Informasi Ujian Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2015/2016

Posted by Online Consultant on Tuesday, January 6, 2015

Panitia PMB Ujian Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta menerapkan 2 (dua) jenis seleksi masuk yaitu tes tertulis dan seleksi Bebas Test.

Materi tes tertulis meliputi mata ujian Agama Islam, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Tes Potensi Akademik (TPA), Logika Bahasa, Logika Numerik, Logika Gambar, Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, PKn/Tata Negara, Geografi, dan Sejarah/Antropologi. Calon mahasiswa non-Muslim tidak menempuh tes agama Islam.

Sedangkan jalur Bebas Tes, Calon mahasiswa yang memiliki NEM/UN dengan nilai rata-rata 8,0 atau lebih berhak dinyatakan lolos tes (tidak perlu mengikuti tes tertulis). Calon cukup mendaftar dengan memenuhi syarat pendaftaran dan dapat langsung melakukan registrasi. Jumlah calon yang bebas tes dibatasi oleh daya tampung, sehingga berlaku mekanisme siapa cepat dia dapat. Namun mekanisme bebas tes tidak berlaku untuk Program Studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa program studi lain.

Selanjutnya bagi calon mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Geografi, Fakultas Farmasi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi PAUD, dan Program Studi Pendidikan Geografi diharuskan menjalani tes kesehatan. Biaya tes kesehatan sebesar Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).

Peserta seleksi dengan pilihan Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Dokter Gigi diwajibkan berasal dari SMA/MA sederajat jurusan IPA. Peserta tes dengan pilihan Program Studi Kedokteran akan mendapat soal kelompok IPA, seprti jurusan-jurusan lainnya seperti Pend. Matematika, Pend. Biologi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Farmasi, Keperawatan (S1), Gizi (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Fisioterapi (S1), Fisioterapi (D4), Keperawatan (D3), Gizi (D3), Fisioterapi (D3), dan Informatika.

Penerimaan Ujian Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta sudah dibuka, para peminat bisa membuka situs resmi PMB Universitas Muhammadiyah Surakarta di regpmb.ums.ac.id.

Adapun alur pendaftaran maba UMS tahun 2015 bisa anda simak pada gambar di bawah ini :



Peminat Universitas Muhammadiyah Surakarta termasuk tinggi. Menurut Kepala Public Relations UMS, Dr Anam Sutopo, tingginya minat calon mahasiswa baru bahkan sampai meluas ke wilayah luar Jawa. Disebutkan Anam, beberapa waktu lalu pihaknya menerima permintaan untuk jemput bola calon mahasiswa di Banjarmasin, Pontianak dan Lampung.

Untuk tahun akademik 2014/2015 dari Banjarmasin misalnya, pihak UMS mendapat permintaan pendaftar sebanyak 74 orang, di Pontianak ada sekiar 150 orang dan di Lampung kira-kira 100 orang. Dari ketiga kota tersebut total ada sekitar 250an yang mendaftar. Tes sendiri kita formatnya paper base, jadi kami datang membawa soal.

Bahkan, pihak PMB UMS juga menerima permintaan dari Balikpapan. Hanya saja, lantaran jumlah peminat masih di bawah 50 orang, mereka belum bisa menyelanggarakan tes paper base di sana.


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Surakarta ini, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat menambah wawasan para peminat program studi kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- ums.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment