Soal Kedokteran

Akreditasi dan Profil Pendidikan Kedokteran USU

Setiap tahunnya Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara ini begitu diserbu oleh sejumlah besar peminat yang bercita-cita pengen jadi dokter, terutama mereka yang berasal dari wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Dari berbagai jenis seleksi yang diikuti dan atau diselenggarakan oleh PTN ini senantiasa tidak pernah sepi dari animo yang menginginkan bekerja sebagai profesi dokter, profesi yang menjanjikan dan tentu saja membanggakan karena bisa penuh dengan pengabdian. Meskipun persaingan di jurusan Kedokteran Universitas ini termasuk tinggi / ketat, disamping punya passing grade yang lumayan tinggi sekitar 60 % namun tak mengendurkan semangat mereka yang ingin mengecap bangku kuliah di Prodi Kedokteran Universitas Harapan.

Untuk mengenal profil Universitas Sumatera Utara, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran USU, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, janis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta sejumlah Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan pada calon mahasiswa dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi kerja kami untuk anda yang bersumber pada informasi yang terpercaya. Semoga bisa membantu para pengunjung!


Program Studi yang dibuka di Fakultas Kedokteran Universitas USU



  1. Pendidikan Dokter
  2. Biomedik
  3. Ilmu Kedokteran Tropis
  4. Ilmu Kedokteran
  5. Ilmu Anastesi
  6. Ilmu Bedah
  7. Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan
  8. Ilmu Kehakiman Kedokteran
  9. Ilmu Kesehatan Anak
  10. Ilmu Patologi Anatomi
  11. Ilmu Patologi Klinik
  12. Ilmu Pencintraan (Radiologi)
  13. Ilmu Penyakit Dalam
  14. Ilmu Penyakit Jiwa
  15. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin
  16. Ilmu Penyakit Mata
  17. Ilmu Penyakit Paru
  18. Ilmu Penyakit Syaraf
  19. Ilmu Penyakit T.H.T.




Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran USU



Misi Prodi Kedokteran


Mewujudkan Fakultas Kedokteran USU pada tahun 2014 menjadi institusi pendidikan kedokteran terdepan menuju centre of excellence dalam bidang kedokteran tropis (tropical medicine) dan penyakit keganasan (oncology) di Indonesia.


Visi Prodi Kedokteran



1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang professional, beretika dan berbasis kompetensi.

2. Mengembangkan kurikulum pendidikan yang berbasis kompetensi dengan pendekatan kedokteran keluarga (community medicine).

3. Memusatkan pendalaman pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam pelayanan kesehatan primer dengan penguatan pada penyakit tropis dan penyakit keganasan.

4. Membangun kerjasama dengan institusi lain dalam bidang kedokteran tropis dan penyakit keganasan.

5. Meningkatkan, melengkapi sarana dan prasarana yang memperkuat proses pembelajaran dan penelitian yang berhubungan dengan kedokteran tropis dan penyakit keganasan.



Pencapaian Universitas


Penghargaan Nasional

1. Peringkat 6 Terbaik Perguruan Tinggi Indonesia (Januari 2011) versi 4International College and Universities (4ICU) (www.4icu.org)
2. TeSCA (Telkom Smart Campus Award) Nominees 2009 (Oktober 2009)
3. 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia versi Majalah Tempo (2009)


Penghargaan Internasional

1. 2011 Best New Site Award for OpenCourseWare Exellence (Mei 2011) - OpenCourseWare Consortium (www.ocwconsortium.org)
2. 100 Besar World Institutional Repositories (Januari 2011) - Webometrics (www.repositories.webometrics.info)
3. Peringkat 1.056 World Universities (Januari 2011) - Webometrics (www.webometrics.info).


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Berikut Akreditasi Prodi Kedokteran, sementara prodi-prodi lainnya di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara tampaknya masih dalam proses.

No.WIL.StrataPerguran TinggiProgram StudiNo.SKThn.SKPeringkatTgl. Daluwarsa Status Daluwarsa
1 01 S1 Universitas Sumatera Utara, Medan Pendidikan Dokter 151/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013 2013 B 29-06-2018 masih berlaku


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengenal secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Passing Grade Program Studi Kedokteran, Sekilas Profil, Jenis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami berikan bisa mempermudah para calon peserta seleksi kedokteran tahun akademik 2015/2016, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- usu.ac.id

Post a Comment

0 Comments