Seleksi Jurusan Kedokteran Universitas Andalas di TA 2015/2016

Posted by Online Consultant on Monday, December 15, 2014

Seperti halnya Unpad Bandung, Unand pun memfokuskan Penerimaan mahasiswa Baru pada seleksi Snmptn dan Sbmptn. Universitas Andalas merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Selain diikuti oleh Universitas ini, Snmptn juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang melibatkan lebih kurang 62 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Andalas juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya.

Bentuk penerimaan mahasiswa baru tersebut merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Universitas ini menyelenggarakan / mengikuti sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan tujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pola seleksi ini juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian tertulis yang diberikan kepada para peserta adalah TKPA atau Tes Kemampuan dan Potensi Akademik, TKD Saintek atau Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dan TKD Soshum atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora.

Sedangkan Materi ujian keterampilan terdiri dari Tes Keterampilan mencakup bidang Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni, Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), serta Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).


Persyaratan Calon Mahasiswa Fakultas Kedokteran


Berikut adalah prasyarat yang harus dipenuhi oleh para pemilih program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran (Undand) :

Prodi Pendidikan Dokter


  1. Tidak boleh tuna netra
  2. Tidak boleh tuna rungu
  3. Tidak boleh tuna wicara
  4. Tidak boleh tuna daksa
  5. Tidak boleh buta warna keseluruhan, tidak boleh buta warna sebagian (parsial)


Prodi Psikologi


  1. Tidak boleh tuna netra
  2. Tidak boleh tuna rungu
  3. Tidak boleh tuna wicara
  4. Tidak boleh tuna daksa
  5. Tidak boleh buta warna keseluruhan, boleh buta warna sebagian (parsial)


Prodi Kebidanan


  1. Tidak boleh tuna netra
  2. Tidak boleh tuna rungu
  3. Tidak boleh tuna wicara
  4. Tidak boleh tuna daksa
  5. Tidak boleh buta warna keseluruhan, tidak boleh buta warna sebagian (parsial)


Jadwal PMB Universitas Andalas - Unand


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Unand Sekitar minggu ketiga Februari – akhir Maret 2015Proses Seleksi Sekitar awal April – akhir Mei 2015 Sekitar akhir Mei 2015
2 Sbmptn Unand Sekitar 12 Mei – 6 Juni 2015Sekitar 17 Juni 2015 Sekitar 16 Juli 2015


Keterangan :

- Jadwal belum fix, nantinya akan kami update, terima kasih!


Disamping seleksi nasional Snmptn dan Smbptn untuk masuk universitasnya, Unand juga menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi swasta. Kemitraan Perguruan Tinggi Swasta dengan Universitas Andalas memiliki maksud dan tujuan sebagai upaya untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan, serta memperluas kesempatan bagi anak bangsa untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas. Selain itu kesepakatan bersama ini juga bertujuan untuk membantu Perguruan Tinggi Swasta untuk dapat meningkatkan:

- Kemampuan daya saingnya.
- Mutu pelayanannya dalam pendidikan.
- Mutu lulusannya agar mampu bersaing dalam dunia kerja.
- Kerjasama kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan riset-riset strategis.

Salah satu kegiatan yang dicakup pada Kesepakatan Bersama ini adalah rogram seleksi bersama untuk rekrutmen calon mahasiswa disamping 6 poin kesepakatan lainnya.

Nama seleksinya adalah Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta Mitra Universitas Andalas.


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Andalas Padang, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unand.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment