Soal Kedokteran

Mengenal Profil Jurusan Kedokteran Universitas Riau

Universitas Riau atau UR dulu disingkat UNRI, bermula dari keinginan dan cita-cita bersama antara masyarakat dan pemerintah daerah Riau untuk memiliki Perguruan Tinggi Negeri. Keinginan ini diwujudkan dengan membentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggu Riau (P3TR) di Tanjung Pinang. Namun, setelah ibukota propinsi Riau pindah ke Pekanbaru, maka Panitia ini dipindahkan ke kota ini. Diantara pelopor pendirian itu ialah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abdurrahman, Soesman Hs. dan Drs. Sutan Balia.

Fakultas Kedokteran merupakan salah satu Fakultas di lingkungan Universitas Riau (UR). Pada mulanya fakultas kedokteran Universitas Riau (FK Unri) bernama Program Pendidikan Dokter Universitas Riau (PPD Unri) yang memulai kegiatan proses belajar mengajar sejak keluarnya Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Unri No.3082/D/T/2001.

Pada tanggal 25 September 2001 oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi. Dengan dikeluarkannya SK tersebut, maka pada tahun akademik (TA) 2001/2002, PPD Unri menerima 62 orang mahasiswa yang diseleksi melalui UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negri) Khusus dan PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) untuk seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau. Kuliah perdana PPD Unri dilaksanakan di Aula Gubernuran Provinsi Riau pada tanggal 3 September 2001 yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau H.Saleh Djasit, SH, sedangkan kuliah umum diberikan oleh Prof.dr.H.Khamardi Thalut, SpB, yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) Padang dan juga merupakan ketua Tim Asistensi PPD Unri.

Kegiatan perkuliahan dan praktikum serta kegiatan administratif tadinya dilaksanakan di kampus Bina Widya Unri, Simpang Baru dan di Kompleks RSUD Provinsi Riau. Namun Semenjak TA 2003/2004 seluruh kegiatan sudah dilaksanakan di kampus baru PPD Unri Jalan Diponegoro No.1 Pekanbaru yang dibangun oleh Pemprov Riau. Kampus baru ini diresmikan oleh Gubernur Riau H.Saleh Djasit, SH pada tanggal 8 Agustus 2003 dan mulai digunakan secara resmi pada tanggal 23 September 2003.

Upaya merintis pendirian FK UR diawali dengan ditandatanganinya kerjasama antara Unri dengan Kantor Wilayah Departemen Kesehatan (Kanwil Depkes) Provinsi Riau pada tanggal 26 Januari 1999. Kemudian pada tanggal 26 Juni 1999 ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) suatu kerjasama tripartid antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Unri dan Unand khususnya Fakultas Kedokteran pada Tanggal 22 Januari 2000. Sebagai tindak lanjut pada tanggal 27 Januari 2000 ditandatangani MoU antara Unri dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Riau.

Sejumlah Rapat Kerja (raker) dengan bimbingan Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan (KDIK) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dilakukan sebagai persiapan pendirian PPD Unri. Selain melaksanakan raker juga diadakan visitasi. Untuk persiapan visitasi dan pendirian PPD Unri maka Prof.dr.Foedil Oenzil, PhD, yang berasal dari FK Unand ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas. Ketua PPD Unri berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Riau Nomor 196/J19/KP/2001 Tanggal 13 Juni 2001 tentang pengangkatan Prof.dr.Foedil Oenzil, PhD sebagai Ketua PPD Universitas Riau.

Pada tanggal 20 April 2004 Dirjen Dikti Prof.dr.Satryo Soemantri Brojonegoro berkesempatan langsung meninjau kampus baru dan proses penyelenggaraan pendidikan PPD Unri menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri). Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Riau Nomor 190/J19/AK/2004 tanggal 15 Desember 2004 tentang Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Riau Nomor 22/J19/KP/2005 Tanggal 26 Januari 2005 tentang pengangkatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Untuk pengembangan FK Unri, dijalin suatu kerjasama dengan berbagai pihak antara lain dengan Universitas Andalas, Pemprov Riau, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, RSUD Provinsi Riau, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Dinkes Kota Pekanbaru, RS Jiwa Pekanbaru, RSUD Bangkinang, RSUD Rengat RSUD Dumai, RSUD Tanjung Pinang, Puskesmas Rumbai, Puskesmas Air Tiris, National University Of Singapore (NUS), dan Muscat Co.Ltd. Suatu perusahaan non pemerintah dari Negara Jepang.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Riau



Visi Prodi Kedokteran


Visi FK Universitas Riau adalah Menjadi fakultas penghasil profesional pelayanan, pendidikan, dan penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan dengan keunggulan mengacu pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Riau yang mampu bersaing secara global pada tahun 2020.


Misi Prodi Kedokteran


Misi FK Universitas Riau yaitu Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian kesehatan yang berkualitas, serta menerapkan ilmu dan teknologi dalam bidang kedokteran dan kesehatan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai B, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 023 Tahun 2011 yang berlaku s.d. 09 September 2016.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Riau, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unri.ac.id

Post a Comment

0 Comments