Seleksi Jurusan Kedokteran di Unsyiah TA 2015/2016

Posted by Online Consultant on Saturday, December 6, 2014

Untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran Universitas Syiah Kuala, para siswa peminat haruslah menempuh seleksi atau ujian yang digelar di Universitas Syiah Kuala ini.

Guna mengenal Macam-macam Seleksi Kedokteran di Unsyiah, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!



Seleksi Nasional


Snmptn Universitas Syiah Kuala


Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Selain diikuti oleh Universitas ini, Snmptn juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang melibatkan lebih kurang 62 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.


Pada tahun akademik 2014/2015 diperkirakan sejumlah 2.081 orang lulusan SMA/MA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia dinyatakan lulus seleksi ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui jalur masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2014.

Program Studi Pendidikan Dokter Hewan meluluskan paling banyak mahasiswa baru melalui jalur ini, yakni sebanyak 89 orang. Sementara Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi paling sedikit, yaitu hanya sebanyak 13 orang.

Berdasarkan daerah asal sekolah mereka, jumlah terbanyak berasal dari Aceh, yaitu 1.897 orang (91,2%), diikuti dari Sumatera Utara sebanyak 121 orang, dan Sumatera Barat 39 0rang. Sementara, jika dibandingkan antar kabupaten/kota, jumlah terbanyak tersaring dari kota Banda Aceh, yaitu sebanyak 349 orang, diikuti oleh Aceh Besar 136 orang, Aceh Tengah 109 orang, Pidie 94 orang, dan Aceh Timur 88 orang. Sementara jumlah paling sedikit berasal dari Pidie Jaya, yaitu 36 orang peserta.



Sbmptn Universitas Syiah Kuala


Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Syiah Kuala juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya.

Bentuk penerimaan mahasiswa baru tersebut merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Universitas ini menyelenggarakan / mengikuti sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan tujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pola seleksi ini juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian tertulis yang diberikan kepada para peserta adalah TKPA atau Tes Kemampuan dan Potensi Akademik, TKD Saintek atau Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dan TKD Soshum atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora.

Sedangkan Materi ujian keterampilan terdiri dari Tes Keterampilan mencakup bidang Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni, Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), serta Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).

Sementara Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan dapat berupa Tes Kesehatan dan Tes Kemampuan Fisik.

Unsyiah menerima sebanyak 50% mahasiswa baru via jalur SNMPTN, sementara 30% melalui SBMPTN, dan 20% melalui jalur mandiri.



Seleksi yang secara khusus digelar oleh Universitas Syiah Kuala


Untuk informas mengenai sistem seleksi dan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Syiah Kuala, silahkan menghubungi alamat berikut :

UPT. PUKSI UNSYIAH (ICT CENTER UNSYIAH – TAIWAN)

Jalan Syech Abdurrauf

Darussalam Banda Aceh 23111

TEL. 0651-7460007 (Helpdesk PUKSI UNSYIAH)

HP. 085361948828 (Helpdesk HUMAS UNSYIAH)

Email : humas@unsyiah.ac.id

Download contoh latihan soal Kedokteran Unsyiah


No.Download Latihan Jenis Seleksi Contoh dan Jumlah Latihan Soal serta Pembahasannya
1 Silakan didownload Latihan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)
2 Silakan didownload Latihan Soaldisini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)
2 Silakan didownload Pembahasan Soaldisini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)


Sedangkan untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas ini, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- Unsyiah (unsyiah.ac.id)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment