Mengenal Jurusan Kedokteran Universitas Abdurrab

Posted by Online Consultant on Friday, December 12, 2014

Universitas Abdurrab bermula dari Yayasan Abdurrab yang didirikan pada tanggal 28 oktober 1983 dengan Akta Notaris Syawal Sutan D No. 30 Tahun 1983. Yayasan ini merupakan penyelenggara Universitas Abdurrab yang keberadaannya diarahkan pada upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan memgang peranan dalam peningkatan partisipasi masyarakat untuk mensukseskan peogram-program pembangunan di provinsi Riau.

Untuk itu Universitas Abdurrab Menetapkan Visi: " Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kreatif dan Inovatif, Beriman dan Bertaqwa, Beradaya Saing Global serta berperan dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Sumber Daya Alam dan Lingkungan".

Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab merupakan salah satu fakultas yang berada pada Universitas Abdurrab yang berada di wilayah provinsi Riau, membuka berbagai jurusan atau program studi yang diantaranya adalah pendidikan dokter atau jurusan kedokteran.

Untuk mengenal profil Universitas Abdurrab, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran PTS, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujian pada calon mahasiswa dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang bersumber pada informasi yang kredibel. Semoga membantu!




Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran



Latar Belakang Pendirian Prodi Kedokteran



Sesuai dengan Pembukaan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 untuk meningkatkan kecerdasan bangsa maka pelaksanaan pendidikan mutlak menjadi tanggung jawab Negara, Pemerintah Daerah, Masyarakat, Keluarga dan kita semua.

Menurut Word Health Report 2000 oleh WHO, Performance System Kesehatan Indonesia adalah urutan ke-106 dari 191 negara anggota. Ini dihasilkan dari indikator sistem kesehatan yang menggunakan ukuran 2 determinan yaitu status kesehatan dan sistem kesehatan.

Dalam hal jumlah tenaga dokter apabila perhitungan secara deret hitung maka pada saat ini perkirakan jumlah dokter sekitar 40.000 orang, ini berarti bahwa untuk mencapai jumlah 94.376 dokter yang diperlukan di Indonesia (sumber: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan) di tahun 2010 diperlukan tambahan dokter baru sebanyak 54.376 dokter baru. Ini berarti bahwa setiap tahun diperlukan penambahan dokter sebanyak 54.376 dibagi 7 (tujuh tahun lagi) atau sebanyak 7.768 dokter baru. Sedangkan Lulusan Dokter tiap Tahunnya sekitar 4000 dokter, sehingga masih kurang dari yang diharapkan.

Seterusnya apabila melihat masalah-masalah masyarakat yang ada di Provinsi Riau seperti yang dimuat dalam arah kebijakan APBD Provinsi Riau Tahun Anggaran 2005 antara lain masih rendahnya daya dukung lingkungan terhadap kesehatan, masih rendahnya mutu kesehatan masyarakat, kurang oktimalnya pendistribusian tenaga kesehatan, tingginya biaya pengobatan bagi masyarakat tak mampu dan masih lemahnya pengawasan obat yang beredar di masyarakat.

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas maka Universitas Abdurrab mendirikan Program Studi Pendidikan Dokter yang merupakan PSPD Umum Swasta Pertama di Provinsi Riau. Pendirian Program Studi Pendidikan Dokter ini lebih ditujukan untuk menghasilkan lulusan (dokter) yang mempunyai kapasitas dan intelektualitas guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara umum, khususnya masyarakat Riau, yang dipandang masih tertinggal di bidang kesehatan, apalagi jika dikaitkan dengan Provinsi Riau sebagai daerah Industri, yang tentunya mempunyai pola penyakit dan kesehatan tersendiri.


Misi Prodi Kedokteran


Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kreatif dan Inovatif, Beriman dan Bertaqwa, Beradaya Saing Global serta berperan dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Sumber Daya Alam dan Lingkungan


Motto Prodi Kedokteran


"SELAMATKAN RIAU MELALUI PENDIDIKAN"


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Prodi Kedokteran Univrab adalah C dengan No. SK 014 yang berlaku s.d. 15 Juni 2017.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran PTS, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi tentang Prodi Kedokteran Univrab bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- univrab.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment