Soal Kedokteran

Seleksi Prodi Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah TA 2015/2016

Untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, para calon mahasiswa harus menempuh seleksi atau ujian yang digelar di UIN Jakarta ini.

Untuk mengenal Macam-macam Seleksi Kedokteran di UIN Jakarta, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!


Seleksi Nasional


Snmptn


Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah bergabung dengan sistem PMB nasional yang bernama Snmptn sudah sekitar 5 tahunan. Universitas ini merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Selain diikuti oleh Universitas ini, Snmptn juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang melibatkan lebih kurang 62 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.



Sbmptn


Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas ini juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya.

Bentuk penerimaan mahasiswa baru tersebut merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Universitas ini menyelenggarakan / mengikuti sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan tujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pola seleksi ini juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian tertulis yang diberikan kepada para peserta adalah TKPA atau Tes Kemampuan dan Potensi Akademik, TKD Saintek atau Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dan TKD Soshum atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora.

Sedangkan Materi ujian keterampilan terdiri dari Tes Keterampilan mencakup bidang Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni, Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), serta Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).

Sementara Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan dapat berupa Tes Kesehatan dan Tes Kemampuan Fisik.



Seleksi yang secara khusus digelar oleh Universitas


Selain kedua jalur nasional di atas, UIN juga membuka seleksi mandiri yang dikenal dengan nama Spmb Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- uinjkt.ac.id

Post a Comment

0 Comments