Profil Prodi Kedokteran Universitas Jember

Posted by Online Consultant on Sunday, January 4, 2015

Universitas Jember atau Unej yang Rektoratnya beralamat di Jalan Kalimantan No. 37 Kampus Tegalboto Jember Jawa Timur, terbentuk atas gagasan dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman.

Selanjutnya Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember). Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat UNITA. Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo.

Pada tahun 1959 tepatnya pada tanggal 26 Januari 1959, R. Soedjarwo diangkat sebagai Ketua Yayasan Unita. Guna mengembangkan Unita, R. Soedjarwo kemudian membantu mendirikan gedung kampus Unita yang ada di jalan PB Sudirman seluas 656 meter persegi. Gedung tersebut dibangun di atas tanah seluas 2.160 meter persegi dengan biaya pembangunan sebesar Rp 23.243,66. Unita semakin berkembang. Jumlah fakultas, satu demi satu bertambah.

Unita akhirnya diintegrasikan ke Universitas Brawidjaya Malang berdasarkan SK Menteri PTIP No. 1, tertanggal 5 Januari 1963. Hal ini menimbulkan keresahan bagi masyarakat Jember dan mahasiswa Unita khususnya. Melihat hambatan tersebut R. Soedjarwo terus berusaha dengan mengirim delegasi ke Jakarta hingga mendapat dukungan dari DPRD untuk mendesak pemerintah pusat untuk menegerikan Unita menjadi universitas negeri secepatnya. Jerih payah R. Soedjarwo dengan dibantu pihak-pihak terkait, akhirnya membuahkan hasil dengan terbitnya SK Menteri PTIP No 153 tahun 1964 tertanggal 9 November 1964 tentang Didirikannya Sebuah Universitas Negeri Jember.

Pada awal berdirinya pada tahun 1964, Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED, memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Jember



Prodi Kedokteran Universitas Jember berdiri pada tahun 2000 dan menjadi fakultas pada tahun 2006. Fakultas Kedokteran Universitas Jember hingga saat ini telah meluluskan 440 orang dokter. Termasuk 40 orang yang baru saja dikukuhkan sebagai dokter baru oleh Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Enny Suswati, M. Kes, di Gedung Sutarjo Universitas Jember 26 Juni.

Menurut dr. Enny Suswati, M. Kes hasil tersebut merupakan perjuangan panjang dan ulet. Dilihat dari hasil try out uji kompetensi yang dilakukan oleh ke 40 orang dokter baru ini cukup mengkhawatirkan. Tetapi berkat kerja keras dan kerjasama semua pihak yaitu dari perjuangan para dokter baru, para tenaga pendidik baik dosen dari Universitas Jember atau para Dokter dari RSD Subandi akhirnya para peserta Uji Kopetensi lulus seratus persen.

Perlu diketahui pada periode ini dilantik pula beberapa dokter baru angkatan pertama yang menggunakan sistem kurikulum berbasis kompetensi. dr. Enny Suswati, M. Kes cukup bangga dengan hasil yang diperoleh oleh dokter yang menggunakan sistem kurikulum berbasis kopetensi. Pasalnya dalam uji kompentensi mereka cukup sekali ujian dan langsung berhasil.

Sementara itu direktur RSD Subandi dr.Hj. Yuni Ermita Djatmiko, M.Kes mengatakan RSD Subandi adalah Rumah Sakit Pendidikan yang dalam hal ini seperti dua sisi mata uang dengan universitas Jember juga mempunyai tanggung jawab yang sama untuk menjaga kualitas lulusan dokter yang menuntut ilmunya di RSD Subandi. Oleh sebab itu RSD Subandi akan terus berbenah dan berkembang untuk bisa menjadi salah satu rumah sakit pendidikan terbaik di Indonesia.


Visi Prodi Kedokteran


"Menjadi institusi unggulan Universitas Jember dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas dan profesional serta berkomitmen tinggi".


Misi Prodi Kedokteran


1. Memberikan pelayanan kesehatan dengan pendekatan holistik, komprehensif, berkualitas, efektif, efisien, dan humanis kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat.
2. Mengembangkan konsep dan sistem pelayanan, melalui penelitian dan pendidikan untuk mendukung pelayanan yang berkualitas.
3. Sebagai salah satu pusat riset dan penelitian bidang kesehatan untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan pendidikan di Universitas Jember.
4. Menjadi salah satu unit penunjang yang mampu menghasilkan revenue generating bagi Universitas Jember.
5. Menjadi salah satu unit penunjang yang mendukung kegiatan pengabdian dalam bidang kesehatan kepada masyarakat.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Universitas Jember adalah bernilai B (baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 008 Tahun yang berlaku s.d. tanggal 23 Juni 2016.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk lebih mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Jember, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unej.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment