Soal Kedokteran

Seleksi Masuk Kedokteran Unja TA 2015/2016

Kami katakan banyak jalan untuk bisa kuliah di ruangan kelas Kedokteran Universitas Jambi, karena selain gelaran seleksi Snmptn dan Sbmptn yang bisa diambil, para calon mahasiswa pun bisa menempuh Seleksi UMB-PT dan seleksi mandiri yang dinamakan SLM-UNJA. Apa SLM-UNJA? SLM-UNJA merupakan akronim dari Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi.

Untuk mengenal Macam-macam Seleksi Kedokteran di Perguruan Tinggi wilayah I atau di Barat Indonesia ini, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!

Universitas Jambi merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang menyelenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan bisa dinggap sudah senior di jalur nasional ini.

Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Jambi juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya.

Bentuk penerimaan mahasiswa baru tersebut merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam suatu sistem yang terpadu serta diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.


Info Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi


Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru dilingkungan Universitas Jambi berpedoman kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 mengenai pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana pada Perguruan Tinggi diselenggarakan pemerintah. Ketentuan tersebut menetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru dilakukan dengan jalur nasional dan jalur mandiri. Jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui jalur nasional melalui Seleksi Nasional Mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri paling kurang 60% dan melalui jalur mandiri maksimal 40%.

Secara nasional proses penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan melalui kegiatan Seleksi Nasional Mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang terdiri dari jalur undangan, bidik misi dan ujian tertulis, SBMPTN dan UMB. Sedangkan penerimaan mahasiswa baru secara mandiri sebagai proses penerimaan mahasiswa baru pada masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang disesuaikan dengan kondisi setempat atau kebijaksanaan pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Di Universitas Jambi penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dilakukan melalui jalur Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi (SLM-UNJA).


Persyaratan



- Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun : 2011, 2012, 2013, 2014, dan 2015


Pilihan Program Studi


Peserta dapat memilih 3 program studi. Prodi Kedokteran hanya dapat diikuti oleh peserta yang berasal dari jurusan IPA.


Jadwal Seleksi Pendidikan Kedokteran Universitas Jambi - Unja


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Unja Sekitar minggu ketiga Februari – akhir Maret 2015Proses Seleksi Sekitar awal April – akhir Mei 2015 Sekitar akhir Mei 2015
2 Sbmptn Unja Sekitar 12 Mei – 6 Juni 2015Sekitar 17 Juni 2015 Sekitar 16 Juli 2015
3 Seleksi UMB-PT Sekitar Minggu kedua Juni - awal Agustus 2015Sekitar awal Agustus 2015 Sekitar Minggu kedua Agustus 2015
4 Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi Sekitar September 2015Sekitar September 2015 Sekitar September 2015 (tanpa melalui surat)


Keterangan : jadwal belum lengkap

Download contoh latihan soal Kedokteran Unja


No.Download Latihan Jenis Seleksi Contoh dan Jumlah Latihan Soal serta Pembahasannya
1 Silakan didownload Latihan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)
2 Silakan didownload Latihan Soal disini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Jambi, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran Universitas Jambi, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unja.ac.id

Post a Comment

0 Comments