Soal Kedokteran

Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau Unika Atma Jaya (UAJ) terdapat di Jakarta dan berdiri pada tanggal 1 Juni 1960 yang didukung oleh Yayasan Atma Jaya. Unika Atma Jaya (UAJ) bermula dari gagasan yang dibahas pada rapat para Uskup se-Jawa pada Juni 1952. Dalam pertemuan itu diutarakan kemungkinan pembentukan suatu perguruan tinggi Katolik di Indonesia. Di Jakarta gagasan itu terwujud sejak didirikannya Yayasan Atma Jaya oleh sekelompok cendekiawan muda Katolik pada tanggal 1 Juni 1960.

Pada awal berdirinya, Unika Atma Jaya dibantu oleh para suster Ursulin, dengan menyediakan ruang kuliah di kompleks persekolahan Ursulin, di Jalan Lapangan Banteng Utara dan kompleks Santa Theresia, Menteng. Sejak tahun 1967, Atma Jaya berangsur-angsur menempati kampus di Jalan Sudirman yang terkenal dengan nama kampus Semanggi. Selanjutnya menempati kampus Pluit, di Jakarta Utara untuk Fakultas Kedokteran (FK), Rumah Sakit Atma Jaya (RSA), dan Rumah Duka Atma Jaya.

Secara terminologi Atma Jaya berarti Rohlah yang jaya. Roh yang jaya memberi semangat untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan. Keunggulan akademis dan lulusan professional adalah orientasi utama.


Dalam perkembangannya Unika Atma Jaya telah memiliki delapan fakultas dengan tujuh belas program studi untuk program sarjana (S1) dan Program Pasca Sarjana dengan tujuh program magister: Magister Manajemen (MM) dan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) pada tahun 1992, Magister Profesi Psikologi pada 2005, Magister Bioteknologi pada 2011, Magister Sains Psikologi, Magister Ilmu Hukum pada 2012 dan Magister Teknik Mesin pada 2013 serta satu program doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) pada tahun 2002.

Sedangkan untuk program sarjana (S1) adalah Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) berdiri pada tahun 1960, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Teknik (FT) tahun 1961, Fakultas Hukum (FH) tahun 1965, Fakultas Kedokteran (FK) tahun 1967, Fakultas Psikologi (FP) tahun 1992 dan Program Magister Profesi Psikologi tahun 2005, serta Fakultas Teknobiologi (FTb) tahun 2002.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran



Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya telah ada sejak lahirnya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada tahun 1960. Lahirnya gagasan untuk mendirikan fakultas kedokteran dirintis oleh beberapa orang dokter yang seorang diantara mereka adalah pendiri Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, yaitu dr. A.H. Tjahjadi.

Beberapa dokter spesialis lainnya adalah dr. Njo tiong Tjiat, dr. A.W.J. Soeradi, Sr.dr. Regis Rukmarata, CB. Pada tahun 1964, dr. K.S. Gani, DPH, dr. J. Soegondho Roewidodarmo dan dr. A.H. Tjahjadi mulai bergerak untuk mewujudkan cita-cita mendirikan fakultas kedokteran di lingkungan pendidikan Katolik. Banyak kendala dan tantangan yang dihadapi. Mereka berusaha mencari tempat kuliah, dosen dan dana.

Akhirnya pada tanggal 27 Desember 1967 dikeluarkan Surat Keputusan Yayasan Atma Jaya tentang pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Untuk kuliah dimulai bulan Maret 1968 di komplek Rumah Sakit St. Carolus dan praktikum digunakan laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Penggunaan fasilitas praktikum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini dimungkinkan berkat kerjasama dengan berbagai kepala bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pada tanggal 12 September 1969 meraih status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam tahun 1969 mulai dibangun sebuah gedung permanen yang cukup pantas di kampus Semanggi dengan bantuan DITH (Directoraat International Technishce Hulp) suatu lembaga Pemerintah Belanda. Rumah Sakit Atma Jaya selaku lahan untuk pendidikan klinis dokter, mulai dipergunakan pada tahun 1976. Sebelum Rumah Sakit Atma Jaya selesai dibangun, sebagian besar pendidikan klinik dilakukan di Rumah sakit St. Carolus dan dibantu oleh Rumah Sakit Gatot Subroto, Puskesmas Melani dan sebagainya.

Mulai tahun akademik 1991/1992 seluruh proses belajar mengajar diadakan di Kampus Pluit, terpisah lebih kurang 12 km dari kampus utama Unika Atma Jaya dan berada satu lokasi dengan Rumah Sakit Atma Jaya. Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya telah meluluskan dokter-dokter pertamanya pada tahun 1976 dan hingga akhir 2008 telah meluluskan 2.719 orang dokter.


Visi Fakultas Kedokteran


Menjadi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan yang memiliki keunggulan akademik dan profesional ditingkat nasional dan internasional dalam bidang ilmu kedokteran dan kesehatan perkotaan pada tahun 2027 dengan dilandasi nilai kristiani dan budaya Indonesia.


Misi Fakultas Kedokteran


1. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi bidang kedokteran dan kesehatan perkotaan yang berdasarkan nilai Kristiani, unggul.profesional dan peduli untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan sosial.

2. Mengelola pendidikan tinggi kedokteran dan kesehatan secara transparan, akuntabel, bertanggungjawab, mandiri dan adil.


Tujuan Fakultas Kedokteran


1. Menghasilkan lulusan bidang kedokteran dan kesehatan yang beretika, kristiani, unggul, profesional dan peduli.

2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian dalam bidang kedokteran dan kesehatan yang dipublikasikan dalam majalah kedokteran dan kesehatan regional maupun internasional serta menjunjung tinggi Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat.

4. Mengembangkan kerjasama dengan intitusi lain di dalam dan diluar negeri dibidang Tridarma Perguruan Tinggi.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah bernilai A, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 028 Tahun 2009 yang berlaku s.d. tanggal 16 September 2014.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- atmajaya.ac.id

Post a Comment

0 Comments