Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK Unsri) merupakan fakultas yang ke-5 yang didirikan di Universitas Sriwijaya berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan SK No.668/A/III/1962 tanggal 4 September 1962.

Sejarah pendirian FK Unsri berdasarkan gagasan (saran) Gubernur Achmad Bastari dan Panglima Kodam IV/Sriwijaya Kol. Harun Sohar pada Agustus 1960. Hasil rapat kerja diserahkan kepada Rektor Unsri drg. M. Isa pada tanggal 26 April 1961. Saat ini telah ada tiga kampus yang digunakan untuk proses pendidikan FK Unsri: kampus Madang, kampus Bukit, dan kampus Indralaya (dengan luas kampus 51.253,65 m2) dengan rumah sakit pendidikan utama RSUP. Dr. Mohammad Hoesin Palembang (RSMH) (dengan luas rumah sakit 21.645.500 m2).

Pada bulan Agustus 1960, atas saran Gubernur Achmad Bastari dan Panglima Kodam IV/Sriwijaya Kol. Harun Sohal, dibentuklah suatu Panitia Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Palembang dengan susunan Ketua dr. Adnan WD, Wakil Ketua Kol. dr. Noesmir, Sekretaris I dr. Goepito Hardjowijono, Sekretaris II Kol. dr. J. Roesad, dengan beberapa anggota, antara lain, dr. M. Ali (Lie Kiat Teng), dr. Setiardjo, dr. A. Hakim dan dr. M. Hoesin.

Pada tanggal 15 September 1960, Panitia berhasil menggariskan rencana dan pedoman kerja untuk mendirikan Fakultas Kedokteran. Dalam proses persiapan ini, panitia antara lain berkonsultasi dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. dr. Soekarjo. Hasil rapat kerja panitia ini kemudian diserahkan kepada Rektor Unsri drg.M.Isa pada tanggal 26 April 1961.

Pada tanggal 4 September 1961, Rektor Unsri, dengan persetujuan Panglima Kodam IV/Sriwijaya menunjuk Kol. dr. J. Roesad menjadi formateur merangkap Ketua Panitia Pendirian Fakultas Kedokteran Unsri dengan SK No. Kpts 777-3/9/1961. Pada tanggal 2 Januari 1962 Panitia mengadakan pembicaraan dengan ketua Presidium UI Prof. Dr. Soedjono D Poesponogoro dan menghasilkan kesediaan UI untuk membantu tenaga pengajar.

Pada tanggal 24 Juli 1962, sementara menunggu keputusan Menteri PTIP, dikeluarkanlah Keputusan Presiden Unsri No. 292/K.I mengenai dibukanya Fakultas Kedokteran terhitung mulai tanggal 1 Agustus 1962. Pengakuan resmi oleh Pemerintah terbit dalam bentuk SK Menteri PTIP No. 668/A/III/1962 tanggal 4 September 1962. Sementara menunggu kedatangan dr. A.I. Muthalib yang akan menjabat Dekan, Dekan FK Unsri dijabat oleh Presiden Unsri drg. M.Isa, sementara Pembantu Dekan bidang akademis dijabat oleh Kol. dr. J. Roesad. Upacara resmi berdirinya FK Unsri dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 1962, yang selanjutnya dipandang sebagai " Hari jadi" FK Unsri, bertempat di Aula Rumah sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin Palembang oleh Brigjen Dr. Soemantri, kuasa Menteri I Departemen PTIP sekaligus menandatangani Piagam Pendirian FK Unsri.

Perkembangan berikutnya adalah diakuinya FK Unsri sebagai penyelenggara pendidikan dokter spesialis, terbit dalam bentuk SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0271/U/1980 tanggal 4 Desember 1980 untuk Program Studi Ilmu Kesehatan Anak dan Program Studi Ilmu Bedah. Pada tahun 1982 diakui pula Program Studi Ilmu Penyakit Mata. Tahun 1986 Program Studi Ilmu Penyakit Dalam, dan pada tahun 1987 Program Studi Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan. Pada tahun 2002 telah dibuka Program Studi Ilmu Penyakit Syaraf dan Program Studi Ilmu Patologi Anatomi.

FK Unsri selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedoketeran. Melalui kurikulum pendidikannya, khususnya isi pendidikan dan berbagai bentuk pengalaman belajar yang diperlukan, peserta didik di arahkan untuk dapat mengikuti dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran serta perkembangannya. Pendidikan kedoketaran di FK unsri berusaha mengacu kepada tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat serta pembangunan di masa mendatang.

Program Studi Pendidikan Dokter
Pada tanggal 4 September 1962 Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya resmi berdiri dengan diakui oleh Pemerintah melalui Keputusan Menteri PTIP No.668/A/III/1962. Sambil menunggu kedatangan dr. Irwan Muthalib yang akan menjabat sebagai Dekan saat itu, maka Presiden Universitas Sriwijaya ditunjuk sebagai Pejabat Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Upacara peresmian berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dilakukan di Aula Rumah sakit Umum Pusat Palembang pada tanggal 1 Oktober 1962 yang dipimpin oleh Bridgen. Dr. Soemantri sebagai kuasa Menteri I Departemen PTIP, pada tanggal 1 Oktober 1962 ini pula ditetapkan sebagai hari jadi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.

Program Studi Kedokteran Universitas Sriwijaya (PS Kedokteran Unsri) merupakan program studi pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (selanjutnya disingkat FK Unsri) berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan SK No.668/A/III/1962 tanggal 4 September 1962. Sejarah terbentuknya program studi ini diawali dengan dibentuknya panitia persiapan pendirian FK Unsri berdasarkan saran Gubernur Achmad Bastari dan Panglima Kodam IV/Sriwijaya Kol. Harun Sohar pada Agustus 1960. Hasil rapat kerja diserahkan kepada Rektor Unsri drg. M. Isa pada tanggal 26 April 1961.

Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) telah memiliki ijin penyelenggaraan berdasarkan peraturan No. 4270/D/T/K-N/2010 izin penyelenggaraan Program Studi Profesi Dokter tercantum dalam Surat Keputusan Dirjen Dikti No:83/DIKTI/Kep/2007 tanggal 2 April 2007.

Mulai tahun 2012 selanjutnya ijin penyelenggaraan didasarkan pada Sertifikat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program Studi Kedokteran FK Unsri pada tanggal 22 November 2012 telah mendapat Sertifikat Akreditasi A dari BAN-PT No.237/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/XI/2013 yang berlaku sampai 22 November 2018.

Program Pendidikan di lingkungan FK Unsri, diantaranya :

  1. Program Studi Pendidikan Dokter - S1
  2. Program Studi Ilmu Keperawatan - S1
  3. Program Studi Kedokteran Gigi - S1
  4. Program Studi Psikologi - S1
  5. Program Studi Biomedik - S2
  6. Program Studi Ilmu Kesehatan Anak - Spesialis
  7. Program Studi Ilmu Bedah - Spesialis
  8. Program Studi Ilmu Penyakit Mata - Spesialis
  9. Program Studi Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin - Spesialis
  10. Program Studi Ilmu Penyakit Dalam - Spesialis
  11. Program Studi Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan- Spesialis
  12. Program Studi Ilmu Patologi Anatomi - Spesialis
  13. Program Studi Ilmu Penyakit Syaraf - Spesialis
  14. Program Studi Ilmu Kesehatan THT-KL - Spesialis
  15. Program Studi Ilmu Anestesiologi dan Reanimasi - Spesialis
  16. Program Studi Ilmu Penyakit Dalam - Sub Spesialis

Dewasa ini Program Studi Pendidikan Dokter FK Unsri terakreditasi Sangat Baik/A/Excellen berdasarkan keputusan LAM-PTKes dengan No.0547/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2018 yang berlaku sampai dengan tanggal 10 Agustus 2023.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Sriwijaya (Unsri) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unsri.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments