Informasi Pendaftaran dan Ujian Kedokteran Unhas Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Wednesday, January 2, 2019

Menurut Prof. Dr. dr. Andi Asadul Islam, Sp.BS, FICS (Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin atau Dekan FK Unhas), untuk menjadi seorang dokter (memang) merupakan suatu kebanggaan (namun) juga tanggung jawab yang besar.

Setiap mahasiswa dituntut untuk belajar dan mengembangkan potensinya semaksimal mungkin dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin adalah wadah yang tepat untuk membina potensi tersebut. Semoga para mahasiswa baru dapat membanggakan dan mengharumkan nama fakultas, universitas, serta bangsa, dan negara.

Oleh karena itu dalam menjalankan misinya, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menjunjung tinggi nilai semangat mengembangkan diri dan belajar seumur hidup, juga selalu meningkatkan mutu dan akuntabilitas, lingkungan kolegial (kesejawatan). Senantiasa tanggap akan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan internasional terhadap kesehatan.


Keterangan Gambar: Gedung Fakultas Kedokteran Unhas

Nah jika Anda, para pelajar tertarik untuk kuliah di sana, maka Anda haru mengenal informasi terkait rekrutmen atau PMB FK Unhas.

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin diselenggarakan melalui 3 (tiga) Jalur Seleksi yaitu seleksi SNMPTN, seleksi SBMPTN, dan seleksi Mandiri untuk sejumlah prodi-prodi di lingkungan Fakultas Kedokteran Unhas dan program studi yang tersedia di 14 fakultas di lingkungan Universitas Hasanuddin.

Dari berbagai jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Hasanuddin (Unhas), kami berikan informasi Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran Unhas Tahun Akademik 2019/2020. Untuk selengkapnya silakan para pengunjung memanfatkan informasi dalam bentuk Tabel Informasi di bawah ini :

Informasi Pendaftaran dan Seleksi Pendidikan Kedokteran Unhas Tahun Akademik 2019/2020


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Unhas 04 Februari – 14 Februari 2019 Pengisian dan Verifikasi PDSS :
04 Januari – 25 Januari 2019
23 Maret 2019
2 Sbmptn Unhas - SBMPTN UTBC sekitar April 2019,
- SBMPTN UTBK sekitar April 2019
Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) :
sekitar Mei 2019.
sekitar Juli 2019
3 Jalur Mandiri Unhas sekitar Juli 2019 sekitar Juli 2019 sekitar Agustus 2019

Keterangan :

- Jadwal masih akan kami tambah lagi terkait beberapa Jadwal Pendaftaran Seleksi yang belum ditetapkan, terima kasih!

Sehubungan dengan Jalur Mandiri Unhas, berikut penjelasannya :

Salah satu Jalur Mandiri Unhas Unhas adalah Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi. Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi atau PM JNS adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial.

Penilaian terhadap peserta jalur Non-Subsidi dilakukan berdasarkan skor nilai SBMPTN 2019, nilai tes Psikologi, serta tes Wawancara.

Persyaratan yang termasuk utama adalah cama (calon mahasiswa) harus terdaftar sebagai peserta ujian SBMPTN 2019, serta persyaratan lainnya adalah :

  • Bagi yang telah lulus SBMPTN 2019 tidak diperkenankan mendaftar;
  • Terdaftar sebagai peminat di salah satu program studi Univeristas Hasanuddin melalui jalur SBMPTN 2018 (berdasarkan Kartu Peserta SBMPTN 2019)
  • Bagi yang mendaftar jalur POSK, Kelas Internasional, dan Program Studi Bahasa Mandarin & Kebudayaan Tiongkok TA 2019 tidak diperkenankan mendaftar.
  • Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya
  • Pilihan Program Studi (Prodi):
    • Peserta hanya dapat memilih 2 (dua) program studi yang sama atau berbedadengan program studi yang dipilih pada saat SBMPTN 2019;
    • Program studi pilihan harus berada di dalam kelompok ujian (Saintek, Soshum, atau Campuran) yang diikuti pada saat SBMPTN 2019;
    • Program studi pilihan Kelompok Ujian Saintek: Semua program studi dalam Kelompok Saintek;
    • Program studi pilihan Kelompok Ujian Soshum: Semua program studi dalam Kelompok Soshum.


Keterangan Gambar: Salah satu Acara Wisuda Fakultas Kedokteran Unhas

Informasi ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi para siswa/siswi dalam memilih proses seleksi yang sesuai, juga dalam menentukan prioritas pilihan program studinya, agar pilihan yang diambil sesuai dengan minat, potensi, dan kemampuan yang bersangkutan.

Bagi calon mahasiswa berpotensi akademik tinggi namun kemampuan ekonomi orang tuanya tidak dapat menunjang proses pendidikan di perguruan tinggi, pihak Unhas menganjurkan dapat melamar Beasiswa Bidikmisi.

Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- unhas.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget