Pengenalan Prodi Kedokteran Universitas Cenderawasih

Posted by Online Consultant on Saturday, January 31, 2015

Universitas Cenderawasih (UNCEN) didirikan pada tanggal 10 Nopember 1962 di Kota Baru (Sekarang Jayapura) berdasarkan Keputusan Bersama WAMPA/Koordinator urusan Irian Barat dan Menteri PTIP Nomor : 140/PTIP/1962 dan disahkan dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 389 Tahun 1962. Dalam perkembangannya, Universitas cenderawasih telah memiliki 9 (sembilan) fakultas. Dalam perkembangan selanjutnya, uncen telah membuka program pasca sarjana.

Pada saat itu Uncen merupakan satu-satunya Instansi Pemerintah Indonesia Pertama yang dibentuk setelah Kantor Wilayah Pemerintahan Indonesia.Pada saat itu dibentuk 4 (empat) Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Hukum Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FHKK) berkedudukan di Jayapura.

Sedangkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan berkedudukan di Manokwari dan pada tanggal 17 Agustus 1964 diresmikan menjadi Fakultas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (FPPK) dan kegiatan Akademik baru dimulai tanggal 5 Oktober 1964.Namun beberapa tahun kemudian 2 (dua) Fakultas yang ada di Jayapura yaitu FKIP dan FHKK dilebur menjadi FIHES, yang kemudian menjadi FE, FISIP, FE sedang FPPK yang berkedudukan di Manokwari menjadi FAPERTA.

Pada tahun 2002 FAPERTA lepas dari UNCEN dan menjadi Universitas Negeri Papua (UNIPA). Seiring dengan pertambahan minat masyatakat untuk melanjutkan pendidikan, maka pada tahun 2002 di buka program pendidikan Dokter (PPD), selanjutnya pada tahun 2009, status PPD ditingkatkan menjadi Fakultas Kedokteran (FK). Saat ini di dalamnya bernaung Program Pendidikan Keperawatan (PPK). PAda tahun 2005, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) yang bernaung di bawah FMIPA, mengalami peningkatan menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Pada Tahun 2011 bertambah lagi satu fakultas, yaitu Ilmu Keolahragaan (FIK).


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Cenderawasih



Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih berlokasi di Kampus Uncen Abepura, demi meningkatkan tenaga dokter yang sangat minim di Tanah Papua, fakultas ini memprioritaskan penerimaan putra daerah.

Dalam rangka menyelenggarakan Program Pendidikan akademik dan profesi, UNCEN mengembangkan Kurikulum Inti dan institusional berdasarkan Kepmendiknas No. 232/U/2000. Kurikulum institusional memuat mata kuliah muatan lokal dengan jumlah SKS antara 30-40% (S1) dan antara 40-60% (D3) yang ditetapkan setelah mempertimbangkan tuntutan pasar dan faktor ekologis pembangunan di Tanah Papua. Komposisi Kurikulum terdiri dari kelompok : MPK (Pengembangan Kepribadian), MKK (Keilmuan dan Ketrampilan), MKB (Keahlian Berkarya), MPB (Perilaku Berkarya); dan MBB (Berkehidupan Bermasyarakat).


Akreditasi Prodi Kedokteran Universitas Cenderawasih


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Cenderawasih adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tanggal 20 Juli 2018.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Cenderawasih, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unicen.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment