Mengenal Kedokteran Unisba Pencetak Dokter Peneliti dan Pembaharu

Posted by Online Consultant on Sunday, December 28, 2014

Universitas Islam Bandung (Unisba) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta Islam yang terkemuka yang berlokasi di kota dengan julukan "Parijs van Java" yaitu Bandung. Unisba berdiri atas gagasan para tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat akan perguruan tinggi yang bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim.

Cikal Bakal Unisba diawali dengan lahirnya perguruan Islam Tinggi (PIT) pada 15 November 1958, yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) dan sekarang berganti menjadi Yayasan Unisba. Fakultas yang pertama kali didirikan adalah Fakultas Syari’ah pada tahun 1958, kemudian Fakultas Ushuludin (sekarang Fakultas Dakwah) dan Fakultas Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) pada tahun 1961.

Sedangkan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Bandung baru didirikan tahun 2004. Tahap pendidikan terbagi atas Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter. Perkuliahan akan berlangsung di kampus, rumah sakit dan praktek di lapangan dengan metode pembelajaran Problem Based Learning, dimana mahasiswa sejak duduk di semester awal akan belajar secara integrasi dalam blok-blok yang menggunakan pendekatan tutorial 7 langkah (seven jump). Sedangkan Pendidikan Profesi Dokter akan berlangsung penuh di rumah sakit umum daerah.

Sebagai informasi yang sangat penting, kurikulum di FK UNISBA lahir melalui pemikiran dan pertimbangan yang sangat mendalam, terutama dalam memenuhi kebutuhan dunia kesehatan saat ini dan menjawab tantangan di masa mendatang. Kurikulum yang ada pun harus diselaraskan dengan visi dan misi FK Unisba. Dengan menekankan pada pencapaian kompetensi, kurikulum memberikan stimulasi kepada mahasiswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, kritis dalam memahami materi pelajaran, profesional dalam pengelolaan pasien, dan berempati secara tulus.

Sejak awal berdirinya, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung mulai menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pendekatan Problem Based Learning (PBL). Kompentensi yang dimaksud adalah kompetensi yang telah ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia. Sedangkan pendekatan problem based learning yang digunakan adalah utamanya dengan tutorial tujuh langkah (seven jump) dengan menggunakan skenario sebagai pemicu pembelajaran. Strategi pembelajaran lain tetap digunakan secara proporsional.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran UNISBA


Unisba didukung oleh dosen-dosen yang sudah banyak memperoleh hibah kompetisi dibidang penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Diknas dan Depag. Serta dosen-dosen yang mempunyai kualifikasi akademik rata-rata Magister.Di samping itu, berbagal prestasi diraih para mahasiswa di antaranya; menjuarai MTQ Hafalan Hadits tingkat ASEAN, LKTI Beasiswa Djarum tingkat regional, MTQ Hafalan Al-Quran tingkat nasional, Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional, dan Presentasi Terbaik Karya Ilmiah pada The 63rdAnnual Congress of the Japan Society of Obstetrics and Gynecology tingkat Internasional.


Visi Prodi Kedokteran


Menjadi Program Studi yang terkemuka, pelopor pembaharuan pemikiran dalam konsep pelayanan kesehatan, pengembangan keilmuan di bidang kedokteran, serta dapat menghasilkan dokter yang kompeten, profesional dan berakhlaqul karimah yang bermanfaat bagi diri sendiri, ummat, bangsa dan negara


Misi Prodi Kedokteran


Menyelenggarakan proses pendidikan yang menghasilkan dokter yang Mujahid (pejuang/pekerja keras), Mujtahid (peneliti), dan Mujaddid (pembaharu) yang berakhlakul karimah, memegang teguh etik dan humaniora serta profesionalitas, khususnya di bidang kesehatan masyarakat (dengan keunggulan spesifik di bidang kesehatan industri).


Pencapaian Prodi Kedokteran Unisba



- Intan Arfianty, poster presentation in ISCOMS (International Conference of Biomedical Sciences) seminar, The Netherlands, 2011.
- Dony Septiana Rosady, First Winner in National Debate Competition (Faculty of Communication Unisba), 2010.
- Irpan Paturrahman, 1st Winner of poster presentation on Bandung International Tropical Infection, 2011.
- Arifa Rakhmana The best oral presentation in International Session at the 63rd Annual Congress of The Japan of Obstetrics and Gynecology, 2011.
- Nanda Putri Ramadhani, poster presentation in International Session at the 63rd Annual Congress of The Japan of Obstetrics and Gynecology.
- Widi Nugraha Hadian, Climate Change Advocacy Training Session at the 59th International Federation of Medical Student’s Associations (IFMSA) conferrence .


Program Studi Pendidikan Dokter Unisba bertujuan untuk mencetak dokter-dokter profesional, berakhlak mulia, mandiri dan mampu bekerja interdisipliner adalah proses panjang yang membutuhkan pengabdian dan kerja keras. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (FK UNISBA) sangat menyadari hal tersebut sehingga kurikulum merupakan sebuah isu yang sangat penting bagi kami.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Islam Bandung (Unisba) adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2014 Tahun 2014 yang berlaku s.d. tanggal 09 Januari 2019.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Gedung Perkuliahan

Unisba yang mengelola PSPD menempati gedung di jalan Hariangbanga No. 2 Bandung dengan luas tanah dan luas bangunan seluas 931 m2 di kampus terpadu yang representatif untuk kegiatan perkuliahan, diskusi tutorial, kegiatan laboratorium dan ketrampilan klinik.

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Universitas Islam Bandung secara umum dapat dipergunakan oleh seluruh bagian yang ada di Universitas Islam Bandung, namun pemanfaatan ini ada yang khusus dimanfaatkan untuk bagian tertentu dan ada sarana yang dapat dipergunakan oleh seluruh bagian yang ada dalam Universitas Islam Bandung. Sarana yang dapat digunakan oleh seluruh bagian yang ada di Universitas Islam Bandung dikelola langsung oleh bagian administrasi umum dan dapat dipergunakan oleh seluruh bagian yang ada di Universitas Islam Bandung seperti: gedung perkuliahan, aula, student centre, mobil operasional universitas, sarana perkuliahan (overhead projector, viewer, laboratorium bahasa, wireless, dan sebagainya). Sedangkan pemanfaatan khusus untuk bagian tertentu seperti laboratorium, ruang perkantoran, dan mobil operasional fakultas.

Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran PTS, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unisba.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment