Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran UB Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Friday, January 4, 2019

Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) mengandalkan lebih kurang 3 (tiga) jenis seleksi. Pertama Jalur Seleksi Nasional - SNMPTN yang berlandaskan Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Universitas Brawijaya sebagai penyelenggara pendidikan, setelah pendidikan menengah, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Selanjutnya adalah Jalur Seleksi Nasional - SBMPTN yaitu Seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan keuntungan, baik bagi peserta, Universitas Brawijaya, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, keuntungan seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah.

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2019 nantinya dimungkinkan tetap mempertahankan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Universitas Brawijaya pun menggelar seleksei mandiri yang bernama Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (UB ). Dengan demikian proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Brawijaya tidak hanya yang bersifat Nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Brawijaya juga menggelar seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru yang bersifat mandiri yang bernama Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya.

Seleksi Mandiri UB merupakan seleksi masuk Universitas Brawijaya yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Seleksi Mandiri UB tidak memerlukan ujian baik berupa UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) maupun UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Seleksi didasarkan pada nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2019.


Dari berbagai jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Brawijaya, kami berikan informasi Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran UB/Unibraw Tahun Akademik 2019/2020. Untuk selengkapnya silakan para pengunjung memanfatkan informasi dalam bentuk Tabel Informasi di bawah ini :

Informasi Pendaftaran dan Seleksi Pendidikan Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Tahun Akademik 2019/2020


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn 2019 04 Februari – 14 Februari 2019 Pengisian dan Verifikasi PDSS :
04 Januari – 25 Januari 2019
23 Maret 2019
2 Sbmptn 2019 - SBMPTN UTBC sekitar April 2019,
- SBMPTN UTBK sekitar April 2019
Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) :
sekitar Mei 2019.
sekitar Juli 2019
3 Seleksi Mandiri UB sekitar Juni s/d Juli 2019 Tidak ada tes karena mengandalkan skor Sbmptn sekitar Juli 2019

Keterangan :

- Jadwal terkait Snmptn sudah dapat dipergunakan, terkait Sbmptn dan SM-UB masih akan kami tambah lagi terkait Jadwal Pendaftaran dan Seleksi yang belum ditetapkan, terima kasih!


Informasi tentang Pendaftaran dan Seleksi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ini diharapkan jadi salah satu bahan atau sumber yang membantu para calon peserta Tes di Fakultas Kedokteran UB/Unibraw. Amiin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!

Sumber:
- ub.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget