Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Tahun 2019

Posted by Online Consultant on Wednesday, January 9, 2019

Dalam upaya untuk memperkenalkan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ke dunia internasional maka sejak tahun akademik 2006/2007 telah dibuka kelas Internasional. Kelas ini tetap menggunakan kurikulum yang sama dengan kelas reguler, namun menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Pendidikan dokter spesialis juga pada dekade ini mengalami kemajuan yang sangat pesat baik dalam jumlah maupun sistem pendidikannya. Pada masa inilah diperkenalkan combined-degree, dimana pendidikan dokter spesialis dijalankan bersama dengan pendidikan master dan dokter spesialis. Program ini juga merupakan salah satu bentuk efisiensi pendidikan dokter spesialis dan dapat meningkatkan kompetensi akademik dokter spesialis.

Dengan sistem pendidikan seperti yang berlaku pada saat ini, menyebabkan beban mahasiswa juga akan bertambah. Namun, kegiatan kemahasiswaan juga harus tetap berjalan. Kegiatan kemahasiswaan merupakan pelengkap bagi sistem pendidikan dokter karena melalui kegiatan kemahasiswaanlah kepemimpinan, wawasan dan kemampuan kerjasama yang merupakan persyaratan untuk menjadi dokter masa depan dibangun.

Sebagai FK Pembina dan senior di wilayah Timur Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) mempunyai banyak program studi atau jurusan. Program studi / jurusan yang ada di bawah Fakultas PTN ini diantaranya adalah Program Sarjana Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Dokter Hewan, Psikologi, dan juga ada S1 Fisioterapi.

Program Pendidikan Profesi Fisioterapi Universitas Hasanuddin (Unhas) telah dibuka berdasarkan rekomendasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) No. 0002/LAM-PTKes/Akr PSB.PTN-BH/Pro/VII/2017 yang selanjutnya Unhas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) telah membuka Program Pendidikan Profesi Fisioterapi Unhas dengan SK Rektor Unhas No. 24570/UN4.1/KL.06/2017. Sebagai penyelenggara adalah Program Studi Fisioterapi Unhas yang terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Sedangkan Program Magister (S2) diantaranya terdiri dari prodi Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. Selanjutnya program Profesi yang terdiri dari Profesi Dokter Spesialis, dan Profesi Dokter Hewan. Seterusnya Program Dokter spesialis dan Program Doktor (S3) yang terkonsentrasi pada Ilmu Kedokteran.

Dari berbagai program studi atau jurusan di Universitas Hasanuddin, kami publikasikan informasi sehubungan Akreditasi Program Studi berdasarkan penilaian BAN-PT dan LAM-PTKes. Untuk data selengkapnya silakan Anda memanfaatkan informasi di bawah ini :

Akreditasi Program Studi di Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Tahun Akademik 2019/2020


NomorNama Jurusan Akreditasi BAN-PTAkreditasi LAM-PTKes Keterangan
1 Program Pendidikan Dokter Nilai A Peringkat A 0134/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2018 2018
2 Ilmu Keperawatan -- -- --
3 Pendidikan Dokter Hewan -- -- --
4 Psikologi -- -- --
5 Fisioterapi -- Peringkat B 0133/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2018
6 Magister - Ilmu Keperawatan -- -- --
7 Magister - Ilmu Kebidanan -- Peringkat B 0525/LAM-PTKes/Akr/Mag/VIII/2017
8 Program Doktor - Ilmu Kedokteran Nilai A Peringkat A 199/SK/BAN-PT/Ak-XI/D/IX/2013
9 Profesi Dokter Nilai A Peringkat A 0135/LAM-PTKes/Akr/Pro/III/2018
10 Profesi Dokter Hewan -- -- --
11 Dokter Spesialis - Ilmu Patologi Klinik -- Peringkat A 0768/LAM-PTKes/Akr/Spe/XII/2017
12 Dokter Spesialis - Ilmu Kesehatan Anak -- Peringkat A 0765/LAM-PTKes/Akr/Spe/XII/2017

Keterangan :

- Untuk Prodi yang belum/tidak ada peringkat akreditasinya di Universitas Hasanuddin ini, hal dimungkinkan karena PTN ini tidak/belum mengajukan visitasi dan penilaian dari Lembaga BAN-PT serta Lembaga LAM-PTKes atau sudah mengajukan visitasi dan penilaian ke Lembaga BAN-PT dan LAM-PTKes, namun masih dalam proses penilaian. Terima kasih!

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Tahun 2019 ini dapat menjadi bahan acuan khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di lingkungan Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- BAN-PT Kemdikbud
- unhas.ac.id
- banpt.blogspot.com
- fk.ujiantulis.com
- LAM-PTKes

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget