Informasi Seleksi Kedokteran Universitas Tadulako Tahun Akademik 2015/2016

Posted by Online Consultant on Thursday, January 8, 2015

Untuk dapat melanjutkan studi ke bangku Perguruan Tinggi di Prodi Kedokteran bagi para pelajar SMA/MA sederajat terutama di wilayah Timur bisa memilih Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. Untuk sampai ke sana terdapat minimalnya 2 (dua) jalur seleksi, yakni Snmptn dan Sbmptn.

Tentunya para peminat harus juga tahu beberapa hal sebelum memutuskan bergabung ke sana. Contohnya terkait Kurikulum yang digunakan di FK Untad. Kurikulum Untad yang digunakan adalah kurikulum Tahun 2008. Kurikulum tersebut sesuai dengan perkembangan pendidikan ilmu kedokteran dan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Pada pelaksanaannya kurikulum ini menggunakan kurikulum yang sistematis, terintegrasi, pembelajaran berdasar atas penyelesaian masalah (problem based learning), dan melibatkan mahasiswa pada proses pembelajaran mandiri (student centered), dan memberikan pilihan luas kepada mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu yang diinginkan (elective).

Adapun tahapan pendidikan Kedokteran adalah di Untad bisa kami jelaskan sebagai berikut :

- Tahapan Pendidikan Sarjana Kedokteran. Pendidikan ini ditempuh selama 8 semester (161 satuan kredit semester)

Catatan :

Penyusunan Skripsi (4 SKS), mulai dari Proposal, Penelitian dan Seminar Hasil mulai di Programkan setelah mengikuti blok 13 yang diantaranya memuat metodologi penelitian dan penulisan karya ilmiah dan dinyatakan lulus dengan nilai minimal C. Sedangkan Ujian Skripsi dilaksanakan pada akhir semester 8.

- Tahapan Pendidikan Profesi Dokter Umum. Pendidikan ini ditempuh selama 4 semester (45 satuan kredit semester).



Jadwal Seleksi Masuk Kedokteran Universitas Tadulako Tahun 2015


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Untad Sekitar minggu ketiga Februari – akhir Maret 2015Proses Seleksi Sekitar awal April – akhir Mei 2015 Sekitar akhir Mei 2015
2 Sbmptn Untad Sekitar 12 Mei – 6 Juni 2015Sekitar 17 Juni 2015 Sekitar 16 Juli 2015

Sebagai info bahwa program studi pendidikan kedokteran Universitas Tadulako Palu dibuka sejak 2008. Selama tiga tahun hingga 2010, program studi ini setiap tahunnya merekrut 72 mahasiswa baru, namun masih menggunakan sistem lama, yakni 12 orang dari seleksi nasional dan 60 orang melalui seleksi mandiri.

Biaya perkuliahan pendidikan kedokteran saat itu yang hanya Rp 50 juta per orang bisa ditutupi oleh subsidi pemerintah mengingat kuota untuk mahasiswa lokal masih banyak. Saat ini tenaga pengajar di pendidikan kedokteran Universitas Tadulako Palu masih didatangkan dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Tadulako, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran Universitas Tadulako, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- untad.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment