sendiri di lembah Palu Sulawesi Tengah, dengan menampilkan peran sentral H.S Idrus Bin Salim Aldjufri selaku tokoh utama. Universitas Alkhairaat seakan menjadi kulminasi dari obsesi perjalanan panjang perjuangan Sang pendiri dalam menegakkan tonggak peradaban Islam di Nusantara, khususnya di Kawasan Timur Indonesia, melalui pembinaan Lembaga Pendidikan Alkhairaat yang didirikan tahun 1930 serta dibukanya Universitas Alkhairaat dengan Nama UNIS tahun 1964.

Perubahan situasi dan peraturan pendidikan nasional di Indonesia turut mempengaruhi perjalanan Universitas Alkhairaat dalam kurun tahun 1987, sehingga harus berganti nama menjadi Perguruan Tinggi Islam Alkhairaat disingkat (PTIA). Sekembalinya Saggaf Bin Muhammad Aldjufri, MA, dari Kairo Mesir maka Beliaulah yang dipercayakan melanjutkan estafet kepemimpinan Perguruan Tinggi Alkhairaat, selaku Rektor kedua.

Selanjutnya pada tahun 1989, dalam masa kepemimpinan Ir. Faisal Shahab selaku Rektor Unisa, Pemerintah Indonesia melalui SK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 0842/0/1989, tertanggal 16 Desember 1989, memberikan status terdaftar bagi Fakultas Perikanan, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra. Kemudian pada tahun 1991, Fakultas Syari’ah diintegrasikan dalam Unisa dan diberikan kewenangan menyelenggarakan Program strata satu (S1) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor: 120 tahun 1991 yang membina dua (2) program studi,pada tahun yang sama Fakultas Pertanian juga terbentuk.

Pada akhir tahun 2006 ijin penyelenggaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terbit melalui SK Dirjen Dikti dengan dua jurusan, dan terakhir pada tahun 2009 ijin penyelenggaraan program studi pendidikan dokter juga dikeluarkan oleh Dirjen Dikti. Saat ini Universitas Alkhairaat Palu membina tujuh fakultas, yaitu: (1) Fakultas Agama Islam, (2) Fakultas Perikanan, (3) Fakultas Ekonomi (4) Fakultas Sastra, (5) Fakultas Pertanian, (6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan (7) Fakultas Kedokteran, terdiri dari 14 Program Studi. Pada tahun 2012 didirikan Fakultas Teknik dengan 2 prodi.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Unisa



Visi Prodi Kedokteran


Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, berbudaya enterpreneurship, dan berbasis nilai religius di tahun 2025.


Misi Prodi Kedokteran


1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berbasis religius
2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dan terintegrasi demi meningkatkan kesejahteraan umat manusia
3. Mewujudkan pengelolaan Universitas Alkhairaat yang amanah
4. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berbudaya enterpreneurship
5. Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk mengembangkan Universitas Alkhairaat menjadi perguruan tinggi yang unggul


Pencapaian Prodi Kedokteran Unisa


Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat mengikutsertakan empat orang mahasiswanya pada “Siniraj Internasional Medical Microbiology and Imnology Competition” di Mahidol Universty Thailand. Para mahasiswa/i tersebut adalah M. Adjis Rusyidi, Fatima Alhabsyie, Andi Asliawati dan Hasrati Mochtar, dan didampingi oleh drg. Lutfiah dan dr. Rysqa. Adapun materi lomba yang dipertandingkan meliputi; Microbilogy, Parasitology, dan Imunology, baik tes tulis maupun melalui workshop selama dua hari.

Kompetisi bidang kesehatan ini diikuti sebanyak 35 universitas di seluruh dunia, 7 diantaranya berasal dari Indonesia, UI, UNDIP, UNBRAW, USU, ANDALAS, UNLAM dan UNISA sendiri. Kegiatan lomba dan workshop seperti ini, kata drg. Lutfiah merupakan pengalaman berharga, dan mendorong anak-anak lainnya bisa lebih giat dan bersemangat setelah melihat pengalaman di negara orang.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah C berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Unisa Palu, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- universitasalkhairaat.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment