Seleksi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Monday, December 31, 2018

Universitas Muhammadiyah Semarang yang dirintis oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah sejak tahun 1996, untuk Tahun Akademik 2019/2020 telah membuka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru (PMB).

Mulai hari Senin 10 Desember 2018 yang lalu Universitas Muhammadiyah Semarang secara resmi membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020 untuk semua Program Studi baik Diploma III, Diploma IV, Sarjana, Profesi maupun Magister).

Diprioritaskan untuk Jalur Prestasi bagi peserta didik SMA/MA/SMK kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019.

  1. Computer Based Test
    Layanan tes yang dikenal dengan nama One Day Service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar kemudian langsung melakukan tes ujian masuk dan setelah tes selesai langsung pengumuman. Tes dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Semarang dan calon mahasiswa dapat memilih tiga program studi dari semua program studi di Universitas Muhammadiyah Semarang.
  2. Paper Based Test
    PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa yang diselenggarakan secara tertulis. Semua calon mahasiswa untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi melakukan seleksi pola seleksi PBT. Khusus Fakultas Kedokteran tersebut, seleksi calon mahasiswa dilakukan dalam dua tahap yaitu PBT dan seleksi Tahap Kedua.

Salah satu jalur PMB yang diikuti oleh Universitas Muhammadiyah Semarang (Unismuh) adalah SBMPTM atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

SBMPTM merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTM. Tujuan dari kegiatan ini agar PTM mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan citra baik Persyarikatan Muhammadiyah.

SBMPTM akan dilaksanakan serentak di 12 (dua belas) PTM yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada periode ini Program Studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa adalah Pendidikan Dokter dan akan diperluas untuk program studi program studi lain di periode berikutnya.

Tes menggunakan Computer Based Test (CBT) dengan dua jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (Tekad) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, FIsika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). Adapun PTM yang akan melaksanakan yaitu Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah (UM) Jakarta, UM Makassar, UM Malang, UM Palembang, UM Prof. Dr. Hamka, UM Purwokerto, UM Semarang, UM Sumatera Utara, UM Surabaya, UM Surakarta, dan UM Yogyakarta. Untuk tahun ini UM Malang belum bisa menjadi pilihan pendaftar, namun bisa menjadi lokasi tes.

Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (Unismuh) Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!


Sumber:
- unimus.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget