Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Lampung, yang merupakan kebanggaan masyarakat Lampung.

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila) telah menjalankan berbagai kerjasama dengan berbagai institusi sebagai salah satu upaya untuk memajukan pendidikan dan mengembangkan FK Unila.

Cita-cita masyarakat Lampung untuk mempunyai Lembaga Pendidikan Tinggi Kedokteran Negeri dicetuskan pada bulan November 1998, diprakarsai oleh Menteri Kesehatan RI waktu itu Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp. OG dan Gubernur Lampung waktu itu Drs. H. Oemarsono.

Pihak Universitas Lampung membicarakan dengan Dinas/Instansi terkait (Bappeda, Kanwil Kesehatan, Kanwil Depdikbud, RSUD Dr. H. Abdul Moeloek, IDI, BKKBN dan Komisi E DPRD Propinsi Lampung serta para pimpinan di lingkungan Universitas Lampung) sehingga Rektor Universitas Lampung waktu itu Prof. Dr. Ir. Muhajir Utomo, M.Sc menindak lanjuti gagasan tersebut dan memberikan rekomendasi sehingga rencana pendirian Fakultas Kedokteran Unila disetujui dimasukkan dalam Rencana Strategik (Renstra) Universitas Lampung 1996 s/d 2005.

Suatu Tim persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dibentuk, berdasarkan SK Rektor Universitas Lampung No.: 014/J26/1999 tanggal 27 Januari 1999. sebagai penanggung jawab adalah Prof. Dr. Ir. Sutopo Ghani Nugroho, M.Sc. (Pembantu Rektor Bidang Akademik pada waktu itu) dan Ketua Pelaksana Dr. Sutyarso, M.Biomed yang ditugasi menyiapkan proposal pendirian Fakultas Kedokteran Unila.

Pada tanggal 16 Januari 2001 berdasarkan SK Rektor Universitas Lampung No.: 93/J26/2001 terbentuklah Tim Teknis Persiapan Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan Penanggung jawab Prof. Dr. Ir. Tirza Hanum, MS (Pembantu Rektor Bidang Akademik). Pada tanggal 20 Januari 2001 dilakukan pemaparan (ekspose) Proposal Pembukaan Fakultas Kedokteran Unila oleh Rektor dan Tim Teknis dihadapan Tim Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan yaitu Prof. Dr. Asri Rasyad dan Prof. Dr. Ma’rifin Husin di Jakarta. Hasil pertemuan ini ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama (MOU) antara Rektor Universitas Padjadjaran dan Unila dengan No.: 36/J06/4/TU/2001 dan 1994/J26/KL/2001 pada tanggal 16 Mei 2001 di Bandung.

Untuk lebih mempercepat pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, terbentuklah Panitia Pelaksana Rapat Kerja Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung mengantikan Tim Teknis yang sudah dibentuk tahun sebelumnya, berdasarkan SK Rektor No.: 3/ J26/ 2002 pada tanggal 7 maret 2002 dengan Ketua Prof. Dr. Ir. Tirza Hanum dan MS Wakil Ketua Prof. Dr. Ir. Sutopo Ghani Nugroho, M.Sc.

Dalam proses permohonan izin operasional Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung dari Dirjen Dikti, Universitas Lampung menugasi Ir. RA Bustomi Rosyadi, MS yang secara intensif melakukan konsultasi ke Dirjen Dikti. Akhirnya izin operasional Program Studi Pendidikan Dokter dari Dirjen Dikti diberikan pada rapat tanggal 25 Oktober 2002 dan diterbitkan SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.: 3195/D/T/2002 tanggal 28 Oktober 2002 di bawah Fakultas MIPA Unila.

Selanjutnya Universitas Lampung menyiapkan penerimaan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Angkatan Pertama Tahun Akademik 2002/2003. Berdasarkan SK Rektor Universitas Lampung No.: 159/J26/KP/2002 dalam melakukan pelaksaannya PSPD Unila dipimpin pertama kali oleh: Ketua Panitia Persiapan Fakultas Kedokteran (PPFK): Dr. dr. Efrida Warganegara, M. Kes., Sp. MK, Sekretaris Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan: dr. Taufiqurrahman Rahim, Sp. OG dan Sekretaris Administrasi Umum, Kepegawaian dan Keuangan: dr. Amran Harun, Sp. A.

Berdasarkan SK Rektor Universitas Lampung No.: 163/J26/KP/2003 untuk membantu pelaksanaan proses pembelajaran terjadi penambahan posisi pejabat struktural PPFK Unila yaitu Ketua PPFK: Dr. dr. Efrida Warganegara, M. Kes., Sp. MK, Sekretaris Bidang Akademik: dr. Taufiqurrahman Rahim, Sp. OG, Sekretaris Bidang Administrasi Umum dan Keuangan: dr. RE Rizal Effendy dan Sekretaris Bidang Kemahasiswaan: dr. Amran Harun, Sp. A.

Pada tahun 2005 terjadi pergantian Pejabat Struktural PPFK Unila yaitu Ketua: Dr. dr. Efrida Warganegara, M. Kes., Sp. MK, Sekretaris Bidang Akademik: dr. Yuzar Harun, Sp.B, Sekretaris Bidang Administrasi Umum dan Keuangan: dr. RE Rizal Effendy dan Sekretaris Bidang Kemahasiswaan: Dyah Wulan Sumekar, SKM. M. Kes.

Selanjutnya pada tahun 2007 PSPD mengajukan akreditasi yang pertama. Melalui SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No.: 020/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2007, PSPD terakreditasi “B”. Dalam pelaksaannya untuk lebih memantapkan kerja, terjadi beberapa pergantian jabatan struktural di lingkungan PPFK Unila pada tahun yaitu Ketua: Dr. dr. Efrida Warganegara, M. Kes Sekretaris Bidang Akademik: dr. Waluyo Rudiyanto, Sekretaris Administrasi Umum dan Keuangan: dr. Jhons Fatriayadi, Sekretaris Bidang Kemahasiswaan: Dyah Wulan Sumekar, SKM. M.Kes.

Pada tanggal 15 Maret 2011 PSPD Unila berubah status menjadi Fakultas Kedokteran (FK) Unila Pendirian Fakultas Kedokteran tersendiri berdasarkan Menteri Pendidikan Republik Indonesia No.: 12 Tahun 2011 dan tidak hanya itu terjadi pergantian pejabat struktural baru di FK Unila berdasarkan SK Rektor Universitas Lampung No.: 131/UN26/KP/2011 yaitu Dekan: Dr. Sutyarso, M. Biomed , dan SK Rektor Universitas Lampung No.: 207/UN26/KP/2011 yaitu Pembantu Dekan 1 (Bidang Akademik dan Kerjasama): dr. Muhartono, M.Kes. Sp.PA; Pembantu Dekan 2 (Bidang Umum dan Keuangan): dr. Susianti, M.Sc Pembantu Dekan 3 (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni): dr. Masykur Berawi, Sp. A. Pada tanggal 14 Februari tahun 2013 FK Unila terakreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No.: 051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013.

Pada tahun 2014 terjadi pergantian pejabat structural karena pada saat itu FK Unila berduka kehilangan sosok pemimpin sekaligus dosen terbaik yaitu meninggalnya dr. Masykur Berawi, Sp.A (Pembantu Dekan 3) sehingga posisi beliau digantikan oleh dr. Betta Kurniawan, M. Kes. sebagai Penjabat Pembantu Dekan 3 berdasarkan SK Rektor Universitas Lampung No. 914/UN26/KP/2014.

Program Studi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
  1. Program Studi Pendidikan Dokter
  2. Program Studi Profesi Dokter
  3. Program Studi Farmasi
  4. Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat
  5. Program Studi Pulmonology dan Kedokteran Respirasi

Bidang Ilmu
  1. Bidang Ilmu Anatomi, Histologi dan Patologi Anatomi
  2. Bidang Ilmu Biokimia, Biomedik dan Fisiologi
  3. Bidang Ilmu Farmakologi dan Patologi Klinik
  4. Bidang Ilmu Pendidikan Kedokteran
  5. Bidang Ilmu Mikrobiologi dan Parasitologi
  6. Bidang Ilmu Ilmu Kedokteran Komunitas

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Lampung (Unila) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unila.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments