Profil Fakultas Kedokteran UGM Menuju Fakultas Riset Berkelas Dunia

Posted by Online Consultant on Monday, March 12, 2018

Universitas Gadjah Mada atau UGM yang berlokasi Kampus di Bulaksumur, Yogyakarta secara resmi didirikan 4 tahun pasca Republik Indonesia mencapai kemerdekaannya. Tepatnya pada tanggal 19 Desember 1949 berdirilah UGM sebagai Universitas yang bersifat nasional.

Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas, satu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), dan satu Sekolah Vokasi. Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Diantara 6 (enam) fakultas yang pertama kali didirikan, Fakultas Kedokteran merupakan Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946.

Untuk mengenal profil, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran PTN, Passing Grade Prodi Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Sekilas Profil, janis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta sejumlah Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan pada calon mahasiswa dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi kerja kami untuk anda yang bersumber pada informasi yang terpercaya. Semoga bisa membantu para pengunjung!


Program Studi yang dibuka di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada


Program Sarjana yang sudah dibuka di UGM adalah :


Prodi Kedokteran Reguler


Penjelasan tentang Prodi Kedokteran di bagian bawah artikel ini.


Prodi Kedokteran International


Pada program internasional, perkuliahan diselenggarakan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Demikian pula, kurikulum program internasional telah dirancang dalam kurikulum medis lima tahun dengan tambahan satu atau dua tahun untuk menjalankan program intership di rumah sakit. Pendaftar program internasional diseleksi melalui tes kognitif, non kognitif, dan tes kompetensi bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh FK UGM bekerja sama dengan IIEF (Indonesian International Education Foundation) Jakarta.

Tahapan Perkuliahan:

1. Program Pendidikan Sarjana (PPS)
- Lama studi 3,5 tahun
- Beban studi 156 SKS termasuk skripsi
- Lulusan diberi gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked)

2. Program Kepaniteraan Klinik (PKK)
- Lama studi 2 tahun setelah lulus Program Pendidikan Sarjana
- Beban Studi 35 SKS
- Lulusan diberi gelar dokter (dr) / Medical Doctor (MD)


Prodi Ilmu Keperawatan


Perawat merupakan tenaga kesehatan yang juga memiliki peran dalam mengatasi kesehatan bangsa. Melihat peluang ini, FK UGM mengemban tugas menghasilkan ners yang memiliki kemampuan akademik profesional untuk mengelola asuhan keperawatan yang berkualitas, baik di pelayanan kesehatan Rumah Sakit, masyarakat maupun institusi pendidikan dan kemampuan manajerial di bidang keperawatan yang handal, berstandar internasional, etis, humanis, dan berbudaya. Program Pendidikan Ners FK UGM meliputi program pendidikan akademik (sarjana keperawatan) dan program pendidikan profesi (ners).

Tahapan Perkuliahan

- Lama studi 11 semester (8 semester kegiatan kuliah dan 3 semester profesi/internship)
- Beban studi 147 SKS
- Lulusan diberi gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep/Ners)


Prodi Gizi dan Kesehatan



Program Studi Ilmu Gizi Kesehatan FK UGM dirancang untuk menghasilkan Sarjana Gizi Kesehatan yang mempunyai kemampuan ilmiah dan praktis dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan gizi. Pendidikan Dietetic Internship sebagai bagian dari proses pendidikan bertujuan menghasilkan tenaga profesi gizi yang bermoral dan berintegritas tinggi terhadap kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penanganan gizi.

Program ini ditujukan bagi lulusan SMA/MA sederajat. Selama pendidikan, mahasiswa harus menjalani perkuliahan dengan kurikulum 4 tahun penuh dan 1 tahun pendidikan profesi. Metode pengajaran meliputi kombinasi tutorial, latihan praktik di laboratorium, studi kasus, seminar, belajar mandiri, studi literatur, dan magang di rumah sakit atau Institusi Penyelenggara Makanan.

Tahapan Perkuliahan

- Lama studi yang ditempuh selama 10 semester (8 semester kegiatan perkuliahan dan 2 semester untuk program profesi)
- Beban studi 151 SKS
- Lulusan diberi gelar Sarjana Gizi (S.Gz) / Registered Dietitian (RD)


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran


FK UGM merupakan Fakultas Kedokteran paling senior di Indonesia yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946. Di usia 69 tahun pada tahun 2015 ini, FK UGM memiliki visi dan misi yang tidak bisa dipisahkan dengan Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada, yaitu menjadi Fakultas Kedokteran berkelas dunia, inovatif dan unggul mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

Tata kelola fakultas yang baik, transparan dan akuntabel merupakan hal yang sangat penting saat ini. Karena itu rencana strategis dan rencana operasional fakultas ditetapkan untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, yang merupakan panduan agar fokus pada tujuan dan dapat mengembangkan program prioritas yang komprehensif, terpadu, efektif dan efisien.

Upaya-upaya sinergis yang ditempuh antara lain melalui akselerasi FK UGM sebagai institusi pembelajaran berbasis riset, yang memiliki reputasi internasional di bidang pendidikan, riset dasar, klinik maupun translasional dan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan.

Upaya yang lainnya adalah penjaminan mutu internal. Penjaminan mutu internal senantiasa ditingkatkan baik di bidang akademik, administrasi, ataupun keuangan. Sistem Audit mutu internal di bidang akademik telah menjadikan FK UGM sebagai rujukan bagi institusi pendidikan kedokteran lainnya dalam pengelolaan kurikulum, organisasi pendidikan, dan proses pembelajaran. Inovasi dan upaya perbaikan di bidang kurikulum dan pembelajaran agar setiap lulusan mampu memenuhi Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), serta mampu bersaing di tingkat global dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan.

Pada tahun akademik 1992/1993, FK UGM mulai menerapkan kurikulum baru pendidikan dokter berdasarkan Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia (KIPDI) dengan strategi PBL (Problem-Based Learning) yaitu pembelajaran berdasarkan masalah.

Selanjutnya mulai tahun akademik 2003/2004, FK UGM mulai menerapkan kurikulum terintegrasi dalam 21 blok dengan strategi pembelajaran PBL. Tujuan pendidikan kedokteran tersebut adalah mendidik mahasiswa melalui proses belajar dengan menyelesaikan suatu kurikulum sehingga mempunyai cukup pengetahuan, ketrampilan, dan sikap untuk melakukan profesi kedokteran dala suatu sistem pelayanan yang sesuai dengan kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila.

Tahapan Perkuliahan:

1. Program Pendidikan Sarjana (PPS)
- Lama studi 3,5 tahun
- Beban studi 156 SKS termasuk skripsi
- Lulusan diberi gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked)
2. Program Kepaniteraan Klinik (PKK)
- Lama studi 2 tahun setelah lulus Program Pendidikan Sarjana
- Beban Studi 35 SKS
- Lulusan diberi gelar dokter (dr)
3. Program Internship

FK UGM menyelenggarakan program internship untuk prodi dokter mulai bulan Oktober 2009 selama 2 bulan. Program ini untuk lulusan dokter baru dan bertujuan memberikan kesempatan untuk praktik sebagai dokter di puskesmas dan di rumah sakit tipe C atau D. Lulusan mendapat sertifikat telah mengikuti internship.


Visi Prodi Kedokteran


Menjadi fakultas riset kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat, dengan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa melalui proses yang rasional, efisien, terintegrasi, berkesinam- bungan dengan penerapan prinsip tata kelola yang baik dengan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan bertanggung jawab.


Misi Prodi Kedokteran


- Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berkelas dunia berlandaskan kearifan lokal.
- Mengembangkan dan memperkuat manajemen fakultas yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik (Good Faculty Governance).
- Meningkatkan kesejahteraan segenap sivitas akademika yang bercirikan profesionalitas.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah bernilai A, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 024 Tahun 2010 yang berlaku s.d. November 2015.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Akreditasi BAN-PT Kemdikbud Jurusan-jurusan di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada


No.WilayahStrataPerguruan TinggiProgram StudiNo.SKThn.SKPeringkatTgl. DaluwarsaStatus Daluwarsa
01 05 S1 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Gizi Kesehatan 027 2009 B 11-09-2014 Kadaluarsa
02 05 S1 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Ilmu Keperawatan 018 2010 B 17-09-2015 masih berlaku
03 05 S1 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Pendidikan Dokter 024 2010 A 05-11-2015 masih berlaku


Fakultas Kedokteran UGM Resmi Berganti Nama Menjadi FKKMK UGM

Fakultas Kedokteran UGM telah resmi berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) pada sidang pleno di FK UGM pada bulan Oktober 2017 lalu.

Hal ini diperkuat dengan persetujuan hukum dari Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) UGM nomor 3 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan MWA nomor 4/SK/MWA/2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola UGM pada November 2017.

Dekan FKKMK UGM, Ova Emilia, mengatakan perubahan nama tersebut dilatarbelakangi adanya perkembangan ilmu yang semakin maju. Perubahan nama dilakukan sebagai cerminan multidisiplin dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di FKKMK. Dengan diubahnya nama tersebut, maka dapat mewadahi semua civitas di FKKMK UGM.

Pada awalnya FKKMK merupakan Ilmu Kedokteran dan disusul masuknya ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, dan Keperawatan sehingga pergantian nama ini untuk mengakomodasi seluruh kegiatan akademik di dalamnya. Hingga saat ini, FKKMK memiliki 32 departemen dan telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di berbagai wilayah nusantara dan penjuru dunia.

Untuk mengenal secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Passing Grade Program Studi Kedokteran, Sekilas Profil, Jenis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami berikan bisa mempermudah para calon peserta seleksi kedokteran Universitas Gadjah Mada tahun akademik 2018/2019, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- ugm.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment