Latihan Soal Seleksi Kedokteran 2018

Posted by Online Consultant on Sunday, August 20, 2017

Pemerintah telah mengembangkan Sistem Jaminan Sosial Nasional. Tujuannya adalah untuk memberikan layanan kesehatan yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Hal ini merupakan wujud dari kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat luas.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, akibat dari kebijakan tersebut maka dibutuhkan dokter layanan primer dalam jumlah yang besar dan terdistribusi secara merata. Untuk itu, diperlukan program pendidikan dokter layanan primer. Program ini untuk memberikan kompetensi dokter komprehensif di bidang pelayanan kesehatan perseorangan tingkat pertama.

Mohammad Nuh mengatakan, peminat dalam bidang kedokteran semakin hari semakin banyak jumlahnya. Demikian pula jumlah lulusannya. Namun, menurut beliau, kenyataan saat ini distribusi dokter dan dokter layanan primer belum optimal. Banyak dokter di kota-kota besar sementara di tempat terpencil dan tertinggal sulit mendapatkan dokter, ini adalah hal yang ironis.

Program internship, sebagaimana diatur dalam RUU Pendidikan Kedokteran merupakan salah satu strategi yang tepat untuk dapat mengatasi masalah kekurangan dokter tersebut. Untuk inilah UU Pendidikan Kedokteran hadir memadukan sisi pendidikan dan pelayanan menjadi satu kesatuan kebijakan yang tak terpisahkan.

Masalah lain yang banyak dikeluhkan masyrakat adalah mahalnya biaya pendidikan kedokteran yang ditanggung oleh peserta didik. Isu tersebut harus diatasi melalui regulasi, peningkatan efisiensi dan sinergi, serta afirmasi dari pemerintah. Tujuannya, agar biaya pendidikan kedokteran tetap terjangkau oleh masyarakat secara nondiskriminatif sebagaimana diatur dalam UU Pendidikan Kedokteran.

Menurut Prof. DR. Mohammad Nuh, DEA, untuk mewujudkan pendidikan kedokteran yang terarah, terukur, dan terkoordinasi diperlukan strategi pendidikan kedokteran. Cakupannya di antaranya adalah seleksi peserta didik, proses pembelajaran, kurikulum, tenaga pendidik, rumah sakit pendidikan, pendanaan, dan lulusan. Hal tersebut agar dapat menghasilkan pembelajaran yang efisien, efektif, produktif, dan lulusan yang kompeten.

Terkait masalah seleksi kedokteran, pihak Kemdikbud yang diwaikili Dirjen DIKTI pun telah mengeluarkan surat edaran mengenai Kuota Kedokteran No. 576/E/HK/2013.

Selanjutnya bagi para siswa yang berminat mengikuti seleksi kedokteran tahun 2018, kami memberikan paket latihan soal gratis seleksi kedokteran, yang bisa diunduh via panduan links di bawah ini :


  1. Latihan Tes Potensi Akademik | silakan bisa diunduh disini
  2. Pembahasan Latihan Tes Potensi Akademik | silakan bisa diunduh disini
  3. Latihan Matematika Dasar | silakan bisa diunduh disini
  4. Pembahasan Latihan Matematika Dasar | silakan bisa diunduh disini


Semoga informasi mengenai Seleksi Kedokteran 2018 bisa memberikan manfaat yang signifikan kepada para pengunjung. Semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!



Sumber:

- Kemdikbud
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment