Seleksi Jurusan Kedokteran Unib TA 2015/2016

Posted by Online Consultant on Friday, December 12, 2014

Cukup banyak jalan seleksi masuk Jurusan Kedokteran Universitas Bengkulu, dipastikan ada sekitar 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Kedokteran Unib.

Untuk mengenal Macam-macam Seleksi Kedokteran di PTN ini, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran Universitas Bengkulu, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!


Seleksi Nasional


Universitas Bengkulu mengikuti 2 seleksi yang bersifat nasional yaitu Snmptn dan Sbmptn.

Snmptn


Universitas Bengkulu merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas kesepakatan Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Selain diikuti oleh Universitas ini, Snmptn juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang melibatkan lebih kurang 62 Perguruan Tinggi Negeri di wilayah Indonesia.



Sbmptn


Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Bengkulu juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya.

Bentuk penerimaan mahasiswa baru tersebut merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Universitas ini menyelenggarakan / mengikuti sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan tujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pola seleksi ini juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian tertulis yang diberikan kepada para peserta adalah TKPA atau Tes Kemampuan dan Potensi Akademik, TKD Saintek atau Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dan TKD Soshum atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora.



Seleksi yang secara khusus digelar oleh Universitas


Selain seleksi yang bersifat nasional yaitu Snmptn dan Sbmptn, Unib juga Insya Allah akan menggelar 1 jenis seleksi lainnya yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu yang dikenal dengan istilah SPMU, yaitu untuk Program S1 Reguler dan Diploma Tahun Akademik 2015/2016 yang bertujuan :

1. Meningkatkan mutu pendidikan
2. Memberikan peluang yang lebih besar bagi lulusan SLTA dan yang sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Bengkulu
3. Mempercepat program penguatan program studi


Persyaratan SPMU

Persyaratan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) Program S1 Reguler dan Diploma tahun 2014 adalah :

1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2013, 2014, 2015 lulus tahun 2013 dan 2014 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Lulus tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tida mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.


Tanggal Pendaftaran dan Pembayaran

1. Pembayaran tanggal : sekitar 04 s.d 25 Juli 2015
2. Pendaftaran di laman spmu.unib.ac.id sekitar tanggal 04 s.d 30 Juli 2015


Biaya pendaftaran

Biaya Ujian Tulis

Kelompok Saintek : Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah)
Kelompok Soshum : Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah)
Kelompok Campuran : Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah)
elompok Kedokteran : Rp. 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu Rupiah


Biaya Ujian Keterampilan sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah), untuk Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Pembayaran biaya ujian tulis dan ujian keterampilan melalui Bank BNI 46


Tata Cara Pendaftaran

Calon Mahasiswa terlebih dahulu membuka laman http://spmu.unib.ac.id, setelah itu cetak bukti pembayaran untuk membayar di bank BNI, kemudian setelah membayar login kembali pada laman http://spmu.unib.ac.id dan mencetak kartu peserta SPMU

Pengumuman

Pengumuman Kelulusan SPMU pada sekitar tanggal 8 Agustus 2015


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Bengkulu, atau Mata pelajaran yang diujikan pada Universitas Bengkulu, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unib.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment