Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Indonesia (UI). Universitas Indonesia merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Indonesia. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Ibukota RI. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merupakan fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. FKUI meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2014.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran UI

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran UI ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Visi Program Studi Pendidikan Dokter | Menghasilkan dokter dengan wawasan dan kualitas global, mampu menjadi agen perubahan (agent of change) serta beretika tinggi, melalui pengalaman istimewa (infinite experience) dalam kerangka Sistem Akademik Kesehatan.
  2. Penyelenggaraan pendidikan | Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang menghasilkan lulusan terbaik dengan menyediakan akses yang luas dan adil serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas serta melalui pelaksanaan penelitian kedokteran dan pendidikan kedokteran sesuai kualifikasi mahasiswa tahap akademik dan profesi dengan benchmarking nasional dan internasional.
  3. Kurikulum Fakultas | FKUI merupakan kurikulum pendidikan dokter modern yang menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered), berbasis masalah (problem based), terintegrasi horisontal dan vertikal (integrated), berbasis komunitas(community based), memungkinkan paparan terhadap setting klinik lebih awal (early clinical exposure), memberikan pilihan luas kepada mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu yang diinginkan (elective), dan pelaksanaan yang sistematis (systematic).
  4. Tujuan pendidikan dokter | Tujuan pendidikan dokter di FKUI adalah menghasilkan dokter layanan primer yang mawas diri dan terampil dalam pendekatan holistik, komprehensif, kolaboratif, bersinambung berbasis pencegahan dengan kemampuan pengolahan informasi serta aplikasinya dalam manajemen kesehatan dan berperan sebagai agen pembaharu.

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran UI

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran UI beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum 0657/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2019 A 2024-11-29 Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0658/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/201 A 2024-11-29 Unduh Dokumen

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran UI

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UI ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id
Mandiri (SIMAK UI) 24 Mei – 27 Juni 2022 2 – 4 Juli 2022 (metode daring) -- 14 Juli 2022 simak.ui.ac.id

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran UI. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran UI

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UI ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UI
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UI

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran UI

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dikatakan merupakan fakultas kedokteran tertua dan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. FKUI meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2014. FKUI memiliki komitmen kuat untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan kedokteran dengan menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional yang berbasis kompetensi sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Rencana strategis (Renstra) secara terarah dan sistematis memandu FKUI untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, serta memperbaiki sistem manajemen pendidikan.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (UI) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ui.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments