Kenali Profil Jurusan Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Posted by Online Consultant on Tuesday, January 6, 2015

Universitas Lambung Mangkurat atau Unlam merupakan perguruan tinggi negeri yang beralamat di Jl. Brigjen H. Hasan Basry, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Universitas Lambung Mangkurat berdiri atas inisiatif dan jasa pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Kalimantan Selatan, yaitu mereka yang pada tanggal 17 Mei 1949 memproklamasikan Pemerintahan Gubernur Militer ALRI Divisi IV Kalimantan, di bawah pimpinan Gubernur Militer Hasan Basry, sebagai upaya menegakkan kemerdekaan.

Pada waktu reuni Kesatuan Tentara Nasional Indonesia Divisi Lambung Mangkurat di Desa Niih, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada tanggal 3 – 10 Maret 1957, mereka membentuk “Dewan Lambung Mangkurat” dengan beberapa rencana kerja, antara lain mendirikan perguruan tinggi di Kalimantan. Sebagai realisasi dari rencana Dewan Lambung Mangkurat pada pertengahan tahun 1958 dibentuk Panitia Persiapan Pendirian Universitas Lambung Mangkurat, dengan Ketua Umum Letkol H. Hasan Basry.

Pada tanggal 21 September 1958, Panitia berhasil meresmikan berdirinya Universitas Lambung Mangkurat dengan susunan kepemimpinan: Presiden Universitas : Letkol H. Hasan Basry Wakil Presiden adalah Mayor Abdul Wahab Syahranie Sekretaris adalah Drs. Aspul Anwar Pada awal berdirinya Universitas Lambung Mangkurat terdiri atas empat fakultas yaitu:

1. Fakultas Hukum
2. Fakultas Ekonomi
3. Fakultas Sosial dan Politik
4. Fakultas Islamilogi

Setelah Universitas Lambung Mangkurat (swasta) berjalan dua tahun, tepat pada tanggal 1 Nopember 1960 Pemerintah Republik Indonesia meresmikan Universitas Lambung Mangkurat sebagai perguruan tinggi negeri (PTN), berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 1960 yang memiliki empat fakultas yaitu:

1. Fakultas Hukum
2. Fakultas Ekonomi
3. Fakultas Sosial dan Politik
4. Fakultas Pertanian

Sedangkan Fakultas Islamilogi diserahkan kepada Fakultas Syariah IAIN Yogyakarta yang membuka cabang di Banjarmasin.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat


Cita-cita masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memiliki Fakultas Kedokteran telah dimulai sejak tahun 1966 dengan pembentukan Panitia Persiapan dan pembukaan Perguruan Tinggi Kedokteran Kalsel yang dilebur ke dalam Universitas Ahmad Yani di bawah pembinaan Kodam X Lambung Mangkurat.

Fakultas Kedokteran Ahmad Yani berjalan sampai tahun 1972. Kemudian terbit Peraturan Pemerintah yang mensyaratkan untuk memilih apakah menjadi Fakultas Kedokteran yang dikelola swasta murni/bukan proyek ABRI atau menjadi Fakultas Kedokteran Negeri yang berada di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam). Dari hasil penilaian, ternyata Unlam belum siap menerima kehadiran Fakultas Kedokteran, karena keterbatasan dana dan tenaga. Dengan demikian, mahasiswa Fakultas Kedokteran Ahmad Yani yang telah duduk di tingkat III (30 orang) harus disalurkan ke berbagai Fakultas Kedokteran di Jawa dan Sulawesi.

Cita-cita tersebut ternyata tidak pernah padam, hingga pada tanggal 6 September 1989 dikeluarkan SK Dirjen Dikti No. 87/DIKTI/Kep/1989 tentang Pembentukan Program Studi Kedokteran di Unlam. Pada tanggal 11 Agustus 1990, Pimpinan Program Studi Kedokteran Unlam dilantik oleh Rektor Unlam, dan pada akhir Agustus dilaksanakan pembukaan masa perkuliahan.

Setelah menyelenggarakan kegiatan akademik beberapa tahun, dikeluarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0366/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993 tentang Program Studi Kedokteran ditingkatkan menjadi Fakultas Kedokteran Unlam.

Sejalan dengan tujuan masyarakat Kalsel menuju ”Kalimantan Selatan Sehat 2010”, Fakultas Kedokteran Unlam mendirikan Program Studi Kesehatan Masyarakat pada tahun 2002. Berdasarkan SK Rektor Unlam No. 243/JO8/PP/2002, tentang Pembentukan Program Studi Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kedokteran Unlam, Program Studi Kesehatan Masyarakat mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2002/2003. Proses pembelajaran Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unlam terus berjalan, dan pada tanggal 13 April 2004, Dirjen Dikti Depdiknas mengeluarkan SK No. 1362/D/T/2004 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) pada Universitas Lambung Mangkurat. Saat ini Program Studi Kesehatan Masyarakat menerima mahasiswa melalui jalur reguler dan alih jenjang. Saat ini, Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Kesehatan Masyarakat telah menyandang akreditasi B.

Pada tahun 2008, Fakultas Kedokteran kembali membuka Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Studi Psikologi. Pada saat ini, Program Studi Ilmu Keperawatan menerima mahasiswa dari jalur reguler dan alih jenjang, sedangkan Program Studi Psikologi hanya menerima jalur reguler. Tahun 2009, Fakultas Kedokteran juga membuka Program Studi Kedokteran Gigi, dengan menerima mahasiswa melalui jalur mandiri.

Akhirnya atas rahmat Allah SWT, cita-cita masyarakat Kalsel untuk mempunyai lembaga pendidikan kedokteran, kesehatan masyarakat, keperawatan, dan psikologi telah tercapai, tinggal dikembangkan agar menjadi suatu lembaga yang berbobot, berwibawa, dan dapat menghasilkan lulusan dokter, sarjana kesehatan masyarakat, perawat, psikolog, dan dokter gigi dengan kompetensi yang sudah ditentukan.


Visi Prodi Kedokteran


"Fakultas Kedokteran Unlam akan menjadi fakultas yang unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, berwawasan dan berkemampuan IPTEK kedokteran dan kesehatan, serta memiliki kemandirian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kebutuhan pembangunan nasional".


Misi Prodi Kedokteran


  1. Memantapkan penyelenggaraan pendidikan kedokteran dan kesehatan yang menghasilkan SDM berkualitas sebagai pendukung pembangunan nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan IPTEK kedokteran dan kesehatan sesuai dengan kebutuhan prioritas pembangunan nasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK kedokteran dan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Lambung Mangkurat adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 037 Tahun 2011 yang berlaku s.d. tanggal 11 Nopember 2016.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unlam.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment