Soal Kedokteran

Akreditasi Fakultas Kedokteran Unprimdn

Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (FK UNPRI) Medan meraih akreditasi B 'Gemuk' dari Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) untuk Program Studi (Prodi) Sarjana Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter.

Hal ini tentunya membuat Civitas Academica FK UNPRI merasa bangga dan berharap perolehan Akreditasi B tersebut dapat dipertahankan dan dapat terus ditingkatkan hingga meraih Akreditasi A. Apalagi dengan meraih Akreditasi B, maka dokter lulusan FK UNPRI akan lebih mudah melanjutkan ke pendidikan spesialis. Penjamin Mutu FK UNPRI Berjalan Baik, Koordinator Kopertis Wilayah I, Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D., menyambut baik akreditasi B yang diraih FK UNPRI tersebut.

Prof. Dian Armanto menyebutkan, diraihnya Akreditasi B oleh FK UNPRI ini menandakan sistem penjaminan mutu di universitas swasta yang sangat pesat maju dan berkembang ini berjalan dengan baik dan benar. Karena tata kelolanya yang bagus, kepemimpinan di FK UNPRI juga berlangsung secara prosedural. Selain itu, lanjutnya, proses perkuliahan di UNPRI juga berlangsung dengan nyaman, dosennya cukup, sarana dan prasarana yang mendukung dimanfaatkan dengan baik dan benar. "Tentunya Kopertis berharap, supaya akreditasi B FK UNPRI ini bisa ditingkatkan menjadi Akreditasi A ke depannya, agar bisa membuka Pendidikan Spesialis", ujarnya.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan (Unprimdn), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Prima Indonesia Medan (Unprimdn)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Website PT
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum005/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2020A2025-10-01unprimdn.ac.id
Profesi Dokter 006/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2020A2025-10-01unprimdn.ac.id

Ia juga berharap FK UNPRI juga harus terus berbenah dan berkembang, serta meningkatkan kualitas pendidikannya semakin lebih baik. Sehingga dapat melahirkan lulusan dokter yang bisa bersaing di era globalisasi saat ini dan ke depan. "Intinya FK UNPRI harus terus naik akreditasinya dan semakin lebih baik lagi ke depan," harapnya.

Satu-satunya FK Swasta Akreditasi B, Dekan FK UNPRI, dr. H. Yulitas Bachtiar, Sp.A., menyebutkan, saat ini FK UNPRI sudah mendapatkan dua akreditasi B, yaitu untuk program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter. "FK UNPRI merupakan satu - satunya fakultas kedokteran swasta di Sumatera Utara yang terakreditasi B 'Gemuk', baik dari program studi Sarjana Pendidikan Dokter maupun Profesi Dokter.

Berdasarkan Surat Keputusan Perkumpulan LAM-PTKes Nomor: 0410/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2016 yang ditandatangani Ketua Umum Prof. dr. Usman Chatib Warsa, Sp.MK., PhD, tertanggal 20 Maret 2016 di Jakarta, program studi Sarjana Pendidikan Dokter UNPRI Medan meraih akreditasi B.

Begitu juga untuk program studi Profesi Dokter, sesuai dengan Surat Keputusan Perkumpulan LAM-PTKes Nomor: 0411/LAM-PTKes/Akr/Pro/III/2016, memutuskan, program studi Profesi Dokter UNPRI Medan juga meraih akreditasi B.

Dengan nilai akreditasi B kedua program studi tersebut, lanjut dr. H. Yulitas Bachtiar, tentunya memudahkan dokter lulusan UNPRI untuk melanjutkan ke pendidikan spesialis. "Karena pusat pendidikan spesialis di Indonesia mensyaratkan yang diterima melanjutkan ke pendidikan spesialis adalah dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran yang terakreditasi A atau B", jelasnya.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unprimdn yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unprimdn.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments