Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UIN Alauddin

Fakultas Kedokteran UIN Alauddin Makassar belum lama berdiri. Program Studi Pendidikan Dokter yang digagas sejak masa kepemimpinan Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, MA. sebagai rektor UIN Alauddin masih cukup baik (C) peringkatnya, pun pula Profesi Dokter. Hal tersebut tentu saja sangat wajar, karena masih sangat muda, perlu kiranya diinventarisasi kendala yang dihadapi Prodi-prodi dimaksud dalam persiapan reakreditasi

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin, berdasar pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemendikbud Ristek, yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Peringkat Akreditasi yang kami sosialisasikan terutama untuk Jenjang Sarjana Program Studi Pendidikan Dokter. Di samping itu Jenjang Profesi untuk Dokter di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Islam Negeri Alauddin

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsa Keterangan
Sarjana (S-1)Pendidikan Dokter 0233/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2019C2024-05-24 fkik.uin-alauddin.ac.id
Profesi Dokter 0234/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2019C2024-05-24 fkik.uin-alauddin.ac.id

Dari 60 Prodi yang dimiliki UIN Alauddin, hingga kini hanya lima Prodi yang telah terakditasi A, 35 Prodi Terakreditasi B, dan 15 Prodi terakreditasi C. Inilah yang membuat Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar, Prof Dr Mardan MAg terjun langsung ke fakultas- fakultas guna melakukan motivasi dan evaluasi dan rencana reakreditasi.

Tujuannya agar Prodi yang masih memiliki nilai Akreditasi C meningkat menjadi Akreditasi B, begitupun dengan prodi yang sudah terakreditasi B untuk melakukan persiapan reakreditasi agar terakreditasi A. Ini juga langkah persiapan reakreditasi institusi yang saat ini B menjadi A.

Di FKIK ada dua Prodi Starata Satu yang masih terakreditasi C yaitu Prodi Kedokteran dan Prodi Kebidanan. Prof Mardan melakukan evaluasi persiapan sekaligus juga menginventarisasi kendala yang dihadapi Prodi dimaksud dalam persiapan reakreditasi.

Prodi yang masih terakreditasi C di FKIK ditargetkan melakukan pendaftaran reakreditasi di Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMKES) sebelum bulan Maret mendatang.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran UIN Alauddin yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uin-alauddin.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments