Sekilas Profil Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Posted by Online Consultant on Tuesday, January 6, 2015

Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta beralamat di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta. FK UMY merupakan dari fkultas yang dibuka di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Berdirinya UMY bermula dari gagasan Prof. Dr. Kahar Muzakkir dalam berbagai kesempatan mengemukakan ide atau gagasan akan perlu didirikannya Universitas Muhammadiyah.

Ketika Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pengajaran meresmikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1960, secara eksplisit piagam pendiriannya mencantumkan FKIP sebagai bagian dari Universitas Muhammadiyah.

Pada bulan Maret 1981, melalui perjuangan yang keras beberapa aktivis Muhammadiyah seperti Drs. H. Mustafa Kamal Pasha, Drs. M. Alfian Darmawam, Hoemam Zainal, S.H., Brigjen. TNI. (Purn.) Drs. H. Bakri Syahid, K.H.Ahmad Azhar Basir, M.A., Ir.H.M.Dasron Hamid, M.Sc., H.M. Daim Saleh, Prof. Dr. H. Amien Rais, M.A., H.M.H. Mawardi, Drs. H. Hasan Basri, Drs. H. Abdul Rosyad Sholeh, Zuber Kohari, Ir. H. Basit Wahid,H Tubin Sakiman yang gigih mencari Mahasiswa serta didukung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah saat itu, K.H. A. R. Fakhrudin dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY H. Mukhlas Abror, secara resmi didirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang kemudian berkembang hingga saat ini.

Pada awal berdirinya, rektor UMY dipercayakan kepada Brigjen. TNI (Purn) Drs. H. Bakri Syahid, yang saat itu sudah selesai masa tugasnya sebagai Rektor IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rektor periode berikutnya dipercayakan kepada Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc. Akan tetapi karena proses permintaan izin menteri belum selesai, maka ditunjuk seorang sesepuh Muhammadiyah, H. M. H Mawardi, menjadi rektor. Setelah turun izin menteri, ditetapkan Prof. Dr. H. Bambang Cipto, M.A. sebagai rektor UMY.



Fakultas yang dibuka di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta



  1. Fakultas Agama Islam
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
  5. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  6. Fakultas Pendidikan Bahasa
  7. Fakultas Pertanian
  8. Fakultas Teknik
  9. Program Vokasi
  10. Pasca Sarjana


Selayang Pandang Profil Fakultas Kedokteran



Visi Fakultas Kedokteran


Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki visi Menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang mandiri, bertata kelola baik (Good Faculty Governance) berakar pada sosio-budaya Indonesia yang Islami serta berdasar kedokteran berbasis bukti berkualitas nasional, regional, bahkan Internasional.

FKIK UMY berkomitmen untuk menghasilkan tenaga medis yang berwawasan global serta berjati diri (sosio budaya) kebangsaan. Dalam pemebelajarannya, FKIK UMY menerapkan dan mengembangkan konsep kedokteran keluarga (dan komunitas) yag dimasukkan dalam kurikulum pendidikan.

FKIK UMY menyadari bahwa persaingan di tingkat internasional tidak akan dapat dihindari di tengah fenomena globalisasi sekarang ini. Sehingga FKIK UMY telah menggalang kerjasama dengan institusi yang relevan baik dalam maupun di luar negeri untuk mengembangkan sisvitas akademika yang berwawasan global, berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan.


Misi UMY


  1. Meningkatkan harkat manusia dalam upaya meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban;
  2. Berperan sebagai pusat pengembangan Muhammadiyah;
  3. Mendukung pengembangan Yogyakarta sebagai wilayah yang menghargai keragaman budaya;
  4. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat secara profesional;
  5. Mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Data Kedokteran



Jumlah Mahasiswa Kedokteran Umum 859 (2010-2013)
Program Studi dan Akreditasi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi
Jumlah Dosen -
Total Alumni -
Tahun Berdiri 1993
Dekan dr. H. Ardi Pramono, Sp.An., M.Kes


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 024 Tahun 2010 yang berlaku s.d. taanggal 05 November 2015.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- umy.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment