Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Universitas Kristen Maranatha

Posted by Online Consultant on Saturday, January 17, 2015

Secara historis berdirinya Univesitas Kristen Maranatha (Unmar) merupakan suatu peristiwa yang diliputi oleh berkat Rahmat Tuhan. Hal ini dikarenakan berdirinya Universitas Kristen Maranatha tidak terlepas dari hasil perjuangan yang panjang dan gigih dari para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Immanuel yang berjumlah 130 orang, yang telah menyatakan melepaskan diri dari UKI Immanuel pada hari Sabtu tanggal 4 Juli 1964 malam bertempat di Lyceum Jln. Ir. H Juanda Bandung.

Pada awal pendiriannya, Universitas Kristen Maranatha dimulai dengan satu fakultas yaitu Fakultas Kedokteran, kemudian menyusul Fakultas Teknik dengan jurusan Teknik Sipil dan Fakultas Psikologi serta Fakultas sastra Jurusan Sastra Inggris pada tahun-tahun berikutnya. Untuk sekian lama UK. Maranatha bertumbuh dan berkembang dengan hanya empat fakultas.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Kristen Maranatha


Di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha gelar Sarjana Kedokteran dapat diperoleh setelah menjalani keseluruhan kurikulum yaitu Kurikulum Berbasis Komptensi (KBK) sebanyak 160 SKS selama 3.5 tahun, jika yang bersangkutan melanjutkan pendidikan ke program profesi dokter, maka ia harus mengikuti pendidikan sebanyak 40 SKS selama 1.5 tahun di Rumah Sakit Pendidikan. Selain pengetahuan, ditanamkan juga cara berperilaku yang baik dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan sebagai dokter.

Ditawarkan pula mata kuliah pilihan pada Program Pendidikan S1 Kedokteran: Akupunktur (4 SKS), Kegawatdaruratan (4 SKS), Herbal Medicine (2 SKS).



Visi Prodi Kedokteran


"Pada tahun 2024, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha menjadi Fakultas Kedokteran Swasta terbaik di Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus".


Misi Prodi Kedokteran


1. Menyelenggarakan pendidikan dokter sesuai Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia, perkembangan ilmu dan teknologi terapan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di berbagai bidang kedokteran.
3. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk nyata penjabaran nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Kristen Maranatha adalah bernilai B, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 025 Tahun 2010 yang berlaku s.d. tanggal 12 November 2015.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Passing Grade Prodi Kedokteran, Mata Ujian Seleksi Kedokteran Unmar dan hal-hal lainnya, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- maranatha.edu

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment