Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unila

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung di Tahun 2020 kembali memperoleh akreditasi A untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, berdasar pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemendikbud Ristek, yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Lampung

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Keterangan
Sarjana (S-1)Pendidikan Dokter 003/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2020A2025-10-01 Unduh Dokumen
Profesi Dokter 004/LAM-PTKes/Akr.Bd/Pro/X/2020A2025-10-01 Unduh Dokumen
Magister (S-2)Kesehatan Masyarakat0237/LAM-PTKes/Akr/Mag/VI/2021Baik 2026-06-24 Unduh Dokumen

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) menerima asesmen lapang secara daring untuk pelaksanaan banding akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter FK Unila, Rabu (16/9/2020). Tim asesor utusan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) hadir secara daring, yang bertugas mengasesmen lapangan yakni Prof. Dr. dr. Soewadi, MPH. Sp. KJ (K), dr. Irwin Aras, M.Epid., M.Med.Ed., dan dr. Insan Sosiawan A. Tunru, Ph.D.

Dekan FK Unila Dr. Dyah Wulan Sumekar RW, SKM., M.Kes., saat pembukaan menjelaskan, asesmen lapang ini dilakukan setelah pengajuan banding Fakultas Kedokteran Unila yang sudah dilaksanakan pada 12 Februari 2020 lalu.

Nilai asesmen yang ke luar akan berkaitan langsung pada pembentukan Program Pendidikan Dokter Spesialis di FK Unila. Terdapat 56 butir item asesmen yang diajukan untuk banding. Dyah menyatakan, dokumen penilaian mutu juga sudah disampaikan pada asesmen sebelumnya. Ia berharap, pelaksanaan banding dapat menjadi penyempurnaan dan tambahan penjelasan pada banding lapang tahap ini.

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan tim asesor dalam penilaian asesmen banding ini. Menurutnya, Unila memiliki mimpi FK Unila menjadi 10 terbaik di Indonesia pada 2025. Kekhususan yang dimiliki FK Unila yakni berbasis agromedisin sesuai potensi utama Provinsi Lampung.

Guru Besar Ilmu Komunikasi Unila ini pun menambahkan, pada tahun 2021 akan dimulai pelaksanaan pembangunan Rumah Sakit Pendidikan dengan bantuan dana Asian Development Bank (ADB) senilai 700 miliar rupiah.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unila yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unila.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments