Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Jambi

Fakultas Kedokteran Universitas Jambi (Unja), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Jambi (Unja). Universitas Jambi merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Jambi. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Jambi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi resmi didirikan pada tanggal 10 Oktober 2012 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Jambi Nomor 748/UN21/DT/2012 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jambi (Unja).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran Unja

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Unja ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Visi Prodi | Pada tahun 2025 Menjadi program studi Kedokteran yang bermutu, kompetitif dan berwawasan entrepreneurship secara nasional.
  2. Misi Prodi | Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada pendidikan kedokteran dan kesehatan nasional dan global berwawasan entrepeneurship sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran (Iptekdok).
  3. Tujuan Prodi | Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa mandiri dan profesional serta mempunyai keunggulan di bidang layanan kesehatan primer.
  4. Sasaran Prod | Persentase kelulusan dokter yang kompeten dalam pelayanan kesehatan primer dan Pemenuhan SDM yang berkompeten serta sarana dan prasarana yang mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran Unja

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unja ini. Fasilitas Penunjang tersebut diantaranya sebagai berikut :

Fasilitas atau Sarana dan prasarana yang dimiliki FKIK UNJA antara lain berupa lahan kampus seluas lebih kurang 3,5 hektar yang merupakan hibah dari Pemerintah Daerah Provinsi Jambi dengan fasilitas gedung kantor dan ruang kuliah yang memadai. Ruang kelas, ruang tutorial dan laboratorium yang nyaman tersedia dalam jumlah yang cukup di kampus FKIK UNJA, dengan dilengkapi sarana penunjang modern termasuk akses internet.

Lokasi FKIK UNJA berdampingan dengan rumah sakit pendidikan RSU Raden Mattaher milik Pemda Jambi. Secara keseluruhan antara FKIK UNJA dan RSU Raden Mattaher merupakan satu komplek besar, dimana FKIK UNJA sebagai pusat pendidikan kedokteran dan RSU Raden Matthaher dijadikan sebagai rumah sakit pendidikan (Rumah Sakit Kualifikasi B Pendidikan) disamping fungsi utamanya sebagai rumah sakit umum daerah.

Kampus FKIK memiliki fasilitas ruang dosen mengikuti ketentuan yang berlaku dengan luas total ruang dosen adalah 148,19 m2 yang terdiri dari 3 ruangan di FKIK UNJA, masing-masing berukuran : 4×8 m, 7×8 m dan 9×8 m. Dengan detail berupa ruang perorangan yang bersekat berukuran 2m2 dan dilengkapi dengan alat pendukung yang diperlukan (mebelair).

Untuk di rumah sakit pendidikan, terdapat ruang untuk dosen terdiri dari 3 ruangan yaitu di bagian saraf 4×3 m, di bagian ilmu penyakit dalam 6×5 m dan bagian ilmu kesehatan anak 6×5 m. Di setiap ruang dosen baik ruangan di FKIK UNJA dan di RS Pendidikan telah memiliki AC (Air Conditioner) maupun mebeulair. Akses internet hanya ada di ruangan dosen di FKIK UNJA. Untuk komputer di ruang dosen FKIK UNJA tersedia satu unit, sedangkan di ruang dosen di RS Pendidikan masing-masing tersedia 1 buah laptop. Untuk lemari buku juga tersedia di semua ruang dosen di RS Pendidikan.

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran Unja

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Unja beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsaKeterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum 0014/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2018 B 2023-01-26 fkik.unja.ac.id
Profesi Dokter 0015/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2018 B 2023-01-26 fkik.unja.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran Unja

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unja ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Unja. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran Unja

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Unja ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unja
  2. Pembahasan | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Unja

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran Unja

Semua Program Studi (Prodi) Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan (FKIK) Universitas Jambi (Unja) terakreditasi B. Prodi Psikologi merupakan prodi terakhir yang memperoleh akreditasi B dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang dikeluarkan pada tanggal 31 Oktober 2019.

Sebagai informasi tambahan, bahwa Prodi yang telah meraih akreditasi terlebih dahulu yaitu Prodi Kedokteran pada tahun 2017, prodi Pendidikan Dokter juga pada tahun 2017, Prodi Keperwatan pada tahun 2018 kemudian Prodi Ners juga ditahun 2018.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Jambi (Unja) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- Unja.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments