Profil Kedokteran Unair Yang Mengembangkan Profesi Berbasis Kompetensi Global

Posted by Online Consultant on Saturday, January 3, 2015

Fakultas Kedokteran Umum Universitas Airlangga atau FK Unair beralamat di Kampus A Unair di Jalan Prof. Dr. Moestopo 47. Di kampus ini juga terdapat kampus Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Universitas Airlangga yang memiliki 13 fakultas plus program pascasarjana menempati tiga kampus yang tersebar di Kota Surabaya Jawa Timur :

- Kampus A di Jalan Prof. Dr. Moestopo 47. Di kampus ini terdapat Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)
- Kampus B di Jalan Dharmawangsa Dalam 4-6. Di kampus ini terdapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan Program Pascasarjana.
- Kampus C di Mulyorejo, Surabaya Timur. Di kampus ini terdapat Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Keperawatan (FKp), dan Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK)
- Kampus Banyuwangi, kampus PDD (Pendidikan Di luar Domisili) yang bertempat sementara di Gedung SMAN 1 Giri, Banyuwangi mulai 2014. Di Kampus ini terdapat 4 program studi, yakni S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kedokteran Hewan, S1 Budidaya Perairan dan S1 Akuntansi.
- Kampus Jakarta terletak di Graha STR Kemang, Jakarta Selatan ini khusus dibuka untuk Program Studi Magister Hukum, Magister Kenotariatan serta Sains Hukum dan Pembangunan.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Unair



Visi Prodi Kedokteran


"Menjadi Fakultas Kedokteran yang bermartabat, kompetitif, unggul di tingkat nasional dan internasional berbasis riset dan teknologi terkini dalam menunjang proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2020".


Misi Prodi Kedokteran


1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi berbasis kompetensi global, untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berjiwa entrepreneur, yang menjunjung tinggi moral dan etik.
2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dasar, terapan, dan kebijakan yang inovatif dan diakui secara nasional dan internasional untuk menunjang pendidikan, pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.
3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni kepada masyarakat yang berwawasan kesehatan nasional dan internasional.
4. Mengembangkan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.


Di antara tujuannya yaitu terwujudnya lulusan yang unggul, bermartabat dan berjiwa entrepreneur yang diakui di tingkat nasional dan internasional. Disamping itu agar terwujudnya penelitian berbasis iptek yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Program studi yang dibuka di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) meliputi :

A. Program Studi Pendidikan Dokter

Setelah menyelesaikan studi Strata 1, gelar yang berhak disandang adalah Sarjana Kedokteran (S.Ked), yaitu tenaga akademik Strata-1 yang dapat menempuh pendidikan lanjutan untuk menjadi tenaga Profesi seperti Dokter Umum dan Dokter Ahli, yang merupakan produk pendidikan profesi lanjutan setelah dokter umum.

Selain itu menghasilkan tenaga Akademi (Ilmuwan) seperti Magister (S2) dan Doktor (S3) yang merupakan produk pendidikan akademik lanjutan setelah Program Magister Pascasarjana.


B. Program Studi Ilmu Kebidanan ( S1 )

C. Program Diploma III Kesehatan

Jurusan yang ada pada Program Diploma III adalah Analis Medis, Rehabilitasi Medik/Fisioterapi, Radiologi, dan Battra.


D. Program Pendidikan Dokter Spesialis


E. Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar (Program Magister)

Adalah program studi pada Program Magister yang bertujuan untuk mendidik seorang sarjana menjadi ilmuwan pada bidangnya masing-masing. Program studi ini terdiri dari bidang minat :

1) Minat Studi Biologi Kedokteran
2) Minat Studi Anatomi Histologi
3) Minat Studi Ilmu Faal
4) Minat Studi Ilmu Biokimia
5) Minat Studi Farmakologi
6) Minat Studi Patobiologi
7) Minat Studi Kedokteran Laboratorium
8) Minat Studi Parasitologi
9) Minat Studi Mikrobiologi
10) Minat Studi Ilmu Kedokteran Hiperbarik
11) Minat Studi Kedokteran Dasar Klinik (Combined Degree).



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Airlangga adalah bernilai A, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 024 Tahun 2012 yang berlaku s.d. tanggal 10 Agustus 2017.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Airlangga, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unair.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment