Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya

Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya), kampusnya beralamat di Jl. Raya Rungkut, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Surabaya (Ubaya), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang proses pembentukannya sejatinya melalui perjalanan yang cukup panjang.

Cita-cita mulia untuk mendirikan fakultas kedokteran diinisiasi oleh Rektor UBAYA pada 2002 atas keinginan untuk turut serta memberikan sumbangan terbaik bagi bangsa dan turut berpartisipasi aktif meningkatkan derajat kesehatan melalui Pendidikan Kedokteran, menjadi landasan dari cita-cita mulia tersebut.

Menristekdikti melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 131/KPT/I/2015 tanggal 29 Maret 2016 menetapkan pembukaan PSPD FK-UBAYA yang diselenggarakan oleh Yayasan Universitas Surabaya. Keputusan tersebut ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Peraturan Rektor Universitas Surabaya Nomor 104 Tahun 2016 pada tanggal 30 Maret 2016 tentang Pembentukan Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya. Dengan peraturan tersebut, FK-UBAYA menjadi fakultas ke-8 yang sekaligus menjadi yang termuda di lingkungan Universitas Surabaya (UBAYA).

Dalam proposalnya, pendirian FK-UBAYA dilandaskan pada keinginan untuk memenuhi berpartispasi dalam pembangunan kesehatan utamanya pemenuhan kebutuhan akan tenaga dokter di Indonesia, khususnya bagian timur. Untuk menyiapkan diri menghadapi tuntutan kemajuan ilmu kedokteran dan persaingan institusi pendidikan kedokteran, FK-UBAYA mencoba membangun keunggulannya di bidang kedokteran herbal (herbal medicine). Pemilihan bidang ini didukung oleh keberadaan Fakultas Farmasi yang saat itu telah sangat berkembang dan menjadi salah satu rujukan pendidikan kefarmasian di Indonesia. Selain itu, bidang lain yang diharapkan dapat mendukung keunggulan tersebut.

Teknologi kedokteran dianggap oleh FK-UBAYA sebagai salah satu upaya untuk menjawab tantangan era industri 4.0, dengan memberikan pengalaman belajar untuk mengembangkan kemampuan literasi teknologi bagi dokter lulusannya. Melengkapi kompetensi yang ada, lulusan dokter juga akan mendapatkan kesempatan untuk memasuki fase pendidikan antar profesi kesehatan (interprofesional education), agar kelak siap menjadi bagian dari tim kolaborasi dalam pelayanan kesehatan.

Mengawali beroperasinya di tahun akademik 2016-2017, FK-UBAYA saat itu telah memiliki 21 orang dosen dan 13 orang tenaga kependidikan. Sebanyak 140 orang calon mahasiswa telah mengajukan diri untuk menjadi mahasiswa angkatan pertama, namun hanya 50 orang saja yang dapat diterima sesuai kuota yang telah ditetapkan oleh Kemenristekdikti.

Berbagai upaya pengembangan terus dikerjakan, seperti penambahan laboratorium biomedik, pengembangan clinical skills lab (CSL), sehingga memenuhi syarat untuk menjadi lokasi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) nasional. Demikian pula untuk laboratorium komputer, dikembangkan menjadi Computer-Based Test (CBT) center bertaraf ujian nasional. Fasilitas pendukung pencapaian keunggulan di bidang kedokteran herbal disediakan berupa Botanical Garden beserta Animal Lab yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas penelitian. Berbagai upaya kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan maupun non pendidikan juga ditingkatkan untuk memperluas akses yang bertujuan meningkatkan kapasitas institusi maupun sumber daya manusia (SDM).

Visi Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya

“Menjadi Fakultas Kedokteran yang terdepan dan unggul pada tingkat nasional, berbasis riset inovatif, teknologi kedokteran terkini, dan wawasan kedokteran herbal”

Misi Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran untuk menghasilkan dokter sesuai dengan SKDI yang memiliki kekhasan pada wawasan kedokteran herbal untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  2. Mengembangkan riset kedokteran yang inovatif, berkualitas, dan terkini dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk mengembangkan Tri Dharma yang akan mendorong kemajuan Institusi.
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik (good university governance – GUG) untuk mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi.

Tujuan Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya

  1. Dihasilkannya dokter yang bermutu dan kompeten dengan wawasan kedokteran herbal serta memiliki nilai-nilai kebangsaan dan multikultur, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  2. Dikembangkannya riset yang inovatif, berkualitas dan terkini sebagai bentuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran untuk meningkatan kualitas hidup masyarakat.
  3. Ditingkatkannya kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mengembangkan Tri Dharma yang akan mendorong kemajuan Institusi.
  4. Terselenggaranya tata kelola institusi yang baik (good university governance – GUG) sesuai dengan prinsip-prinsip mutu untuk mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi.

Bidang Kerja

  • Dokter umum di praktek pribadi, puskesmas, rumah sakit pemerintah dan swasta
  • Pejabat struktural di layanan primer, sekunder dan tertier di bidang kesehatan
  • Dokter militer dan kepolisian
  • Melanjutkan studi ke pendidikan spesialis, ilmu dasar kedokteran dan kesehatan masyarakat
  • Mendalami bidang pendidikan kedokteran (medical education).

Kurikulum

Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya menganut sistem blok, dimana mata kuliah disusun dan disajikan sepanjang 16 pekan dalam blok satuan waktu.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya terdiri dari 2 tahap yaitu tahap akademik yang menghasilkan sarjana kedokteran dan tahap pendidikan profesi dokter atau tahap profesi yang akan diakhiri dengan pemberian gelar dokter.

Tahap akademik ditempuh selama 8 semester (152 sks) yang terdiri dari pendidikan kedokteran dasar dan ilmu kedokteran terintegrasi yang disusun dalam modul-modul yang diberikan sejak semester 1 hingga semester 8. Setiap semester diisi oleh mata kuliah yang dilaksanakan dengan sistem blok dan mata kuliah yang dilaksanakan dengan sistem perkuliahan biasa (non blok).

Tahap selanjutnya adalah Tahap pendidikan profesi dokter yang terdiri rotasi klinik I dan rotasi klinik II selama 4 semester (semester 9 hingga semester 12). Tahap pendidikan profesi dokter ini merupakan tahap kepaniteraan klinik yang dilaksanakan di Rumah Sakit pendidikan dan rumah sakit jejaringnya serta wahana kesehatan lainnya. Rotasi akan dilaksanakan pada setiap departemen/ bagian dalam rumah sakit dan pelayanan masyarakat. Dalam hal ini pencapaian kompetensi dicapai dengan menggunakan pasien dnegan supervisi dokter spesialis sebagai dosen pengampunya.

Kompetensi Lulusan Pendidikan Dokter

  • Mampu melaksanakan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke Tuhanan, moral luhur, etika, disiplin, hukum dan sosial budaya (Profesionalitas yang luhur).
  • Mampu melakukan pratik kedokteran dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, mengembangkan diri, mengikuti penyegaran dan peningkatan pengetahuan secara berkesinambungan serta mengembangkan pengetahuan demi keselamatan pasien (Mawas diri dan pengembangan diri)
  • Mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien segala usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain (Komunikasi efektif)
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan dalam praktek kedokteran (Pengelolahan informasi).
  • Mampu menyelesaikan masalah kesehatan berdasarkan landasan ilmu-ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapatkan hasil yang optimal (Landasan ilmiah ilmu kedokteran)
  • Mampu melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain (Keterampilan klinis)
  • Mampu mengelola masalah kesehatan individu, keluarga maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer (Pengelolahan masalah kesehatan).

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Surabaya (Ubaya) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- kemdikbud.go.id
- ubaya.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments