Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang

Posted by Online Consultant on Saturday, January 3, 2015

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu fakultas yang berada pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilayah Indonesia bagian Tengah, beralamat Kampus di Jalan Bandung No. 1 Malang, Jawa Timur. Kampus lainnya beralamat di Jl. Bendungan Sutami 188a Malang dan Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, Jawa Timur. Kampus tersebut berdasarkan data tahun 2014 memiliki mahasiswa/mahasiswi sejumlah 26.171.

Pengembangan dan pembinaan pendidikan dokter di Universitas Muhammadiyah Malang berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berlandaskan nilai-nilai Islam, dan masyarakat.

Orientasi pendidikan ini akan memberikan arah pengembangan dan pembinaan Program Pendidikan Dokter Universitas Muahmmadiyah Malang, termasuk kegiatan akademiknya, dan pengembangan berbagai sumber yang diperlukan.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran



Visi Prodi Kedokteran


"Menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berbasis pada bidang Kedokteran Umum, Keluarga, Industri berdasarkan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa".


Misi Prodi Kedokteran


1) Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang kedokteran dengan kemampuan dasar tambahan dalam bidang kedokteran keluarga dan kedokteran industri berdasarkan nilai-nilai Islam.

2) Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional.

3) Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah hasanah.

4) Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan kelembagaan dengan berbagai pihak.



Visi dan misi tersebut di atas dijabarkan dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan yang akan dicapai dalam masa tertentu, yaitu dalam kurun waktu 5 tahun (2010-2015).


Orientasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran

Pendidikan dokter berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi bermakna bahwa institusi pendidikan kedokteran selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran. Melalui kurikulum pendidikan, khususnya isi pendidikan dan berbagai pengalaman belajar yang dilaksanakan di dalam suatu lingkungan belajar yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan yang diperlukan, memungkinkan peserta didik mengikuti dan menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.

Dengan demikian dapat ditumbuhkan dan dibina sikap dan kemampuan akademik dan keprofesian pada peserta didik. Dalam hal ini orientasi ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran ditekankan kepada ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran keluarga dan kedokteran industri.


Orientasi Masyarakat

Pendidikan dokter yang berorientasi kepada masyarakat bermakna bahwa pendidikan diorientasikan kepada tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang yang sesuai dengan nilai-nilai Islam untuk tercapainya masyarakat madani. Oleh karena itu kurikulum pendidikan disusun dengan bertolak dari tujuan pendidikan yang diturunkan dari tuntutan perkembangan masyarakat serta pembangunan di masa yang akan datang. Kegiatan belajar mengajar melalui beberapa bentuk pengalaman dikembangkan di masyarakat.


Kurikulum Program Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter adalah pendidikan akademik-profesional, merupakan suatu kesatuan yang utuh, sehinggga dalam pembelajarannya terdapat dua tahap program, yaitu tahap program akademik dan tahap program keprofesian.

Tahap Program Akademik

Tujuan pendidikan tahap program akademik adalah mendidik mahasiswa melalui proses belajar mengajar dalam bentuk terintegrasi dari semua bidang dengan pendekatan Problem based learning (PBL) dan Research based learning yang dijabarkan dalam bentuk diskusi tutorial, praktikum dan skills laboratorium.

Tahap Program Keprofesian

Tujuan pendidikan tahap program keprofesian adalah merupakan pendidikan lanjutan yang merupakan satu-kesatuan yang utuh program akademik-keprofesian, tahap program keprofesian mendidik mahasiswa melalui proses belajar mengajar dalam bentuk pengalaman belajar klinik (PBK) dan pengalaman belajar lapangan (PBL) yang menggunakan berbagai bentuk dan tingkat tatanan pelayanan kesehatan nyata yang memenuhi persyaratan pendidikan sebagai lahan praktek.

Proses belajar mengajar Tahap Akademik-Profesi dijabarkan dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi sesuai dengan Standart Kompetensi Dokter Indonesia yang disahkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Malang adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 017 Tahun 2012 yang berlaku s.d. tahun 2017.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- umm.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment