Soal Kedokteran

Latihan Soal Seleksi Kedokteran Tahun Akademik 2023/2024

Untuk membantu para calon mahasiswa/i seleksi kedokteran PTN atau kedokteran PTS pada tahun akademik 2023/2024, kembali kami mencoba mempublikasikan Latihan Soal Seleksi Kedokteran PTN/PTS untuk mempersiapkan Seleksi Kedokteran Tahun Akademik 2023/2024.

Materi ujian Latihan Soal Seleksi Kedokteran Tahun Akademik 2023/2024 yang kami publikasikan diantaranya terdiri dari Matematika Dasar, Biologi, Tes Potensi Akademik (TPA), dan Psikotes.

Mata pelajaran Matematika Dasar untuk seleksi kedokteran dianggap salah satu materi yang terpenting. Ruang lingkup materi matematika dasar tampaknya tidaklah berbeda dengan yang sudah pernah dipelajari di sekolah menengah seperti persamaan, ketaksamaan, nilai mutlak, logaritma, eksponen, dan lain-lain. Mahasiswa/i fakultas kedokteran harus memiliki keterampilan dasar yang cukup kuat (baik) dalam bidang matematika, sehingga mahasiswa tidak akan mengalami kesulitan saat harus melakukan pemecahan masalah yang berhubungan dengan matematika di FK.

Selain itu, Mata pelajaran Biologi juga dianggap salah satu materi yang terpenting. Pada dasarnya, tugas seorang dokter adalah berperan sebagai ahli biologi manusia. Oleh karena itu, seorang dokter harus paham benar bagaimana keadaan normal dari manusia sehingga ia dapat menentukan sejauh mana kondisi kesehatan pasien. Proses inilah yang dikenal sebagai diagnosis.

Dan tentu Mata pelajaran Tes Potensi Akademik juga merupakan mapel yang penting, dan sering dikatakan bahwa Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan. Tes Potensi Akademik (TPA) sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada GRE. Graduate Record Examination atau GRE merupakan sebuah tes standar yang diambil agara dapat masuk ke sekolah graduate di Amerika Serikat. Tes tersebut mirip dengan SAT. Keduanya diadminister oleh Educational Testing Service dan memiliki pertanyaan dengan format yang serupa, meskipun GRE dirancang oleh Papan Kolese dan ditujukan untuk tingkat pendidikan yang berbeda.


- Keterangan : SAT (Scholastic Aptitude Test atau Scholastic Assessment Test) merupakan tes standar untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi di Amerika Serikat. SAT dimiliki, diterbitkan, dan dikembangkan oleh Dewan Sekolah Tinggi, sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat.

Dan biasanya pada seleksi FK PTN atau PTS, Mata pelajaran Psikotes juga sering diteskan. Tes psikologi atau psikotes merupakan bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu.

Selanjutnya bagi para siswa yang berminat mengikuti seleksi kedokteran PTN atau kedokteran PTS pada tahun akademik 2023/2024, kami memberikan paket latihan soal gratis seleksi kedokteran, yang bisa diunduh pada panduan links di bawah ini :

Materi Ujian yang bersifat Umum untuk Fakultas Kedokteran PTN/PTS

  1. Latihan Matematika Dasar | silakan Download
  2. Pembahasan Latihan Matematika Dasar | silakan Download
  3. Latihan Biologi | silakan Download
  4. Pembahasan Latihan Biologi | silakan Download

Materi Ujian yang bersifat Khusus untuk Fakultas Kedokteran PTN/PTS

  1. Latihan Tes Potensi Akademik | silakan Download
  2. Pembahasan Latihan Tes Potensi Akademik | silakan Download
  3. Latihan Psikotes | silakan Download
  4. Pembahasan Latihan Psikotes | silakan Download

Selanjutnya untuk Data Latihan Soal Seleksi Kedokteran Tahun Akademik 2024/2025 yang lengkap, silakan Anda akses Laman Latihan Soal Seleksi Kedokteran Tahun Akademik 2024/2025, melalui link Latihan Soal Seleksi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Tahun Akademik 2024/2025.

Semoga informasi mengenai Seleksi Kedokteran Tahun Akademik 2023/2024 bisa memberikan manfaat yang signifikan kepada para calon mahasiswa di lingkungan fakultas kedokteran PTN/PTS di Indonesia. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments