Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar Tahun 2019

Posted by Online Consultant on Wednesday, January 9, 2019

Gagasan untuk mendirikan Program Studi Pendidikan Dokter telah digagas sejak masa kepemimpinan Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, MA. sebagai rektor UIN Alauddin. Pada tahun 2011 di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. H. A. Qadir Gassing,HT., MS. UIN Alauddin terus berprogres namun bersamaan dengan itu moratorium pendirian Fakultas Kedokteran sedang diberlakukan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah untuk terus berprogres. Momen moratorium tersebut dipergunakan sebaik mungkin untuk berbenah melengkapi segala kebutuhan baik dokumen maupun fasilitas.

Pada tahun 2015, pendirian Fakultas Kedokteran mulai dibuka kembali. UIN Alauddin pun segera mengajukan proposal pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dimana didalamnya terdapat empat prodi dari Fakultas Ilmu Kesehatan bergabung bersama Prodi Pendidikan Dokter dibawah naungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Maka pada tahun 2016 FKIK UINAM secara resmi mendapat izin operasional. Selain mendapat izin operasional, FKIKUINAM juga telah diakui secara resmi dalam keanggotaan AIPKI (Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia) yang dikukuhkan keanggotaannya pada tahun 2016 dalam acara Muktamar AIPKI di Lampung.

Walaupun FKIK UIN Makassar masih tergolong muda, namun Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar (FKIK UIN Alauddin Makasar) sudah memiliki sejumlah program studi atau jurusan. Program studi / jurusan yang ada di bawah Fakultas PTN ini diantaranya adalah Program Sarjana Pendidikan Dokter, S1 Farmasi, Diploma 3 Kebidanan, S1 Kesehatan Masyarakat, dan S1 Keperawatan.

Dari beberapa program studi atau jurusan di UIN Alauddin Makasar ini, kami berikan informasi terkait Akreditasi Program Studi berdasarkan penilaian BAN-PT dan LAM-PTKes. Untuk selengkapnya silakan Anda memanfaatkan informasi di bawah ini :

Akreditasi Program Studi di Fakultas Kedokteran UIN Alauddin Makasar Tahun Akademik 2019/2020


NomorNama Jurusan Akreditasi BAN-PTAkreditasi LAM-PTKes Keterangan
1 Pendidikan Sarjana Kedokteran -- -- --
2 S1 Farmasi -- -- --
3 Diploma 3 Kebidanan -- Peringkat B 0530/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2016
4 S1 Kesehatan Masyarakat -- -- --
5 S1 Keperawatan -- Peringkat B 0381/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2018

Keterangan :

- Untuk Prodi yang belum/tidak ada nilai akreditasinya di UIN Alauddin Makasar, dimungkinkan karena PTN ini tidak/belum mengajukan visitasi dan penilaian dari Lembaga akreditasi Nasional BAN-PT serta Lembaga akreditasi PT Kesehatan LAM-PTKes atau sudah mengajukan visitasi dan penilaian ke Lembaga BAN-PT dan LAM-PTKes, namun masih dalam proses penilaian. Terima kasih!

Kami berharap informasi mengenai Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di lingkungan Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- BAN-PT Kemdikbud
- uin-alauddin.ac.id
- banpt.blogspot.com
- fk.ujiantulis.com
- LAM-PTKes

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget