Pengenalan Jurusan Kedokteran Universitas Malahayati

Posted by Online Consultant on Saturday, January 31, 2015

Universitas Malahayati (Unmal) Bandar lampung, merupakan gagasan dari seorang pengusaha sukses dan terkenal, yang juga pendiri Yayasan Alih Teknologi (Altek), yaitu Bapak Rusli Bintang.

Nama Malahayati diambil dari nama seorang panglima perang wanita berasal dari Aceh, yaitu Laksamana Malahayati. Malahayati merupakan figur seorang wanita Aceh yang cerdas, memiliki semangat juang tinggi, berani, tegas, ulet, tangguh, dan bertanggung jawab, yang senantiasa dilandasi oleh sinar keimanan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran Islam. Atas keperwiraannya itu Laksamana Malahayati dianugrahi gelar sebagai Pahlawan Nasional. Untuk menghormati dan melanjutkan semangat juang Malahayati tersebut Perguruan Tinggi ini diberi nama Universitas Malahayati (UNIMAL) yang bertekat bulat untuk ikut serta secara nyata dalam pembangunan nasional bersama-sama, seiring dan sejalan dengan perguruan tinggi lain yang lebih awal hadir di Propinsi Lampung.

Pada tanggal 27 Agustus 1993, Universitas Malahayati didirikan oleh Yayasan Alih Teknologi Bandar Lampung dan secara resmi merupakan hari jadi Universitas Malahayati. Terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Akademi Perawat. Sejak tahun 2994, Universitas Malahayati berkedudukan di Jalan Kartini Bandar Lampung. Untuk selanjutnya pada 1996 dipindahkan ke Jalan Pramuka Nomor 27 Bandar Lampung.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Malahayati


Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung pada tanggal 2 Juli 1994, yang dilatarbelakangi oleh perlunya mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran serta perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat dan pembangunan dimasa datang, serta bertolak dari tujuan pendidikan dokter, pengembangan dan pembinaan.

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (Unmal) saat ini memiliki 4 program studi, terdiri dari :

1. Program Studi Kedokteran Umum. S-1
2. Program Studi Ilmu Keperawatan. S-1
3. Diploma IV Bidan Pendidik. D-IV
4. Diploma III Kebidanan. D-II

Keberadaan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati mempunyai latar belakang daerah yang bermacam-macam dari seluruh penjuru Indonesia, dengan jumlah peminat yang mengalami kenaikan setiap tahun, terutama bertambahnya mahasiswa dari Provinsi Lampung sendiri.

Seiring dengan kemajuan pembangunan Nasional, untuk memperluas jangkauan serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat secara optimal, maka Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati senantiasa berusaha mengembangkan peran aktifnya dalam pembangunan Indonesia umumnya dan pendidikan kesehatan melalui program studi kedokteran umum khususnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut diatas senantiasa dilakukan usaha-usaha maksimal untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di lingkungan Fakutas Kedokteran Universitas Malahayati, sehinga mampu meluluskan dokter-dokter berkualitas sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Kedokteran. Visi

Tewujudnya Program Studi Pendidikan Dokter yang menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi, khususnya di bidang pelayanan kedokteran primer dengan pendekatan Kedokteran Keluarga, serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada tahun 2012.



Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati


1. Menghasilkan Sarjana Kedokteran dan Dokter yang bermutu dan berdaya saing tinggi, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mengembangkan kurikulum pendidikan dokter yang berbasis kompetensi, terintegrasi dengan menekankan pada proses belajar mengajar berdasarkan masalah.
3. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi : pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, khususnya dibidang pelayanan kedokteran primer dengan pendekatan kedokteran keluarga.
4. Meningkatkan daya dukung sarana dan prasarana secara berkelanjutan.
5. Meningkatkan kualitas tenaga pengajar sesuai dengan kompetensi.
6. Memperluas jaringan kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta secara nasional dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan.


Tujuan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati



1. Bersifat terbuka dan tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dalam proses belajar mengajar berdasarkan masalah.
2. Mampu mencermati dinamika perubahan yang terjadi dimasyarakat dengan lebih mengedepankan manajemen pelayanan kedokteran primer dengan pendekatan kedokteran keluarga.
3. Mampu mengenali dan menganalisis masalah kesehatan di dalam keluarga secara tepat, dan bersama-sama melakukan upaya pemecahan masalah.
4. Mampu mendidik dan meningkatkan peran serta keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatannya.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Malahayati adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 031 Tahun 2009 yang berlaku s.d. tanggal 23 Oktober 2014.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Malahayati, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- malahayati.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment