Ragam Ujian Masuk Jurusan Kedokteran Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2015/2016

Posted by Online Consultant on Wednesday, December 31, 2014

Bagi yang mendambakan kuliah di Jurusan Kedokteran Universitas Diponegoro, yaitu para siswa peminat FK Undip haruslah banyak belajar secara teratur dengan bersumberkan latihan soal yang berkualitas. Apalagi persaingan di FK Undip diprediksikan naik mengingat pada Sbmptn 2015, peraih nilai tertinggi dalam SBMPTN 2014 yang diraih oleh peserta dari rumpun saintek dengan nilai sebesar 1.051,54 diterima di jurusan Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip).

Untuk mengenal Macam-macam Seleksi Kedokteran di Universitas Diponegoro, beserta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang terpercaya. Semoga berkenan!


Ragam Jalur Ujian Masuk Jurusan Kedokteran Universitas Diponegoro


Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro Program Strata 1 (S1) didasarkan pada:

  1. Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 | tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 | tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
  3. UU no 12 Tahun 2012 | tentang Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan peraturan diatas maka proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2015 adalah sebagai berikut:


1. Seleksi Secara Nasional.

- Snmptn
Seleksi nasional ini diselenggarakan dibawah tanggung Jawab langsung Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

- Seleksi Bentuk Lain ini adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka sekitar bulan Mei 2014. Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.


2. Seleksi secara Mandiri.

Seleksi ini adalah yang khusus dilakukan oleh Universitas Diponegoro dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi mandiri Undip ditanggung oleh peserta seleksi. Jalur seleksi mandiri hanya Jalur UM (Ujian Mandiri). Jalur ujian mandiri Universitas Diponegoro adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai sekitar bulan Mei 2015. Informasi terkait pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id.


Jadwal Seleksi Masuk Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2015/2016


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Undip Sekitar minggu ketiga Februari – akhir Maret 2015Proses Seleksi Sekitar awal April – akhir Mei 2015 Sekitar akhir Mei 2015
2 Sbmptn Undip Sekitar 12 Mei – 6 Juni 2015Sekitar 17 Juni 2015 Sekitar 16 Juli 2015
3 Ujian Mandiri S1 2015 Sekitar 29 Mei - 11 Juli 2015Sekitar 19 Juli 2015 Sekitar Awal Agustus 2015
4 Ujian Masuk Program Pendidikan Dokter Spesialis Sekitar 15 September - 10 Oktober 2015Sekitar 29 Oktober - 30 Oktober 2015 Sekitar Minggu Ke-2 November 2015
5 Ujian Mandiri Diploma III (D-III) Sekitar Akhir Mei - Awal Juli 2015Sekitar Minggu Ke-2 Juli 2015 Sekitar Minggu Ke-3 Juli 2015


Download contoh latihan soal Kedokteran Universitas Diponegoro - Undip


No.Download Latihan Jenis Seleksi Contoh dan Jumlah Latihan Soal serta Pembahasannya
1 Silakan didownload Latihan Soaldisini UM Undip Biologi (5 soal)
1 Silakan didownload Pembahasan Soaldisini UM Undip Biologi (5 soal)
2 Silakan didownload Latihan Soaldisini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)
2 Silakan didownload Pembahasan Soaldisini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)
1 Silakan didownload Latihan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Diponegoro ini, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran Universitas Diponegoro, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- undip.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment