Profil Jurusan Kedokteran Universitas Sam Ratulangi

Posted by Online Consultant on Thursday, January 8, 2015

Universitas Sam Ratulangi atau Unsrat adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang Kampusnya bertempat di Kota Manado, provinsi Sulawesi Utara.

Unsrat telah dirintis oleh adanya Universitas Pinaesaan yang didirikan tanggal 1 Oktober 1954 di Tondano, baru memiliki satu fakultas, yakni Fakultas Hukum. Bersama dengan Universitas Permesta yang didirikan pada tanggal 23 September 1957 di Manado, maka Universitas Pinaesaan sesungguhnya merupakan embrio dari berkembangnya Universitas Sam Ratulangi di masa depan.

Memiliki dua universitas dengan status swasta ternyata belum memuaskan selera warga Sumekolah ini. Oleh karena itu, atas inisiatif masyarakat Sulawesi Utara dan Tengah (para pemuka militer, sipil, maupun cendikiawan), terciptalah kesatuan dan kebulatan tekad untuk merealisir berdirinya satu perguruan tinggi berstatus negeri di kedua daerah itu, yang diharapkan menjadi kebanggaan masyarakat umumnya serta rakyat Sulawesi Utara dan Tengah pada khususnya.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Sam Ratulangi



Visi Universitas Sam Ratulangi


"Pada tahun 2015 menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi yang berada di jajaran depan, sehat mandiri dan berdaya saing", dicirikan melalui :

  1. Penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan kapabilitas intelektual mahasiswa untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan mampu berkontribusi pada daya saing bangsa, melalui suatu proses yang mengimplementasikan prinsip-prinsip: learning to know, learning to be, lerning to do and learning to live together.
  2. Penyelengaraan program pascasarjana dan penelitian yang berfungsi sebagai sebagai inkubator serta mendorong pengembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan memaksimalkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  3. Pemberian kesempatan kepada semua warga negara untuk mengikuti proses pendidikan dan/atau pelatihan serta memungkinkannya untuk mengembangkan diri, tumbuh secara intelektual dan emosional, terampil untuk bekerja serta berkontribusi pada daya saing bangsa.



  4. Penerapan pola pengelolaan yang mampu berkontribusi pada pengembangan masyarakat demokratis, beradab, terbuka dan memenuhi kriteria-kriteria akuntabilitas.

Misi Universitas Sam Ratulangi

Berdasarkan visi tersebut di atas, disusun misi Universitas Sam Ratulangi sebagai Berikut: Menghasilkan lulusan pendidikan yang bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak, berbudaya Indonesia, bersemangat tinggi, tanggap, berkinerja tinggi, mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, mampu mengembangkan kemampuan diri serta dapat :
  1. Berperan dalam proses produksi dan pemeliharaan (bagi jenjang S-1, Diploma dan program-program pelatihan)
  2. Melakukan inovasi dan improvisasi dalam proses produksi (bagi jenjang S-2 dan Program Spesialis -1)v
  3. Mengembangkan dan menghasilkan penemuan-penemuan baru dalam proses produksi (bagi Strata-3 dan Program Spesialis-2)


  4. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru, peneliti dan pemikir serta memutakhirkan kemampuan untuk mengumpulkan, mengalihkan, menyebar-luaskan, menafsirkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang telah ada baik kemajuan dan kesejahtraan masyarakat.


  5. Menyebarkan hasil-hasil penelitian terapan, kaji-tindakan maupun paket teknologi tepat guna untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produksi bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.


  6. Menghasilkan studi atau kajian Pasifik, antara lain, analisis dan pengembangan pemikiran-pemikiran Dr.G.S.S.J. Ratulangi dalam bukunya Indonesia den Pasific.

Status Akreditasi Prodi Kedokteran

Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Sam Ratulangi adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 037 Tahun 2011 yang berlaku s.d. tanggal 11 Nopember 2016. Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini. Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin! Sumber: - fk.ujiantulis.com - unsrat.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment