Seleksi Jurusan Kedokteran Unimal TA. 2019/2020

Posted by Online Consultant on Tuesday, September 4, 2018


Agar dapat kuliah di Jurusan Kedokteran Universitas Malikussaleh, para siswa peminat haruslah menempuh seleksi atau ujian yang digelar di PTN ini.

Untuk mengenal Macam-macam Seleksi Kedokteran di Universitas Malikussaleh, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!



Seleksi Nasional


Snmptn


Universitas Malikussaleh merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sejak awal digelarnya, yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Selain diikuti oleh Universitas Malikussaleh ini, Snmptn juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang melibatkan lebih kurang 85 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.



Sbmptn


Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Malikussaleh juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya.

Minat calon mahasiswa untuk kuliah di Universitas Malikussaleh Aceh terus meningkat. Tahun Akademik 2014/2015 tercatat sejumlah pendaftar yang mencapai 6.229 orang. Meningkat dari Tahun Akademik 2013/2014 yang hanya mencapai 4.500 orang.

Dari jumlah pendaftar 6.229 orang, pihak Unimal hanya menerima sebanyak 1.308 orang melalui jalur SBMPTN. Mereka memilih 21 jurusan yang ada di Unimal, belum termasuk jurusan baru di Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pihaknya juga telah menerima 2.829 mahasiswa baru melalui jalur masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jumlah pendaftar SNMPTN yang memilih Unimal itu sebanyak 12.762 orang. Pihak Unimal terima 2.829 orang.

Keberhasilan yang diraih Unimal selama ini tentu perlu didukung oleh semua pihak, sehingga ke depan kampus ini semakin berkembang dan menjadi pusat keilmuan terbaik di Indonesia.

Ujian SBMPTN Unimal terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian tertulis yang diberikan kepada para peserta adalah TKPA atau Tes Kemampuan dan Potensi Akademik, TKD Saintek atau Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dan TKD Soshum atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora.

Sedangkan Materi ujian keterampilan terdiri dari Tes Keterampilan mencakup bidang Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni, Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), serta Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).

Sementara Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan dapat berupa Tes Kesehatan dan Tes Kemampuan Fisik.

Download contoh latihan soal Kedokteran Unimal


No.Download Latihan Jenis Seleksi Contoh dan Jumlah Latihan Soal serta Pembahasannya
1 Silakan didownload Latihan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini UMBPT Matematika Dasar (5 soal dan pembahasan)
2 Silakan didownload Latihan Soal disini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)

Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Malikussaleh, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unimal.ac.id


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment