Profil Kedokteran Universitas Muslim Indonesia

Posted by Online Consultant on Wednesday, January 7, 2015

Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang didirikan pada tanggal 23 Juni 1954 beralamat di Menara UMI Lt. 09, Urip Sumohardjo KM.05 Makassar 90231. Apabila ditinjau dari segi usia, UMI merupakan perguruan tinggi tertua dan merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di kawasan timur Indonesia. UMI juga merupakan satu-satunya PTS yang terakreditasi Institusi di Indonesia Timur.

Universitas Muslim Indonesia diselenggarakan oleh masyarakat dalam bentuk Yayasan yaitu Yayasan Wakaf UMI, yang bergerak dibidang pendidikan dan dakwah. Dalam jalur pendidikan UMI membina pendidikan akademik mulai dari strata Diploma 3, Strata satu (S.1) dan Strata dua (S.2), yang tergabung dalam 12 Fakultas, Pascasarjana dan satu Akademi, 40 Program Studi. Hingga Tahun Akademik 2009/2010 Student Body Unversitas Muslim Indonesia Makassar sekitar 15.000 orang yang didukung dengan Tenaga Pengajar penuh waktu (dosen tetap) 466 orang, DPK 106 orang dan 200 orang lebih dosen LB yang didukung oleh Pegawai Administrasi 348 orang.

Hadirnya lembaga Pendidikan Tinggi yang bernafaskan Islam ini bermula dari gagasan yang mulai digulirkan pada tahun 1950-an yang dipelopori oleh K.H. Muhammad Ramly, H. Sewang Daeng Muntu, La Ode Manarta, Nasiruddin Rahmat, Sutan Muhammad Yusuf Samah, dan A. Waris sepakat mewujudkan keinginan menjadi kenyataan pada tanggal 23 Juni 1954 bertepatan dengan 22 Syawal 1373 H.

Hadirnya lembaga Pendidikan Tinggi yang bernafaskan Islam ini bermula dari gagasan yang mulai digulirkan pada tahun 1950-an yang dipelopori oleh K.H. Muhammad Ramly, H. Sewang Daeng Muntu, La Ode Manarta, Nasiruddin Rahmat, Sutan Muhammad Yusuf Samah, dan A. Waris sepakat mewujudkan keinginan menjadi kenyataan pada tanggal 23 Juni 1954 bertepatan dengan 22 Syawal 1373 H.

Chalid Husain (Sekretaris) menandatangani azas piagam UMI pada bulan yang sama. Hadir dalam acara penanda tanganan peresmian pendirian UMI antara lain: Andi Burhanuddin (mewakili kementrian P dan K), H. Muhammad Akib (mewakili kementrian Agama) dan K.H. Muhammad Ramly (mewakili alim ulama).

Dipilihnya nama Universitas Muslim Indonesia menurut para pendirinya karena nama itu bermakna membina ummat islam, dalam bahasa Arab disebut Jamiatul Muslimin Al Indunisiyyah yang bermakna menghimpun ummat islam sedangkan dalam bahasa Inggris Moslem University of Indonesia yang bermakna Universitas Milik Ummat Islam Indonesia.


Fakultas yang sudah dibuka di UMI :

  1. Fakultas Agama Islam
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Farmasi
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Ilmu Komputer
  6. Fakultas Kedokteran
  7. Fakultas Kedokteran Gigi
  8. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  9. Fakultas Perikanan dan Kelautan
  10. Fakultas Pertanian
  11. Fakultas Sastra
  12. Fakultas Teknik
  13. Fakultas Teknologi Industri




Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Muslim Indonesia


Menurut Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Prof.Dr. H. Syarifuddin Wahid mengatakan bahwa Fakultas Kedokteran UMI, pada akhir tahun 2014, kembali melahirkan 29 orang dokter dari angkatan tahun dua ribuan, dan dua sarjana kedokteran. Hal ini pertanda bahwa Fakultas Kedokteran dalam melaksanakan proses belajar mengajar sekaligus pertanggungjawaban kepada publik bahwa Fakultas Kedokteran UMI memiliki kompetensi dan kapasitas akademik melahirkan Dokter setara dengan Fakultas Kedokteran universitas Negeri sekalipun.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran Universitas Muslim Indonesia


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Muslim Indonesia ini adalah bernilai , berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tahun 2018.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Muslim Indonesia, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- umi.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment