Informasi PMB dan Seleksi FK UNAIR Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Wednesday, January 2, 2019

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga adalah Fakultas tertua ke 2 di Indonesia, Perjalanan panjang dan berliku telah dilalui oleh Fakultas ini dalam upayanya ikut terlibat mentransformasikan pengetahuan di bidang ilmu Kedokteran serta mengabdikan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi bangsa, negara, dan umat manusia.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) secara terus-menerus meningkatkan mutu pendidikan melalui pelaksanaan audit mutu akademik internal yang ketat serta diakreditasi Nasional (BAN PT) maupun Internasional. Selain melalui peningkatan mutu akademik dan tata kelola manajemen.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga saat ini banyak membina hubungan dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri, baik dari Eropa, Amerika dan Asia (Jepang). Kerjasama ini terbina melalui pertukaran dosen, mahasiswa, maupun kerjasama penelitian dan kesempatan melanjutkan pendidikan lanjut ke jenjang lebih tinggi untuk para lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga memang lahir dengan penuh tantangan. Pada masa itu kondisi negara tak menentu, jumlah tenaga pengajar kurang, ruangan tak terurus, hingga status tak jelas. Namun semua tantangan itu mampu dilewati dengan semangat dan kerja keras.

Periode bersejarah ini akan menjadi bagian yang penting dalam jejak-langkah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FKUA). Ini adalah periode yang penuh tantangan. Seiring dengan suramnya pemerintahan Republik lndonesia Serikat (RIS), FKUA juga mengalami banyak kesulitan. Kondisi negara sedang carut-rnarut akibat peperangan dan kacau administrasi akibat tidak stabilnya pemerintahan. Selain kesulitan menyangkut _peralatan untuk pendidikan, jumlah rnahasiswa, jumlah tenaga ahli, hingga kesulitan pembiayaan untuk pengelolaan fakultas.

Selanjutnya terkait PMB dan Seleksi FK UNAIR Tahun Akademik 2019/2020, berikut ini kami akan uraikan berbagai jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PTN untuk Tahun Akademik 2019/2020 :

Jalur Seleksi Penerimaan Fakultas Kedokteran (Program Sarjana)


  • SNMPTN Universitas Airlangga
  • Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan, setelah pendidikan menengah, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.
  • SBMPTN Universitas Airlangga
  • Seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan keuntungan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, keuntungan seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018. Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.
  • Program Mandiri Universitas Airlangga
  • Program Alih Jenis Universitas Airlangga
  • Program Mahasiswa Asing Universitas Airlangga
  • Program Kelas Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga


Dari berbagai jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Airlangga, kami berikan informasi Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran PTN Tahun Akademik 2019/2020. Untuk selengkapnya silakan para pengunjung memanfatkan informasi dalam bentuk Tabel Informasi di bawah ini :

Informasi Pendaftaran dan Seleksi Pendidikan Kedokteran Universitas Airlangga Tahun Akademik 2019/2020


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Unair 04 Februari – 14 Februari 2019 Pengisian dan Verifikasi PDSS :
04 Januari – 25 Januari 2019
23 Maret 2019
2 Sbmptn Unair - SBMPTN UTBC sekitar April 2019,
- SBMPTN UTBK sekitar April 2019
Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) :
sekitar Mei 2018.
sekitar Juli 2019
3 Program Mandiri Unair sekitar Juli 2019 sekitar Juli 2019 sekitar Juli 2019
4 Program Alih Jenis Unair sekitar Mei 2019 sekitar Mei 2019 sekitar Juni 2019
5 Program Mahasiswa Asing Unair sekitar Juni - Juli 2019 sekitar Juli 2019 sekitar Juli 2019
6 Program Kelas Internasional Unair sekitar Juni - Juli 2019 sekitar Juli 2019 sekitar Juli 2019


Keterangan :

- Jadwal masih akan kami tambah lagi terkait beberapa Jadwal Pendaftaran Seleksi yang belum ditetapkan, terima kasih!

Tata Cara Pendaftaran Online Calon Mahasiswa Baru Universitas Airlangga


  • Jika belum mempunyai akun registrasi, klik link Registrasi (menu atas)
  • Pastikan tidak melupakan password setelah registrasi. Klik pendaftaran.unair.ac.id/auth/forgot_password apabila ingin mereset password.
  • Untuk pertanyaan seputar pendaftaran, bisa menghubungi helpdesk dibawah ini :
    • Telp : (031) 5956009, (031) 5956010, (031) 5956013, (031) 5956027
    • Email : ppmb@unair.ac.id
    • Web : http://ppmb.unair.ac.id
    • Alamat : Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C Universitas Airlangga, Mulyorejo, Surabaya 60115
    • Facebook Group : facebook.com/groups/ppmb.unair/
    • Twitter :


Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!


Sumber:
- unair.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget