Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Universitas Mataram

Posted by Online Consultant on Monday, January 5, 2015

Universitas Mataram atau UNRAM merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang diselenggarakan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang berkedudukan di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sejarah berdirinya Universitas Mataram diawali dengan pembentukan Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri di Mataram berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 89/62 tanggal 26 Juni 1962. Panitia ini diketuai oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I NTB, yaitu R. Ar. Moh. Ruslan Tjakraningrat.

Badan Persiapan ini menghasilkan dua usulan pokok, yaitu :

1. Pendirian Fakultas Ekonomi, Fakultas Peternakan, dan Fakultas yang menghasilkan ahli agronomi;
2. Alternatif nama Universitas: SANGKAREANG atau MATARAM.

Berdasarkan usulan Badan Persiapan yang diteruskan oleh Panitia Persiapan, ditetapkan berdirinya Universitas Negeri yang berkedudukan di Mataram, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 139/62 tanggal 3 Nopember 1962. Sampai satu tahun setelah penerbitan SK tersebut, tidak ada kegiatan yang menandai berfungsinya universitas, sehingga atas permintaan Gubernur, pada tanggal 17 Nopember 1963 Yayasan Pendidikan Sangkareang membuka Fakultas Ekonomi yang diharapkan kelak akan menjadi salah satu fakultas di Universitas Negeri di Mataram.

Badan Persiapan Pendirian Universitas Mataram dibubarkan tanggal 7 Desember 1963 karena tugasnya dinyatakan telah selesai. Pada tanggal 19 Desember 1963 Yayasan Pendidikan Sangkareang menyerahkan Fakultas Ekonomi berikut 41 orang mahasiswanya kepada Gubernur untuk selanjutnya diresmikan oleh Menteri PTIP. Pada saat inilah secara resmi Universitas Negeri di Mataram mengawali kegiatannya. Atas dasar inilah pada masa-masa awal Universitas Mataram memperingati Dies Natalis pada tanggal 19 Desember. Namun setelah serangkaian proses pendirian tersebut dicermati ulang ditetapkan kemudian bahwa Dies Natalis jatuh pada setiap tanggal 1 Oktober. Pada tahun 1967, Universitas Mataram mendirikan tiga fakultas sekaligus, yaitu Fakultas Pertanian (1967), Fakultas Peternakan (1967) dan Fakultas Hukum (1967).

Dalam perkembangannya, hingga tahun akademik 2011/2012 Universitas Mataram memiliki 9 fakultas. Empat fakultas yang dibentuk setelah Fakultas Hukum adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tanggal 25 April 1981. Kemudian Fakultas Teknik, fakultas ini didirikan berdasarkan perubahan status Sekolah Tinggi Teknik Mataram (STTM) menjadi Program Studi Teknik Sipil tanggal 8 Nopember 1991. Tanggal 21 Oktober 1993 secara resmi berdiri Fakultas Teknik di Universitas Mataram.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Mataram


Fakultas Kedokteran Unram merupakan salah satu dari tiga fakultas terakhir yang didirikan, disamping Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Masing-masing Tanggal 25 Agustus 2007 dan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri tanggal 4 Pebruari 2012.


Visi Prodi Kedokteran


"Terwujudnya FK Unram sebagai institusi terkemuka yang berperan aktif dalam pengembangan bidang kedokteran baik tingkat nasional, regional, maupun global sebagai pusat rujukan dalam penyelesaian masalah kedokteran, serta sebagai pusat penelitian, penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran."


Misi Prodi Kedokteran


  1. Menyelesaikan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran yang berkualitas melalui pengembangan sistem pengelolaan dan organisasi institusi yang berorientasi pada peningkatan mutu berkelanjutan, pengembangan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta pengembangan sistem informasi mutakhir yang efektif, efisien dan akuntabel.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan, untuk menghasilkan, mengembangkan dana memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran bagi masyrakat.
  3. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Mataram adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 240/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tanggal 29 Nopember 2018.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Mataram, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unram.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment