Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yang berdiri pada tahun 1965 telah memberikan kontribusi dalam mengembangkan pendidikan kedokteran berkualitas dengan mengedepankan dan meningkatkan kecerdasan serta kesehatan masyarakat Indonesia. Dalam kurun waktu lebih dari setengah abad, FK Untar telah memperoleh pencapaian dalam berbagai bidang dan menjadi salah satu fakultas kedokteran swasta favorit.

Visi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar) adalah menjadi Fakultas Kedokteran unggul di Asia Tenggara yang memiliki jiwa integritas, profesionalisme dan entrepreneurial. Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara dalam upaya mencapai visi tersebut, akan terus memajukan, mengembangkan dan meningkatkan proses pembelajaran dalam bidang kedokteran berdasarkan kegiatan Tridharma. Fakultas Kedokteran Untar dalam bidang akademik telah menerapkan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) sebagai acuan capaian proses pembelajaran untuk menghasilkan dokter-dokter yang kompeten, profesional dan beretika.

Fakultas Kedokteran Untar dalam upaya mendukung proses pembelajaran dan kegiatan Tridharma, dilengkapi dengan berbagai fasilitas meliputi Laboratorium Terpadu, Perpustakaan Universitas Tarumanagara Bidang Layanan Kedokteran, Laboratorium Ketrampilan yang menjadi Objective Structured Clinical examination Centre (Osce Centre) berdasarkan standar Nasional. Upaya mengembangkan penelitian, FK Untar mempunyai Rencana Induk Penelitian (RIP) sebagai payung penelitian FK untar yang selalu mutakhir baik penelitian lapangan, klinis maupun laboratorium. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sesuai dengan Rencana Induk PKM dan sejalan dengan penelitian serta proses pembelajaran.

Sampai saat ini FK Untar telah menghasilkan lebih dari 3500 dokter yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dengan berbagai keahlian, spesialisasi dan jabatan baik di bidang terkait kesehatan ataupun non kesehatan serta beberapa alumni sukses menjadi dokter dan atau pendidik di luar negeri. Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara berkomitmen akan terus maju dan menghasilkan lulusan yang membanggakan di Indonesia dan Internasional. Oleh karena itu, kami mengajak Saudara bergabung dengan kami untuk menciptakan dokter yang mampu memberi pelayanan dengan memiliki jiwa integritas, profesionalisme dan entrepreneurial.

Berikut ini akan kami sampaikan Sejarah Singkat Kedokteran Universitas Tarumanagara (Untar), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Tarumanagara (Untar) ini, kampusnya beralamat di Jl. Letjen S. Parman No. 1 Jakarta Barat

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK UNTAR) “lahir” pada tanggal 1 Oktober 1965, namun gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran telah tercetus sejak 1954 oleh seorang sosiawan Perhimpunan Sosial Tjandra Naya (dahulu Sin Ming Hui) bernama Bayumi Wahab. Dasar pertimbangan lahirnya gagasan tersebut ialah keberhasilan pendirian Rumah Sakit Sumber Waras di Jalan Kyai Tapa (dahulu Jalan Tangerang) di atas sebidang tanah seluas 8 hektar pada tahun 1954.

Telah terpikir oleh “The Founding Fathers” bahwa kelak Rumah Sakit ini memerlukan tenaga dokter-dokter muda yang cakap dan tangguh untuk mengganti dokter-dokter senior, serta dapat menjadi kader yang tangguh untuk melanjutkan usaha sosial Perhimpunan Sosial “Tjandra Naya” dalam bidang kesehatan.

Langkah awal diwujudkan melalui pembentukan Panitia Persiapan Pembentukan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yang terdiri dari: Prof. Dr. Slamet Muljana (Rektor Untar saat itu), Bajumi Wahab, Dr. Lie Ging Tjwan (Dr. L. Gito Husodo), Drs. Kwee Hwat Djien, Khoe Woen Sioe, Tan Kwie Seng, R. Budi Setiawan dan Sidik Salamun.

Akhirnya pada 1 Oktober 1965 Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara terbentuk dengan susunan kepemimpinan FK dengan Dekan Bapak Dr. R. Pringadi Gonggoputro (mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI).

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Tarumanagara (Untar) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- untar.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments