Profil Kedokteran Universitas Mulawarman

Posted by Online Consultant on Wednesday, January 7, 2015

Universitas Mulawarman beralamat di Gunung Kelua Jl. Kuaro Kotak Pos 1068, Samarinda, Kode Pos 75119. Universitas Mulawarman, sering disingkat Unmul, merupakan perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, sehingga merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, dengan jumlah mahasiswa mencapai lebih dari 37.000 orang. Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Nama Mulawarman diambil dari nama Raja Mulawarman Nala Dewa dari Kerajaan Kutai di abad ke-4, kerajaan pertama di Indonesia yang tercatat dalam sejarah, yang berlokasi di Kalimantan Timur. Penamaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 65 tanggal 23 April 1963.

Sejarahnya Unmul bermula dari keinginan masyarakat Kalimantan Timur, untuk mendirikan perguruan tinggi di Samarinda. Gubernur Abdoel Moeis Hasan kemudian meminta Bupati Soebrata Yoeda Soebrata mengadakan pertemuan dengan pemuka masyarakat di Samarinda dan kemudian berdasarkan keputusan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur pada tanggal 7 Juni 1962 dibentuklah Perguruan Tinggi Mulawarman di Samarinda.

Demi menopang kebutuhan dana, fasilitas, dan peralatan Perguruan Tinggi Mulawarman, ditetapkan juga Yayasan Perguruan Tinggi Mulawarman yang dipimpin oleh Abdul Aziz Samad, didampingi sekertaris E. Abdul Samad dan bendahara Dorinawati Samalo (Ny. Lo Beng Long). Kemudian pada tanggal 28 Juni 1962 ditetapkan pula Presidium untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi Mulawarman dengan Sekretaris Drs. Achmad Dahlan dan dibantu Husein Achutanair dan Syahidin, BA sebagai penyelenggara administrasi yang berkoordinasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan di Jakarta.

Perguruan Tinggi Mulawarman kemudian ditetapkan sebagai Universitas Kalimantan Timur berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Thoyib Hadiwidjaja pada tanggal 28 September 1962. Namun nama ini dikembalikan menjadi Universitas Mulawarman dan dikukuhkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada tanggal 23 April 1963. Tanggal 27 September 1962 kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman.

Dimulai pada tanggal 7 Juni 1962, berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur Nomor: 15/PPK/KDH/1962 didirikanlah sebuah perguruan tinggi yang berkedudukan di Samarinda dengan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, namun nama perguruan tinggi mulawarman tidak lama dipakai pada saat permintaan pengesahan menteri PTIP nama itu berubah menjadi UNIVERSITAS KALIMANTAN TIMUR (UNIKAT), berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Nomor: 130 tahun 1962 tanggal 28 September, ditetapkan tanggal 27 September 1962 sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Mulawarman



Visi Prodi Kedokteran


"Menjadi Program Studi Profesi Dokter yang berstandar internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran yang bertumpu pada hutan tropika lembab (tropical rainforest) dan lingkungannya pada 2025".


Misi Prodi Kedokteran


  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran dan ilmu kesehatan lainnya yang berbasis pada pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dengan menitikberatkan pada standar kompetensi dan standar pendidikan profesi yang berlaku secara nasional dalam rangka menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Berperan aktif dalam rangka mengupayakan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Kalimantan Timur secara khusus dan masyarakat Indonesia secara umum untuk dapat hidup sehat mandiri dengan menekankan pada pemanfaatan kekayaan sumber daya hutan tropika lembab dan lingkungan sekitarnya.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Mulawarman adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 028 Tahun 2010 yang berlaku s.d. tanggal 26 Nopember 2015.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui tentang Kedokteran Universitas Mulawarman, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unmul.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment